Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam dengan Tepat

2 min read

Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam dengan Tepat

Penggunaan laptop memang sangat dibutuhkan saat ini, tidak hanya untuk bekerja melainkan juga untuk belajar. Seiring waktu penggunaan, laptop akan mengalami penurunan kapasitasnya, mulai baterai cepat habis, keypad sulit digerakkan, dan laptop layar hitam. Pembahasan kali ini, berkaitan tentang cara memperbaiki laptop layar hitam.

Baca juga : cara uninstall aplikasi laptop windows

Laptop yang tiba-tiba terjadi layar hitam / black screen ini memang sangat mengejutkan bagi pengguna. Pengguna akan mengira bahwa laptopnya mati tiba-tiba, padahal laptop masih dalam keadaan menyala. Salah satu hal yang membuat layar laptop menjadi hitam yaitu adanya kotoran yang menumpuk pada lapisan kuningan maupun slot RAM.

Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana mengenai cara mengatasi laptop black screen dengan tepat, diantaranya yaitu:

1. Bersihkan Slot dan Lapisan Kuningan RAM

Cara memperbaiki laptop layar hitam bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan membersihkan lapisan kuningan RAM dan slot RAM-nya.

Cara membersihkannya, pertama buka motherboard laptop, kemudian cari tempat RAM. Setelah itu, lepaskan RAM dari slotnya dan bersihkan slot tersebut dengan kain yang halus atau tisu.

Gosok perlahan-lahan dan pastikan gosokannya searah. Jangan terlalu keras menekan saat menggosok supaya lapisan kuningan dan slotnya tidak rusak. Jika ada slot RAM lain di dalam laptop, maka coba pakai slot lain tersebut. Hal ini untuk mengecek kondisi RAM masih bisa dipakai atau tidak jika ditempatkan di slot lainnya.

2. Gunakan Pengaturan Safe Mode

Kerusakan pada layar yang berubah menjadi hitam bisa disebabkan juga karena kerusakan yang  terjadi pada sistem operasi. Ada banyak penyebab sistem operasi pada laptop tidak stabil seperti, laptop pernah terjadi benturan, penghubung kabel pada monitor layar yang rusak, terkena virus, dan lainnya.

Baca juga : perbedaan tipe ram ddr3 dan ddr3l

Untuk bisa menganalisa kerusakannya, perangkat laptop sudah dibekali dengan safe mode. Safe mode ini ibaratnya sebagai seseorang yang membangunkan orang yang sedang tertidur. Begitu juga dengan laptop yang bisa dibangunkan dengan safe mode.

Caranya yaitu matikan dulu secara paksa dengan menekan tombol power jika laptop dalam kondisi hidup. Setelah itu, tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali laptop dan tekan tombol windows di keyboard dan tekan ctrl+shift+B atau bisa juga menekan F8 berkali-kali sampai muncul tampilan safe mode.

3. Lakukan Restart Pada Explorer.exe

Cara lainnya yaitu dengan melakukan restart pada explorer.exe. Hal ini bisa dilakukan jika ada software yang nyangkut atau tidak berfungsi dengan baik. Langkahnya yaitu tekan Ctrl+Alt+Del untuk bisa membuka task manager. Cari Windows Explorer pada menu proses dan lakukan muat ulang/refresh.

4. Batalkan Pembaruan Driver Adapter Tampilan

Kerusakan pada layar yang berubah menjadi hitam bisa terjadi jika driver tiba-tiba menginstall jika otomatis pembaruan pada windows 10. Install otomatis ini membuat laptop menjadi cacat karena tidak kompatibel. Maka dari itu, coba batalkan pembaruannya terlebih dahulu.

Baca juga : cara melihat spesifikasi pada laptop lenovo

Caranya yaitu masuk ke safe mode dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian cari manajer perangkat kemudian cari lagi adapter tampilan. Setelah itu, klik kanan dan pilih properti lalu tab driver dan pilih rollback driver.

5. Lakukan Reset Pada BIOS

Pengaturan BIOS bisa menjadi cara selanjutnya yang bisa dicoba. Masuk ke pengaturan BIOS lalu lakukan reset. Jika cara ini belum berhasil, coba gunakan kabel VGA untuk menghubungkan laptop dengan TV LCD.

Hal ini untuk mengecek kerusakan itu terjadi, karena software ataukah memang perangkat layar yang sudah rusak dan harus diganti.

Penutup

Demikian 5 cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa dicoba. Lakukan cara tersebut jika ada kemungkinan software nya yang rusak. Namun jika cara tersebut tidak bisa dilakukan maka ada kerusakan pada layarnya dan memang harus diganti dengan layar yang baru.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.