Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Ide Bisnis yang Lagi Trend Buat Anak Muda Masa Kini

3 min read

Ide Bisnis yang Lagi Trend Buat Anak Muda

Akhir-akhir ini memulai bisnis di kalangan anak muda memang sudah menjadi trend. Terlebih lagi saat ini banyak sekali bisnis yang bisa dimulai dengan memanfaatkan keahlian dan kemampuan. Bahkan, bisnis yang lagi trend buat anak muda lebih ke industri kreatif.

Baca juga : Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil

Sederhananya saat ini Bisnis yang cukup trend tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Sekalipun berjualan produk, tetap saja membutuhkan teknologi untuk mempromosikan dan juga penjualannya.

Bisnis di Bidang Teknologi yang Cocok untuk Anak Muda

Perkembangan teknologi canggih seperti saat ini memang memberikan keuntungan tersendiri, tak terkecuali kalangan anak muda.

Teknologi canggih bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis yang tentunya menjanjikan untuk masa depan. Seperti halnya berikut ini 4 bisnis dalam bidang teknologi. Di antaranya yaitu:

1. Toko Online

Sesuai dengan namanya, toko online merupakan toko yang dijalankan secara online dengan memanfaatkan marketplace atau e-commerce. Jadi, semua proses pemesanan hingga pembayaran dilakukan secara online.

Salah satu alasan kenapa bisnis ini cukup populer karena tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk menyewa tempat. Mengingat bisnis online seperti ini bisa dilakukan di manapun. Bahkan, untuk menjalankan bisnisnya tidak perlu menggunakan pegawai.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis selanjutnya yang tak kalah trend di kalangan anak muda yaitu menjadi reseller maupun dropship. Jadi, sistem pelaksanaan bisnis ini yaitu mempromosikan produk orang lain tanpa harus stok barang.

Baca juga : Contoh Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan

Nantinya saat Anda berhasil mempromosikan barang tersebut dan membawa pembeli, maka akan mendapatkan bayaran dengan nominal tertentu.

Jadi, jika semakin banyak Anda pembawa pembeli, semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Jasa Desain Grafis

Apakah anda mempunyai kemampuan dalam bidang desain grafis? Jika benar, jangan sia-siakan kemampuan tersebut karena bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan. Mengingat Tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam bidang editing desain grafis.

Bahkan, harga jasa desain grafis cukup tinggi mengingat membutuhkan keterampilan tinggi. Sebagai permulaan Anda juga bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan untuk desain logo, desain poster, kartu nama, desain interior dan lain sebagainya.

4. Blogger atau Freelance Writer

Rekomendasi bisnis yang juga cocok untuk anak muda saat ini yaitu blogger atau freelance writer. Tentunya untuk memulai bisnis ini anda harus menyiapkan modal berupa komputer atau laptop, jaringan internet, situs blog dan kemampuan menulis.

Sedangkan untuk pelaksanaan bisnis ini bisa dari rumah atau di manapun selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini cukup beragam mulai dari menjadi afiliasi, memasang iklan, menjual kursus, menjual produk dan lainnya.

Rekomendasi Bisnis Bidang Retail untuk Anak Muda

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis dalam bidang retail, saat ini banyak sekali pilihannya yang bisa Anda terapkan.

Namun, ada dua rekomendasi bisnis yang lagi trend buat anak muda di bidang retail yaitu bisnis laundry dan Thrift Shop. Selengkapnya mengenai dua jenis bisnis tersebut, berikut penjelasannya.

1. Bisnis Laundry

Jika anda mempunyai rumah dekat dengan pusat keramaian seperti kampus atau perkotaan, Tidak ada salahnya juga untuk membuka bisnis laundry.

Mengingat jasa ini saat ini banyak dibutuhkan, terlebih lagi bagi masyarakat yang mempunyai banyak kesibukan.

Baca juga : Manfaat Content Placement bagi Bisnis

Tentunya untuk memulai bisnis ini modal utama yang harus anda siapkan yaitu membeli mesin cuci, setrika, pewangi dan lainnya.

Selain itu, untuk memulai bisnis ini harus mempromosikan ke orang terdekat atau membagikan brosur.

2. Thrift Shop

Peluang bisnis Thrift Shop atau toko barang bekas juga cukup menguntungkan di masa depan. Terlebih lagi jika Anda menjual barang bekas berupa pakaian dengan model yang bagus dan kekinian, tentu saja akan lebih mudah lagi untuk mempromosikannya.

Bahkan, saat ini mudah sekali untuk mendapatkan supplier baju bekas dengan kualitas bagus dan murah. Jika memang tertarik untuk memulai bisnis ini pastikan membeli barang bekas yang beragam seperti celana, baju, topi, tas, aksesoris dan lainnya.

Rekomendasi Bisnis yang Lagi Trend Buat Anak Muda di Bidang Kreatif Bisnis

Jika membahas mengenai bisnis yang sedang trend di kalangan anak muda, bidang kreatif bisnis tidak pernah terlewatkan.

Mengingat saat ini bisnis dalam bidang ini cukup menguntungkan dan sangat menjanjikan. Seperti halnya berikut ini 4 Rekomendasi bisnisnya, di antaranya yaitu:

1. Youtuber

Menjadi youtuber sukses merupakan harapan setiap orang terlebih lagi anak muda. Mengingat jika menjadi youtuber bisa mendapatkan AdSense dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Caranya yaitu membuat konten video menarik.

Ada banyak tema konten video yang bisa anda pilih seperti tutorial, review produk, vlog, review tempat wisata dan lain sebagainya. Tentunya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube harus mempunyai subscribe dan jumlah penonton sesuai ketentuan.

2. Fotografer

Fotografer juga menjadi salah satu bisnis yang sedang trend dan cukup menjanjikan. Mengingat saat ini Jasa fotografer banyak dibutuhkan untuk mengabadikan berbagai momen terbaik, seperti pernikahan.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online

Bahkan, saat ini Jasa fotografer juga dibutuhkan untuk prewedding, wisuda, ulang tahun dan acara-acara lainnya. Jadi, untuk memulai bisnis ini harus mempunyai kemampuan mengambil foto dan mengedit.

3. Penulis Artikel

Bagi Anda yang gemar menulis, mungkin pekerjaan sebagai penulis bisa menjadi opsi bagi Anda. Umumnya yang dibutuhkan adalah penulis berita, artikel informasi, tutorial dan sebagainya.

Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda bisa bergabung ke komunitas belajar menulis, blogger Indonesia, WordPress Indonesia yang banyak tersedia di sosial media seperti Facebook.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah belajar terkait dasar penulisan dan mulai menawarkan jasa ke grup-grup facebook dengan harga yang bersaing. Semoga berhasil ya.

4. Jasa Pembuatan Website

Website sendiri merupakan teknologi yang keberadaannya dibutuhkan oleh banyak orang untuk menampilkan berbagai informasi, entah itu terkait bisnis, tutorial, kerjasama, proposal dan sebagainya.

Banyak orang yang belum mengetahui cara membuatnya apalagi sekelas UMKM, Pemerintahan Daerah, Sekolah dan berbagai hal lainnya. Sehingga Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website ke berbagai pihak yang membutuhkannya.

Namun, Anda perlu memahami sedikit apa itu pemrograman dasar dan dasar-dasar website seperti domain, hosting dan berbagai komponen-komponennya. Memang tidak mudah memahami hal ini, namun Anda bisa belajar pelan-pelan melalui tutorial yang banyak tersedia di internet.

Penutup

Dari beberapa bisnis yang lagi trend buat anak muda tersebut, mana yang cocok? Apapun pilihan bisnisnya pastikan jika anda menjalankannya dengan tekun agar sukses. Selain itu, penting juga untuk tidak putus asa.

Baca juga : Cara Diliput Media Nasional Ternama

Akhir kata, cukup sekian dan terimakasih banyak telah membaca artikel ini hingga selesai. Saya harap pembahasan sederhana ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda. See you next time, bye-bye.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.