Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Keuntungan dan Manfaat Content Placement bagi Bisnis

2 min read

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah konten adalah raja. Penggunaan konten artikel sendiri bisa digunakan sebagai metode promosi berbasis online. Kini, content placement mulai banyak dilirik oleh perusahaan besar maupun kecil. Tidak heran jika ada banyak manfaat content placement.

Pengertian Content Placement

Content placement merupakan salah satu strategi pemasaran online yang bisa Anda manfaatkan dalam dunia bisnis digital. Jika dilihat secara istilah, maka artinya adalah publikasi konten artikel dalam sebuah blog maupun website dengan cara menempatkan tautan (link) agar mengarah ke website tertentu.

Sekarang ini sendiri sudah ada banyak jasa yang menyediakan backlink website online yang bisa Anda gunakan. Hal ini menjadi bukti bahwa semakin banyak perusahaan menggunakannya juga.

Baca juga : Jasa Content Placement Website Professional

Singkatnya, content placement adalah publikasi konten dalam platform atau media publik diluar dari website. Adapun sifatnya ditujukan untuk mempromosikan usaha Anda.

Dengan begitu, pemilik website dapat memanfaatkan penyedia jasa tersebut agar menerima content placement dengan tepat secara efektif. Tidak heran jika ada banyak manfaat bisa diperoleh saat menggunakannya sampai sekarang ini.

Manfaat Content Placement

Content placement mempunyai banyak manfaat kepada penggunanya. Adapun manfaat utamanya adalah dapat memberikan strategi bisnis dalam meningkatkan trafik website, trust, dan optimasi Search Engine Optimization atau SEO.

Adapun konsep dari kerjasama content placement tersebut adalah simbiosis mutulialisme. Yakni dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak yang bekerjasama. Tidak heran jika ada banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan pembuatan iklan pada website utamanya.

Manfaat Content Placement

Tentu saja ini berbeda dengan iklan banner maupun display yang terlihat kurang menarik bagi pengguna internet.

Keberadaan content placement ini sendiri terbilang lebih user friendly karena dapat menampilkan konsep penyajian jauh lebih halus. Yakni berupa artikel sehingga tidak terlihat seperti iklan.

Keuntungan menggunakan Content Placement

Saat menggunakannya, tentu ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sehingga, jangan sampai melewatkan hal ini demi mempromosikan merk atau brand usaha Anda secara online lewat website. Di bawah ini merupakan beberapa keuntungannya:

1. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah modal strategi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendorong situs website agar mempeoleh peringkat pada halaman pertama mesin pencarian. Agar peringkat website tersebut berada di atas, maka tingkatkan secara natural.

Baca juga : Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Caranya adalah dengan mendapatkan backlink dengan reputasi baik dari website yang digunakan untuk content placement.

Untuk tautan/link ini juga perlu memberikan pengaruh pengguna agar dapat masuk ke website bisnis Anda. tidak heran jika dapat membantu menaikkan peringkatnya.

2. Sebagai Metode Iklan yang Murah

Tahukah Anda, bahwa iklan sekaligus content placement akan berjalan secara bersamaan. SEO sendiri merupakan alat yang memungkinan seseorang perlu membuat iklan dari artikel pada website ketiga. Tentu saja hal ini dapat memberikan dampak berbeda.

Saat ini sendiri tersedia SEO placement yang dibuat lewat platform pihak ketiga. Nantinya, Anda bisa mengiklankannya lewat sosial media. Tentu saja akan lebih efektif saat menjadikannya sebagai konten iklan agar website memiliki lebih banyak pengunjung.

3. Meningkatkan Traffic Website

Perlu Anda pahami juga bahwa keberadaan content placement juga dapat meningkatkan trafik dalam sebuah website.

Terlebih, apabila artikel yang digunakan sangat relevean serta mempunyai tautan ke situs bisnis Anda. Tidak ada salahnya juga untuk mengecek trafiknya lewat Google Analytics.

Apabila situs web semakin banyak dan berkualitas dalam memberikan tautan ke website Anda, maka tentu saja secara otomatis semakin banyak juga pengunjung dapat diperoleh. Oleh sebab itu, tentu dapat meningkatkan pelanggan potensial sesuai keinginan secara efektif dengan cara ini.

4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Langkah yang tepat untuk meningkatkan fungsi content placement adalah lewat tap menu ruang berita di website Anda. Kemudian, pastikan menyertainya dengan nama publikasi. Taruh bagian tersebut pada website dengan tujuan untuk memperoleh citra dan kebercayaan baik pada konsumen.

Baca juga : Rekomendasi Sumber Backlink Gratis Dofollow

Dengan begitu, tentu saja para pengunjung akan sepenuhnya percaya merk dan bisnis Anda tersebut. Mereka juga tidak akan segan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Bukan tidak mungkin juga para pembeli baru tersebut dapat menjadi pelanggan tetap. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu menggunakannya.

Syarat Website Content Placement

Sebuah perusahaan yang ingin memasang iklan tentu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Terutama dalam memilih website untuk content placement. Nantinya pihak terkait perlu memilih website dengan banyak pengunjung serta tinggi popularitasnya.

Terdapat pula beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar nantinya bisa menggunakan content placement tersebut. Di antaranya yaitu:

  • Mulai dari mempunyai trafik blog bagus, sering mengupdate postingan terbaru, memiliki pengunjung ramai, dan tidak termasuk sebagai spam.
  • Website atau situs tersebut juga perlu mempunyai konten postingan yang original. Artinya bukan plagiasi dari karya milik orang lain.
  • Selain itu, keberadaan konten tersebut juga pembahasannya masih sejalur atau masih berhubungan dengan perusahaan atau brand dari pengiklan.

Penutup

Itulah ulasan lengkap mengenai berbagai pengertian dan manfaat content placement lebih jauh yang bisa Anda ketahui.

Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, tentu saja tidak perlu ragu apabila ingin menggunakannya agar trafik web naik. Pasalnya, teknik seperti sudah banyak dilakukan oleh pemilik website.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.