Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Rekomendasi Sumber Backlink Gratis Dofollow Berkualitas

2 min read

Backlink merupakan tautan, pranala, ataupun URL dari sebuah website ke alamat website Anda. Saat ini sendiri sudah ada banyak sumber backlink gratis dofollow. Tentu saja tidak ada salahnya untuk menggunakannya demi meningkatkan trafik SEO.

Baca juga : Cara Riset Keyword Website SEO dengan Efektif

Dengan begitu, jumlah visitor atau pengunjung ke website Anda juga semakin banyak. Tentu saja, semakin banyak backlink menuju blog Anda tentu saja semakin banyak yang merekomendasikan. Hal ini akan menjadikan Google memandang website tersebut lebih berkualitas.

Jenis-jenis Backlink

Sebelum mengetahui apa saja sumber backlink yang bisa digunakan secara gratis, sangat penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu beberapa jenisnya. Tidak lain yakni backlink dofollow dan backlink nofollow.

Rekomendasi Sumber Backlink Gratis Dofollow

Berikut di bawah ini pengertian sederhana dari 2 jenis backlink yang perlu Anda pahami, di antaranya yaitu:

1. Backlink Dofollow

Merupakan salah satu jenis backlink yang keberadaannya sangat dicari oleh para pengguna website. Beberapa diantara mereka bahkan tidak ragu untuk membayar mahal untuk menggunakannya.

Selain itu, perusahaan juga kerap menggunakanya untuk menaikkan trafik situs mereka. Tentu saja, produk ataupun jasa yang mereka miliki dapat semakin populer dan dikenal oleh khalayak ramai.

Backlink dofollow sendiri adalah jenis link yang mampu mempengaruhi SEO website, singkatnya link ini berguna untuk meningkatkan authority web tujuan di mesin pencarian Google.

Jenis backlink ini juga sama seperti link aktif pada umumnya yang mengarah langsung ke website tujuan. Dengan begitu, saat orang lain mengkliknya dapat langsung menuju website tersebut.

2. Backlink Nofollow

Berbeda dengan backlink dofollow, jenis nofollow adalah jenis link yang bersifat tidak mengikuti. Dengan kata lain, Google akan mengabaikan dan tidak merayapi link tersebut. Tentu ini tidak akan mempengaruhi SEO website tujuan.

Baca juga : Jasa Riset Keyword Website SEO

Backlink ini sendiri memang tidak memberikan pengaruh di mata Google. Akan tetapi, paling tidak setiap pengunjung dapat mengenal website tersebut. Biasanya diterapkan dalam artikel sebagai sumber artikel, referensi atau penggunaan lainnya.

Rekomendasi Sumber Backlink Gratis Dofollow

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa ada banyak sumber sekaligus situs backlink dofollow gratis yang bisa Anda manfaatkan. Akan tetapi, sangat penting untuk tetap memilih referensi terbaik dan berkualitas. Di bawah ini beberapa diantaranya:

  • Indibloghub.com / DA 57 – PA 45
  • Zenodo.org / DA 69 – PA 63
  • Loop.frontiersin.org / DA 91 – PA 60
  • Myspace.com / DA 92 – PA 82
  • www.runnerspace.com / DA 65 – PA 55
  • www.deviantart.com / DA 89 – PA 80
  • www.imdb.com / DA 95 – PA 86
  • www.beatstars.com / DA 67 – PA 63
  • Contently.com/ DA 80 – PA 64
  • Influence.co / DA 53 – PA 56

Sumber Backlink Nofollow

Berikut di bawah ini beberapa sumber backlink nofollow yang bisa Anda terapkan pada website online secara gratis untuk meningkatkan traffik dan authority, di antaranya yaitu:

1. Youtube

Merupakan salah satu platform berbagi video yang sudah sangat populer di berbagai kalangan. Situs ini sendiri menyediakan domain authority 100. Tidak heran jika sangat cocok apabila dijadikan sebagai salah satu sumber backlink terbaik.

Caranya adalah dengan membuat channel Youtube. Kemudian, pastikan secara konsisten membuat video berkualitas yang paling diperlukan banyak orang. Tentu bukan hal yang sulit untuk mendapatkan banyak trafic dari backlink di Youtube tersebut.

2. Twitter

Tahukah Anda, bahwa Twitter juga merupakan salah satu sosial media yang banyak peminatnya di berbagai belahan dunia. Platform tersebut juga menyediakan domain authority 100. Hanya saja, jenis backlink umumnya berupa nofollow.

Baca juga : Cara Meningkatkan Authority Website

Akan tetapi, tentu saja tetap cocok jika menjadikannya sebagai backlink berkualitas. Google sendiri sudah menampilkan halaman web tweet pada hasil pencariannya sejak tahun 2015 yang lalu. Dengan begitu, tentu saja akan semakin mempercepat pengindeksan mesin pencarian.

3. Facebook

Tidak jauh berbeda dengan Youtube dan Twitter, Facebook juga menyediakan domain authority 200. Adapun jenis tautannya adalah nofollow.

Akan tetapi, tentu untuk mendapatkan trafik bukan hal yang sulit karena pengguna dari sosial media tersebut sangat banyak.

Anda bisa membuat halaman atau group baru yang sesuai dengan niche blog. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk memperoleh pembaca setiap. Trafik web juga akan perlahan naik apabila rajin membagikan backlink tersebut.

4. Wikipedia

Merupakan salah satu platform online yang menyediakan fitur berbagi informasi secara gratis, tentu Anda juga bisa membagikan informasi terkait situs website Anda beserta link lengkapnya.

Syarat penggunaannya sendiri hanya perlu menulis artikel berkualitas dengan jumlah sekitar minim 600 kata dan tidak copas. Kemudian pastikan untuk mempublikasikannya.

5. Kompasiana

Anda tentu sudah tidak asing dengan keberadaan situs yang satu ini. Pada platform tersebut, siapa saja dapat menulis dengan tujuan menyampaikan pendapat mereka. Apabila mempunyai SEO bagus tentu saja tulisan akan lebih mudah dibaca oleh banyak orang.

Baca juga : Cara Memilih Backlink Berkualitas

Terlebih situs satu ini juga cukup populer serta menyediakan banyak kontributor penulis. Tidak heran jika sudah ada banyak penulis menanam backlink di situs tersebut dengan hasil yang tentunya tidak mengecewakan. Oleh sebab itu, tentu tidak ada salahnya mencobanya.

Penutup

Itu tadi informasi lengkap mengenai berbagai sumber backlink gratis dofollow. Sekarang ini Anda sudah bisa memanfaatkan berbagai backlink tersebut agar saat link di tekan dapat langsung terhubung ke website secara otomatis. Tidak heran jika cukup efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “10 Rekomendasi Sumber Backlink Gratis Dofollow Berkualitas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.