Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Metode Cara Riset Keyword Website SEO dengan Efektif

2 min read

Cara Riset Keyword Website SEO

Website bisa menjadi opsi untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda pada keyword tertentu. Untuk menerapkan hal ini, Anda perlu mengetahui berbagai keyword potensial. Nah di di pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa metode cara riset keyword website dengan efektif.

Penggunaan keyword pada website sendiri berperan penting untuk perkembangan website online Anda. Selain mampu meningkatkan jumlah visitor, keyword berfungsi untuk mendapatkan pengunjung organik dengan target yang tepat.

Baca juga : jasa riset keyword website professional

Seorang content writer atau penulis website seringkali melupakan riset keyword. Umumnya, mereka menargetkan keyword tertentu dengan volume 0 atau tidak ada di setiap bulannya. Tentu, ini membuat website yang dikelola memiliki perkembangan cukup lambat.

Tutorial cara riset keyword website SEO perlu diketahui oleh setiap pemilik website karena sangat berperan penting dalam memperoleh pengunjung organik tertarget tanpa perlu melakukan iklan berbayar. Pastinya, ini akan membawa pengaruh positif bagi website atau brand yang dikelola.

Cara Riset Keyword Website

Berikut dibawah ini beberapa metode menggunakan platform gratis untuk melakukan riset keyword secara efektif, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Keyword Sheeter

Metode pertama yaitu dengan memanfaatkan platform gratis keywordsheeter.com, untuk menggunakan website ini Anda hanya perlu mengatur negara dan bahasa ke Indonesia terlebih dahulu dan silahkan tuliskan keyword utama terkait website Anda.

Ada berbagai keyword potensial yang dapat Anda riset melalui keyword sheeter, seperti pembahasan seputar komputer, tutorial, pendidikan dan sebagainya.

Ketika menuliskan keyword utama, secara otomatis tool ini akan menampilkan banyak keyword dengan volume dan CPC beragam. Tentu, setiap orang bisa menggunakan alat pencari keyword ini dengan gratis dan mudah.

2. Menggunakan Google Trend

Bagi para pemain SEO professional mungkin sudah mengetahui mengenai platform ini. Google trend sendiri dibuat oleh google yang dalam penggunaannya sangat akurat menampilkan detail volume pada keyword yang diriset.

Baca juga : panduan cara verifikasi instagram centang biru

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengakses alamat trends.google.co.id dan menuliskan keyword tujuan Anda. Kemudian secara otomatis, google trend akan menampilkan grafik volume seputar keyword tersebut. Anda juga dapat membandingkan antar satu keyword dengan yang lain.

Google trend sangat cocok dikombinasikan dengan tool keyword sheeter yang dua-duanya bisa digunakan secara gratis dan efektif untuk kebutuhan membuat artikel pada website online Anda.

3. Menggunakan Google Keyword Planner

Platform untuk cara riset keyword website online selanjutnya yaitu menggunakan Google Keyword Planner. Untuk menggunakan tool ini, Anda hanya perlu login atau mendaftar jika belum punya menggunakan akun google aktif yang Anda miliki.

Selanjutnya Anda bisa mengakses link ini agar lebih cepat ads.google.com/aw/keywordplanner/home. Kemudian, pilih salah satu kolom yang tersedia dan tuliskan keyword tujuan Anda. Secara otomatis keyword planner akan menampilkan detail keyword tersebut.

Dalam penggunaannya, tool ini memiliki fungsi utama untuk beriklan ke google, akan tetapi Anda tidak diharuskan untuk membayar biaya tertentu untuk mengakses fitur riset keyword SEO. Jadi, manfaatkan tool ini dengan maksimal untuk kebutuhan website Anda.

4. Menggunakan Neilpatel Ubersuggest

Neilpatel ubersugger bisa menjadi opsi lainnya untuk melakukan riset keyword, situs ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui keyword utama kompetitor. Meskipun demikian, versi gratis dari ubersuggest hanya menampilkan keyword dengan sangat terbatas, seperti hanya 3 kali riset untuk satu harinya.

Meski terbatas pada versi gratisnya, Anda pun tetap bisa memanfaatkan hal ini untuk mengetahui detail volume, besar persaingan dan harga CPC pada keyword tertentu.

5. Menggunakan Ahrefs

Ahrefs merupakan tool untuk menganalisa suatu website, didalamnya juga terdapat fitur untuk kebutuhan SEO. Misalnya seperti analisa backlink, keyword yang masuk di website dan sebagainya.

Baca juga : rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mendaftar terlebih dahulu dengan berbagai opsi yang tersedia. Kemudian hubungkan ahrefs dengan situs Anda untuk mendapatkan fitur analisa secara gratis. Untuk melakukan riset keyword, Anda hanya perlu mengakses fitur tersebut yang sudah tersedia didalamnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, untuk hasil maksimal dalam membuat artikel diperlukan teknik riset keyword yang baik. Sehingga, Anda perlu menggunakan beberapa tool gratis yang sudah saya rekomendasikan diatas untuk mengetahui detail keyword tujuan Anda.

Meski riset keyword dianggap sepele, pada kenyataannya website akan sulit berkembang apabil tidak melakukan hal tersebut. Hal ini disebabkan karena metode riset keyword berperan penting untuk membuat artikel tertarget dan memiliki jumlah pengunjung.

Membuat artikel saja tanpa memperhatikan keyword tertentu, bisa membuat artikel yang Anda buat sia-sia di mesin pencarian google karena tidak mempunyai visitor alias 0.

Akhir kata, demikianlah informasi singkat seputar cara riset keyword website untuk kebutuhan marketing melalui SEO atau lainnya dalam membuat artikel tertarget. Semoga bermanfaat ya, see you next time.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.