Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Masa Kini di Indonesia

3 min read

Di Indonesia sendiri terdapat banyak aplikasi bisnis online yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis untuk mempermudah melakukan aktivitas sehari-hari seperti Microsoft planner, workplace, aplikasi marketplace, Google meets, WhatsApp business dan masih banyak lagi.

Baca juga : Rekomendasi Website Penambah Followers Tiktok

Memang benar dalam menjalankan sebuah kegiatan usaha dari nol bukanlah perkara yang mudah. Namun dengan menggunakan aplikasi pendukung bisnis online berbagai aktivitas tersebut bisa dikelola lebih efektif dan pastinya sangat mudah.

Saat ini banyak Aplikasi bisnis online yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai kecanggihan yang pastinya berbeda-beda. Kondisi seperti ini terbukti mampu digunakan untuk mengatur jadwal, perencanaan keuangan dan to do list.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Modern

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini berdampak pada munculnya berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan para pebisnis online mulai dari Whatsapp Business, Microsoft Planner, Xender, Google Meets dll.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online

Berikut di bawah ini informasi singkat yang perlu Anda ketahui seputar rekomendasi software penunjang bisnis digital, di antaranya yaitu:

1. Microsoft Planner

Pada aplikasi Microsoft Planner terdapat berbagai macam fitur yang sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan penjadwalan. Di dalamnya juga terdapat forum chat yang bisa digunakan untuk melakukan diskusi.

Aplikasi Microsoft Planner ini mempermudah pengguna dalam melakukan pekerjaannya. Bahkan, sudah memantau setiap kemajuan dan perencanaan tugas secara virtual. Sehingga aktivitas bisnis dapat berjalan secara optimal.

2. WhatsApp Business

WhatsApp business termasuk salah satu jenis aplikasi berbasis online yang ada di Indonesia. Dimana telah terbukti bisa membantu mengendalikan dan mengembangkan suatu bisnis. Sehingga tidak ada salahnya jika tool disarankan untuk seorang pemula.

Baca juga : Rekomendasi Peluang Usaha yang Potensial

Dengan memanfaatkan aplikasi ini seorang pengguna bisa melakukan kegiatan komunikasi dengan rekan bisnis secara lancar.

Selain itu juga bisa membuat profil usaha semakin dipercaya banyak pelanggan. Untuk penggunaannya pun tidak jauh beda dengan WhatsApp versi biasa.

3. Aplikasi Marketplace

Apabila bisnis yang dibangun adalah jual beli online, maka aplikasi ini wajib untuk digunakan. Karena marketplace online akan membantu para pebisnis untuk mempermudah melakukan promosi barang atau jasa. Bahkan terbukti bisa melakukan pengiriman hingga luar negeri.

Kehadiran aplikasi ini membuat para pelanggan merasa lebih aman ketika bertransaksi, sehingga peluang daya tarik penjualan semakin besar. Di Indonesia sendiri terdapat banyak marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, Shopee dan Sorabel.

4. Google Meets

Aplikasi online ini sangat cocok digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menghandle karyawannya yang banyak. Maka, dengan teknologi tersebut permasalahan keterbatasan dan jarak dapat diatasi. Dengan begitu bisa mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan komunikasi.

Fitur video call pada Google Maps bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan karyawan atau klien yang tidak bisa ditemui karena permasalahan jarak. Nantinya aplikasi ini akan terhubung langsung dengan akun yang dimiliki masing-masing pengguna.

5. Xender

Dalam mengelola suatu usaha pasti ada kegiatan bertukar dokumen, file dan foto. Pastinya untuk mempermudah aktivitas itu dibutuhkan aplikasi pendukung berbasis online seperti xender yang sudah terbukti bisa mengolah semua itu.

Baca juga : Rekomendasi Ide Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa

Salah satu aplikasi penunjang bisnis online ini juga mampu memproses pengiriman dokumen 200 kali lebih cepat daripada menggunakan bluetooth.

Maka tidak heran jika banyak perusahaan dan masyarakat memanfaatkan xender untuk mempermudah kegiatan bisnis online.

Tips Memulai Bisnis Online dari Nol

Banyak orang yang menganggap bahwa memulai bisnis Online dari nol sangatlah sulit. Padahal kegiatan itu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dipersiapkan sebelumnya sangat mudah untuk dijalani. Langsung saja berikut tips-tips memulai usaha dari nol:

1. Mencari Tahu Apa yang Sedang Dibutuhkan Pasar

Ketika memutuskan untuk terjun di dunia online langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan pasar. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memenangkan persaingan dengan para kompetitor yang menjual produk sama.

Setelah mengetahui produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat kemungkinan peluang bisnis untuk berkembang sangat besar. Cari tahu juga masalah apa yang sedang dihadapi oleh pasar, kemudian tentukan solusi mengatasinya dengan cara mendirikan suatu usaha.

2. Melakukan Kegiatan Promosi secara Online

Dalam menjalankan bisnis kegiatan pemasaran termasuk hal penting yang harus dilakukan. Sekarang sudah banyak sekali metode promosi yang bisa dipilih baik berbayar ataupun gratis. Mulailah saja dengan menggunakan strategi SEM, SEO, sosial media Ads dan organik.

Apabila memilih mempromosikan produk melalui website, maka strategi yang bisa dilakukan seperti Google business, SEO, SEM. Jika lewat sosial media maka cara memaksimalkan konten promosi dilakukan dengan pemanfaatan copywriting.

3. Mempertahankan Pelanggan Setia

Di samping terus melakukan kegiatan mencari konsumen baru, penting untuk merawat pelanggan setia agar tetap bertahan dan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Dalam hal ini banyak cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan hubungan bisnis tersebut.

Baca juga : Contoh Penerapan SEO Off-Page Pada Website

Sedangkan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan relasi dengan konsumen yaitu seperti menawarkan harga promo, menanyakan kabarnya, memberikan diskon dan bonus. Dengan begitu hubungan akan tetap terjaga.

4. Melakukan Evaluasi Bisnis secara Rutin

kegiatan ini perlu dilakukan setiap bulan. Karena pada setiap bisnis pasti akan mengalami pasang dan surut. Apabila sampai terlena ketika kondisinya lagi kurang baik bisa menyebabkan kebangkrutan atau tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.

Maka dari itu perlu mengevaluasi untuk mengetahui apa ada permasalahan atau tidak, Jika iya cobalah untuk mencari solusi dan segera memperbaikinya. Anda juga harus tetap mempelajari tentang bisnis online agar tidak ketinggalan trend.

Penutup

Itulah beberapa beberapa aplikasi bisnis online yang bisa digunakan untuk mempermudah mengembangkan suatu usaha mulai dari kegiatan pembayaran, komunikasi, mengakses dokumen dan pengolahan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.