Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Penyebab TikTok Shop Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

2 min read

Cara Mengatasi TikTok Shop Tidak Muncul

TikTok merupakan aplikasi yang saat ini cukup populer karena memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membuat konten atau menonton video menarik. Selain itu, TikTok juga mempunyai fitur terbaru yaitu TikTok Shop.

Baca juga : Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite

Sesuai dengan namanya, tersebut memungkinkan bisa berbelanja secara online melalui aplikasi TikTok. Namun, ada beberapa masalah yang menyebabkan TikTok Shop tidak muncul. Tidak perlu khawatir juga karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Bagi Anda yang ingin berbelanja di TikTok, terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur TikTok shop. Terlebih lagi bagi pengguna baru, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya. Selengkapnya berikut ini beberapa langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi TikTok.
  • Setelah itu pilih menu profile.
  • Selanjutnya pilih menu pengaturan atau garis tiga di kanan pojok atas.
  • Setelah itu pilih menu creator tools.
  • Jika sudah, pada bagian monetization, klik TikTok.
  • Langkah selanjutnya penuhi syarat dan ketentuan berlaku.
  • Setelah itu ikuti instruksi yang tersedia di layar.
  • Jika sudah, lakukan verifikasi.
  • Secara otomatis fitur TikTok shop akan muncul muncul.

Penyebab TikTok Shop Tidak Muncul

Jika sudah menerapkan cara mengaktifkan TikTok shop dengan benar, tapi tetap saja tidak muncul fitur tersebut. Itu tandanya ada permasalahan atau penyebabnya.

Lebih jelasnya lagi berikut di bawah ini 5 penyebab kenapa TikTok shop tidak tersedia yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Koneksi Internet Buruk

Alasan pertama Kenapa TikTok shop tidak muncul yaitu karena buruknya koneksi internet. Kondisi seperti ini jarang sekali disadari oleh pengguna TikTok, sehingga selalu menyalahkan server. Maka dari itu, sebelum menggunakan TikTok shop alangkah baiknya jika mengecek koneksi internet.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu pastikan jika menggunakan jaringan internet yang stabil. Bahkan, Tidak ada salahnya juga jika Anda menggunakan wifi dengan kekuatan yang tinggi.

2. Belum Update Aplikasi TikTok Terbaru

Jika anda sudah menggunakan TikTok dalam waktu yang lama, tapi belum melakukan update dapat menyebabkan fitur TikTok Shop tidak tersedia. Tentunya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melakukan update aplikasi terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengubah Kuota TikTok Menjadi Kuota Reguler

Sedangkan untuk cara update aplikasi cukup mudah, hanya perlu memanfaatkan Google Play Store atau update. Cari saja aplikasi di Kolom pencarian, selanjutnya anda hanya perlu klik kotak yang berisi tulisan update atau perbarui.

3. Umur Masih Belum Mencukupi

Apakah anda mempunyai umur yang cukup saat menggunakan TikTok ? Jika benar, tentu tidak akan mengalami permasalahan fitur TikTok shop tidak muncul. Namun, jika usia anda kurang dari 17 tahun, maka tidak akan bisa menikmati fitur ini.

Peraturan terbaru saat ini pihak Developer TikTok menyatakan jika minimal penggunaan fitur TikTok harus berusia 18 tahun. Jadi, jika kurang dari usia tersebut tidak bisa menggunakan fitur belanja online TikTok.

4. Melanggar Syarat Ketentuan TikTok

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kenapa TikTok Shop tidak muncul karena melanggar syarat dan ketentuan berlaku. Maka dari itu sebagai pengguna TikTok yang bijak harus mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sekalipun sudah menerapkan beberapa cara sebelumnya seperti update ke versi terbaru, tapi tetap saja tidak akan bisa menikmati fitur TikTok shop. Hal tersebut dapat terjadi karena syarat dan ketentuan menjadi yang paling utama.

5. Adanya Permasalahan Server

Penyebab lain Kenapa tidak muncul TikTok Shop yaitu terjadi permasalahan pada server. Kondisi seperti ini seringkali terjadi jika sedang terdapat pemeliharaan atau perbaikan sistem. Sedangkan untuk menyikapi kondisi seperti ini bisa menunggu sampai server kembali normal.

Baca juga : Cara Bayar Tiktok Shop di Indomaret dan Alfamart

Hal yang seperti ini tidak hanya anda yang mengalaminya, tapi semua pengguna TikTok juga akan mengalami. Maka dari itu, jangan khawatir jika terjadi hal yang seperti ini. Solusinya hanya perlu menunggu.

Cara Mengatasi TikTok Shop Tidak Muncul

Setelah mengetahui Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi kenapa di aplikasi TikTok tidak muncul fitur TikTok Shop, ketahui juga bagaimana cara mengatasinya.

Lebih sederhananya lagi berikut ini 4 solusi untuk mengatasi permasalahan Tiktok tersebut. Di antaranya yaitu:

  • Solusi pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan koneksi internet yang bagus. Bahkan, sebaiknya juga menghubungkan dengan WiFi agar koneksi internet bisa lebih stabil dan lancar.
  • Lakukan perbarui aplikasi atau update Jika anda masih menggunakan versi lama. Sedangkan untuk cara update aplikasi ini harus melalui aplikasi resmi seperti Google Play Store maupun App Store.
  • Jika memang penyebab TikTok Shop tidak muncul karena masih berusia di bawah 17 tahun. Solusi terbaiknya yaitu memperbarui informasi umur yang terdapat pada menu pengaturan privasi.
  • Solusi terakhir untuk mengatasi fitur TikTok shop yang tidak muncul yaitu login dengan menggunakan perangkat lain. Jika diperlukan tidak ada salahnya juga untuk membuat akun baru, mungkin saja di akun lama terdapat masalah.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab TikTok Shop tidak muncul Beserta dengan solusinya.

Intinya dari penjelasan ini bisa diambil kesimpulan bahwa setiap permasalahan pasti ada solusi terbaiknya, jadi jangan khawatir berlebihan asalkan tidak melanggar syarat dan ketentuan berlaku.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *