Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca dan Solusinya

2 min read

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

Pengguna handphone Android maupun iOS pastinya pernah mengalami kartu SIM tidak terbaca. Sebenarnya apa yang menyebabkan kenapa kartu SIM tidak terbaca? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi

Misalnya saja karena terjadi kerusakan pada kartu SIM maupun slot. Jika memang Anda sedang mengalami permasalahan tersebut tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

Sebelum melakukan berbagai cara untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca, terlebih dahulu ketahui penyebabnya. Mengingat solusi pasti sesuai dengan penyebabnya. Lebih jelasnya lagi berikut ini 4 faktor yang dapat menyebabkan SIM tidak terbaca.

1. Kartu SIM Panas

Salah satu penyebab yang seringkali tidak disadari oleh pengguna handphone karena kartu SIM terlalu panas. Sebagian orang mungkin mempertanyakan Kenapa hal tersebut bisa terjadi. Sederhana hal tersebut terjadi karena terlalu lama menggunakannya.

Maka dari itu, HP digunakan terlalu lama akan menyebabkan SIM tidak akan bisa terdeteksi. Sedangkan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu membiarkan handphone istirahat sejenak dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya agar handphone kembali dingin dan bisa normal kembali.

2. Slot Kartu SIM Rusak

Penyebab terbesar kenapa kartu SIM tidak bisa terdeteksi karena terjadi kerusakan pada bagian slot kartu. Padahal slot kartu merupakan bagian terpenting yang sudah seharusnya bisa terjaga dengan baik.

Baca juga : Cara Mengatasi 4G Lemot di Android

Jika slot mengalami kerusakan, maka sudah pasti sulit untuk memperbaikinya. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak berhati-hati saat memasukkan kartu. Selain itu, terlalu lama tidak digunakan juga bisa menjadi salah satu faktornya.

3. IMEI Hilang

Perlu Anda ketahui jika IMEI pada kartu SIM mempunyai peranan yang sangat penting. Mengingat IMEI merupakan nomor unik yang terdapat pada setiap HP. Tak heran jika IMEI hilang akan menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

Sederhananya IMEI merupakan sebuah nomor unik yang memberikan identitas pada HP. Maka dari itu jika kartu tidak terbaca sebaiknya cek terlebih dahulu nomor IMEI nya masih tersedia atau sudah hilang.

4. Jaringan Provider Gangguan

Alasan lain kenapa kartu SIM tidak terbaca karena terjadi gangguan pada jaringan provider. Jika memang penyebabnya karena gangguan tentu saja yang mengalami tidak hanya kartu SIM Anda, tapi berlaku untuk semua pengguna.

Sedangkan untuk memastikan jika kartu SIM tidak terbaca karena permasalahan ini, bisa bertanya secara langsung ke orang terdekat yang juga menggunakan 1 provider.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan kartu sim yang tidak terdeteksi secara massal yaitu dengan menunggu hingga jaringan kembali pulih.

Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Setelah mengetahui Apa saja faktor yang dapat menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasinya. Lebih jelasnya lagi berikut ini 4 solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Restart HP

Solusi pertama yang bisa anda lakukan dan sangat sederhana yaitu dengan restart atau memulai ulang HP. Di beberapa kasus penerapan cara ini sangatlah bermanfaat untuk kembali normalkan kartu SIM yang sebelumnya mengalami masalah tidak terbaca.

Baca juga : Cara Mengetahui Password STB Indihome

Tujuan dari melakukan restart HP yaitu dapat menghilangkan bug-bug di HP. Namun, untuk menerapkan cara ini, pastikan jika sebelumnya semua aplikasi yang dibuka sudah ditutup terlebih dahulu.

2. Mengganti Kartu SIM

Jika memang yang menjadi penyebab SIM tidak terbaca karena kartu rusak, maka manusia terbaik untuk mengatasinya yaitu mengganti kartu baru. Mungkin saja jika mengganti ke kartu SIM yang baru bisa kembali normal.

Namun, jika sama saja permasalahannya berarti ada kerusakan pada slot kartunya. Sedangkan untuk mengetahui apakah kartu SIM tersebut rusak, terlihat jelas dari jaringan yang hilang timbul. Selain itu, internet yang sulit terhubung juga bisa menjadi ciri-cirinya.

3. Hubungi Customer Service Provider

Cara mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi yaitu dengan menghubungi customer service provider. Cara ini bisa anda terapkan jika memang permasalahannya terjadi karena terjadi gangguan pada provider.

Tentu saja, customer service juga akan memberikan solusi untuk berbagai permasalahan kartu SIM lainnya.

Misalnya saja jika memang kartu SIM yang mengalami kerusakan, solusi terbaiknya yaitu dengan mengganti kartu SIM baru.

Namun, solusi ini tidak akan mengganti nomor telepon Anda, melainkan hanya kartunya saja. Intinya, jangan ragu untuk meminta bantuan pada customer service provider.

4. Periksa Konektor Kartu SIM

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca yaitu dengan memeriksa bagian konektor kartu.

Baca juga : Nomer Pulsa Darurat Axis dan XL

Mungkin saja permasalahan terjadi karena Kuningan pada konektor rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena terlalu lama penggunaannya. Berikut solusi yang bisa Anda terapkan:

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu casing HP.
  • Selanjutnya buka bagian baterai, jika masih menggunakan baterai lepas pasang.
  • Selanjutnya periksa bagian konektor SIM.
  • Setelah itu gunakan kapas untuk membersihkan bagian kuningannya.
  • Jika sudah, pasang kembali kartu SIM.

Penutup

Dari penjelasan ini bisa Anda ambil kesimpulan jika ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenapa kartu SIM tidak terbaca.

Namun, tidak perlu khawatir juga karena ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.