Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 5 Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite yang Perlu Diketahui

2 min read

Saat ini siapa yang tidak mengenal TikTok, platform berbagi video gratis secara online ini digemari banyak orang khususnya generasi muda dalam membuat konten menarik. Nah kali ini saya akan membahas seputar perbedaan Tiktok dan TikTok Lite yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua aplikasi ini adalah dari segi ukuran dan fitur, TikTok Lite memiliki fitur yang terbatas (simple) dan jauh lebih ringan dibandingkan aplikasi Tiktok original.

Berbeda dengan TikTok Original, TikTok Lite didesain lebih ringan dan ditujukan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Tiktok Lite cocok digunakan di smartphone kelas menengah kebawah yang tidak memerlukan banyak sumber daya untuk menjalankan aplikasi.

Baca juga : Rekomendasi Website Penambah Followers Tiktok

Dari segi penggunaan, kedua versi aplikasi Tiktok ini memang tidak ada bedanya. TikTok Lite dan Original bisa digunakan untuk menonton dan berbagi video secara online.

Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite

Berikut di bawah ini beberapa penjelasan lainnya terkait faktor perbedaan kedua versi aplikasi TikTok yang perlu Anda pahami lebih lanjut, di antaranya yaitu:

1. Ukuran Instalasi dan Aplikasi

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya perbedaan paling mencolok dari kedua aplikasi ini adalah ukuran aplikasi.

Di playstore pada versi Lite hanya berukuran 9.1 MB saja, sedangkan pada versi original memiliki ukuran 60 MB. Anda bisa melihat perbedaannya langsung melalui Google Play Store.

Kemudian untuk total keseluruhan instalasi juga sangatlah berbeda, untuk TikTok Original memiki total ukuran 300 MB, sedangkan Lite hanya 182 MB.

Dengan total ukuran yang jauh lebih ringan, tentu TikTok Lite sangat bersahabat bagi ponsel yang tidak memiliki penyimpanan besar.

2. Tampilan Interface

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi tampilan dan interface. Di tampilan TikTok Lite, warna dari FYP (For You Page) adalah warna putih.

Sedangkan untuk TikTok original berwarna hitam. Bagi pengguna yang terbiasa dengan Dark Mode, mungkin akan sedikit keberatan dengan hal ini.

Baca juga : Username Artis Tiktok dengan Followers Terbanyak

Kemudian dari logo, kedua versi aplikasi ini juga berbeda. Di versi Lite, memiliki tambahan icon petir kecil di sisi kiri atas logo aplikasi, sedangkan di TikTok original tidak ada tampilan petir di berbagai sudut logo aplikasinya.

Untuk logo melodi yang termasuk logo utama dari aplikasi TikTok juga memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil di versi originalnya.

3. Fitur-fitur Dalam Aplikasi

Versi Lite termasuk aplikasi yang ringan, akan tetapi didalamnya beberapa fitur dihilangkan guna mengecilkan ukuran aplikasi agar tetap ringan. Beberapa fitur yang dihilangkan yaitu seperti Live Photo, React, Block List, Duet dan Digital Wellbeing.

Tentu bagi Anda yang ingin menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda perlu menggunakan aplikasi TikTok versi Original.

Selain itu, pada versi Lite juga hanya dilengkapi fitur privasi lebih sedikit dibanding versi original. Untuk versi original, pengguna bisa melakukan blokir pada akun lain, mengaktifkan private mode, mengatur notifikasi yang aktif dan membatasi interaksi dengan pengguna yang lain.

4. Durasi Video Untuk Membuat Konten

Dalam membuat video, durasi yang panjang bisa menjadi nilai plus bagi pengguna yang menonton video Anda. Semakin panjang biasanya akan semakin menarik untuk dilihat.

Bagi Anda kreator video di TikTok tidak disarankan menggunakan versi Lite karena hanya bisa membuat durasi tidak lebih dari 15 detik saja. Dengan batasan waktu sekecil itu, tentu Anda akan kesulitan dalam membuat video TikTok yang menarik dan sesuai keinginan.

Di versi original, durasi paling lama yang bisa dibuat adalah 3 menit. Walaupun terlihat singkat, di TikTok kebanyakan video menarik kurang dari 3 menit, biasanya hanya berdurasi 1 menit.

5. Pemakaian Kuota

Perbedaan TikTok Original dan TikTok Lite yang terakhir adalah penggunaan kuota yang dihabiskan untuk menonton video secara online.

Di versi Lite sendiri memiliki fitur penghemat kuota yang bisa Anda gunakan secara gratis dalam menonton berbagai video di TikTok Lite.

Baca juga : Cara Belanja di TikTok Shop secara Online

Akan tetapi, jika pengguna menggunakan fitur penghemat data tersebut tentu akan menurunkan kualitas video yang diputar.

Kabar baiknya, pengguna dapat meminimalisir loading alias buffering saat internet lemot atau mengalami kendala lain.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang perlu Anda ketahui seputar kelebihan dan kekurangan TikTok dan TikTok Lite beserta perbedaannya.

Semoga informasi sederhana ini bisa Anda pahami dengan baik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, see you next time.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.