Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

23 Kode Remot Panasonic dan Cara Menggunakannya

2 min read

Kode remot panasonic

Dengan mengetahui kode remot Panasonic, nantinya akan Anda perlukan ketika sewaktu-waktu membutuhkannya. Khususnya bagi pengguna TV baik LED maupun jenis tabung. Terutama jika mengalami kerusakan atau kendala lainnya maka bisa langsung membeli baru di service center.

Baca juga : cara forex lewat android untuk pemula

Sebagai solusi yang murah dan tentunya mudah dilakukan, saat ini memang lebih banyak menggunakan remot universal daripada bawaan dari merk aslinya. Biasanya harus memasukkan kode sesuai dengan TV masing-masing agar dapat digunakan sama seperti fungsinya.

Fungsi Kode Remot Panasonic

Bagi sebagian orang, biasanya tidak mengetahui apa fungsi kode remot Panasonic ini. Pasalnya mereka memang belum menemukan kendala pada saat pengoperasiannya. Kegunaannya hanya dirasakan oleh pengguna yang sudah pernah berganti remot universal.

Jadi kode remot Panasonic ini digunakan ketika Anda berganti ke remot universal sehingga dapat berfungsi sesuai dengan merk aslinya lantaran diproduksi oleh pabrikan tanpa merk. Tentu terasa sangat mengganggu apabila memakainya namun fungsinya berbeda dari aslinya.

Hal ini dikarenakan penggunaan remot TV secara universal tidak langsung terkoneksi dengan TV sehingga harus memasukkan kode tersebut. Caranya pun harus Anda perhatikan karena cukup berbeda dari penggunaan biasanya.

Kode Remot Panasonic LED

TV jenis ini biasanya memakai layar datar dan cukup tipis sehingga banyak disukai oleh masyarakat saat ini. Hal ini berkaitan dengan betapa praktisnya penggunaannya ketika hendak dipindahkan ke tempat lain. Pemakaiannya pun tetap menggunakan remot sebagai alat kontrolnya.

Baca juga : memahami pengertian dan fungsi trafo

Kode remot TV Panasonic LED yang bisa digunakan untuk jenis TV ini antara lain: 021, 015, 001, 014, 020, 066, 022 dan 059. Sementara untuk cara penggunaannya harus diperhatikan lebih teliti lantaran tersedia cukup banyak sehingga tidak bingung ketika menggunakannya.

  • Siapkan remot pengganti yang berfungsi dengan baik
  • Tekan dan tahan beberapa saat tombol SET
  • Tekan tombol Power sampai lampu indikator merah menyala
  • Masukkan kode remot yang digunakan sampai lampu indikator mati
  • Lampu indikator mati menandakan jika kode remot berfungsi

Kode Remot Panasonic Tabung

Beberapa jenis TV Panasonic masih ditemukan dalam bentuk tabung namun dipercaya sangat tahan lama bahkan bisa mencapai belasan tahun ketika digunakan. Terkadang salah satu masalah utamanya adalah terkendala pada remote nya sehingga susah ketika digunakan.

Kode remot Panasonic Tabung sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jenis LED. Pasalnya beberapa diantaranya hanya bisa digunakan pada salah satu saja atau sebaliknya. Berikut ini yang bisa Anda coba: 001, 014, 015, 022, 021, 059 dan 020. Sementara cara menggunakannya ialah:

  • Tekan dan tahan tombol SET pada remot universal
  • Tekan secara bersamaan tombol Power sampai lampu menyala
  • Lepaskan tombol Power dan SET saat lampu menyala
  • Masukkan kode remot yang digunakan sampai lampu indikator mati
  • Lampu indikator mati menandakan jika kode remot berfungsi
  • Masukkan kode remot lainnya jika tidak berhasil

Kode Remot Panasonic Joker

Bagi Anda yang belum mengetahui, remot TV Joker merupakan sebutan dari remot universal yang bisa digunakan untuk semua merk TV. Jadi dapat dikatakan sangat praktis lantaran tidak perlu membeli aslinya. Selain itu, harganya pun juga lebih murah apabila dibandingkan dari Panasonic sendiri.

Bagi Anda yang menggunakannya maka harus mengetahui kode remot khusus untuk Joker terlebih dahulu. Ada beberapa pilihannya dan perlu diganti-ganti ketika tidak berhasil pada percobaan pertama. Diantaranya adalah 022, 015, 021, 001, 014, 059, 066 dan 020. Berikut cara memakainya:

  • Nyalakan TV Panasonic
  • Pilih salah satu kode yang akan digunakan
  • Tekan tombol SET pada remot sampai lampu indikator menyala
  • Masukkan kode yang dipilih sebelumnya sampai lampu indikator mati
  • Pindahkan channel untuk uji coba
  • Masukkan kode lain jika belum berfungsi

Pastikan semua langkah di atas telah Anda lakukan. Namun, jikalau masih ada kendala silahkan pahami beberapa penyebab di bawah ini.

Penyebab Remot TV Tidak Berfungsi

Ada beberapa kondisi yang membuat remot TV tersebut masih saja tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan berbagai kendala. Salah satunya adalah salah memasukkan kode. Solusinya Anda harus menggantinya sampai benar dan mencoba satu per satu lagi.

Baca juga : daftar harga bahan bangunan terbaru

Penyebab lainnya yang banyak dialami oleh orang-orang namun kurang disadari adalah baterai remot sudah low dan tidak kunjung diganti. Anda harus segera menggantinya dan menyesuaikan dengan ukurannya. Gangguan berikutnya dapat disebabkan karena terdapat kotoran di dalam seperti karat.

Biasanya kotoran berupa karat ini berasal dari besi penghubung antara baterai dan bagian lainnya di dalamnya. Kondisi ini akhirnya menyebabkan arus tidak bisa mengalir dengan baik atau secara sempurna. Solusinya cukup buka tutupnya dan coba membersihkannya agar dapat berfungsi kembali.

Penutup

Itulah tadi beberapa kode remot Panasonic yang bisa Anda gunakan dengan menyesuaikan dari jenis TV-nya mulai dari tabung, LED hingga Joker. Jangan lupa untuk mengecek kembali apakah baterai masih dalam keadaan bagus serta tidak ada kotoran mengganggu di dalamnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.