Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Windows

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Windows

Jika membahas screen record tentu saja berkaitan dengan tutorial, merekam video yang tidak bisa diunduh, atau apapun yang berhubungan dengan pembuktian video. Hal tersebut membuat aplikasi perekam layar terbaik untuk PC dan Laptop dicari, alasannya pun tergantung penggunanya.

Baca juga : manfaat hosting bagi website blogger

Selain menjadikan video tutorial, merekam layar juga bisa digunakan sebagai kebutuhan iseng pribadi masing-masing penggunanya. Namun kebanyakan mereka menggunakannya sebagai proses membuat video-video tutorial tentang teknologi atau lainnya sehingga dapat memasukkan voice over.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Mungkin beberapa laptop dan PC terbaru sudah ada fasilitas khusus merekam layar, namun tidak bagi tipe-tipe lama sama halnya dengan ponsel. Keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut tujuannya adalah memberikan kemudahan pengguna agar tetap bisa mengikuti perkembangan. Berikut aplikasi terbaiknya.

1. VideoProc dengan Berbagai Fitur Lengkapnya

Penggunaannya mudah termasuk tampilannya sehingga untuk pemula tidak akan merasa kesulitan. Selain itu aplikasi videoproc tanpa batas durasi, memberikan kebebasan bagi penggunanya selama apapun screen record. Berikut ini beberapa fitur-fiturnya yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

  • Fitur yang bisa digunakan untuk keperluan webinar (website seminar), meeting, live streaming, panggilan video seperti Skype, dan video Youtube
  • Hasil rekaman stabil karena fitur teknologi akselerasi hardware GPU
  • Fitur green screen untuk menghapus background dan mengganti sesuai keinginan penggunanya
  • Mengedit rekaman layar dengan fitur penambahan catatan atau teks, member efek audio dan visual serta subtitle
  • Fitur dasar untuk editing yaitu cut, merge, crop, rotate, dan pengaturan kecepatan yang sudah ada di dalam aplikasinya
  • Fitur yang mendukung konversi format file dengan lebih dari 370 jenis file-file video atau audio, disertai built-in downloaded agar hasil filenya berkualitas sama dengan aslinya

Melihat fitur-fitur yang tertanam di dalam VideoProc wajar jika meletakkannya di urutan pertama karena memang deserve it dilihat dari banyaknya fitur yang ditawarkan. Dengan menggunakannya, selain mudah pengguna berkesempatan menghasilkan hasil rekaman layar terbaik.

2. HitPaw Screen Recorder

Jika melihat fitur-fitur yang ditawarkan tidaklah berbeda dengan sebelumnya, tetapi ada satu fitur berbeda yaitu HitPaw dapat melakukan tangkapan layar di tengah proses merekam. Biasanya disebut dengan perekaman picture-in-picture. Resolusi hasil rekamannya dapat ditentukan sendiri oleh pengguna.

Selain itu, HitPaw memberikan tools editing untuk hasil-hasil rekaman yang nantinya akan tersimpan secara otomatis ke dalam memori PC dan Laptop Anda. Pada dasarnya semua aplikasi mempunyai konsep sama dalam menanamkan fitur-fiturnya, hanya satu dua dijadikan pembeda dengan lainnya.

3. Movavi Screen Record Studio

Dapat diunduh secara gratis memberikan akses mudah bagi pengguna yang ingin menggunakannya sebagai screen record atau perekam layar terbaik untuk PC dan Laptop. Meskipun gratis, jangan meremehkan fiturnya yang sangat mumpuni sekelas aplikasi free unduh, salah satunya webcam.

Baca juga : macam-macam mesin pencari online

Movavi bisa digunakan sebagai penangkap layar saat sedang melakukan webcam, sehingga hasil rekamannya juga dapat diedit sesuai keinginan Anda. Selain screen record, ternyata movavi juga menyediakan screenshot sehingga pengguna sama saja mengunduh satu mendapat berbagai fitur.

4. Bandicam for Windows

Sesuai dengan tagline di atas, aplikasi satu ini hanya khusus digunakan pada PC dan laptop dengan sotware windows. Bandicam terkenal karena dapat menghasilkan video berkualitas tinggi, mengingat hanya rekaman layar namun fitur ini sangat berguna bagi pembuat konten tutorial.

Hasil format akhirnya adalah AVI dan mp4, pengguna hanya perlu memilihnya salah satu. Selain itu, Bandicam mempunyai fitur memberikan logo di dalam hasil videonya sehingga memungkinkan pengguna memberikan nama kontennya. Melalui fiturnya, Anda dapat juga merekam game.

5. ShareX

Hanya dapat digunakan pada windows tertentu, yaitu 7, 8.1 dan 10. Memang biasanya pengguna aplikasi ShareX mempunyai RAM terbatas, hal tersebut karena salah satu fiturnya ringan kapasitasnya namun tetap fungsional sebagaimana penggunaannya. Selain gratis, open source dan tanpa iklan.

Jangan meremehkannya karena ringan dan gratis, karena aplikasi tersebut menghasilkan rekaman terbaik dengan tools untuk mengeditnya. Dengan metode drag and drop sehingga pengguna mudah menggunakannya saat merekam lalu mengeditnya sesuai keinginan dan konsep videonya.

6. CamStudio

Aplikasi perekam terbaik dengan metode apa adanya, karena bisa dibilang tampilannya tidak terkesan impressive namun ternyata sangat fungsional. Saat membukanya pertama kali, hanya ada tampilan kecil namun semua fiturnya tersembunyi di atas dengan kategori menu sesuai penggunaan fitur-fiturnya.

Baca juga : mengenal berbagai tips dan trik windows 10

Sama seperti ShareX, CamStudio meskipun ringan dan apa adanya dapat menghasilkan kualitas video tinggi dengan metode codec lossless, yaitu kualitasnya tinggi namun kapasitasnya kecil. Hal tersebut sangat cocok bagi PC dan laptop dengan RAM tidak terlalu besar.

Penutup

Enam aplikasi perekam layar terbaik untuk PC dan laptop tersebut, sudah biasa digunakan oleh pengguna aktif teknologi rekaman ini. Biasanya mereka memang rajin membuat konten, sehingga jam terbang penggunaannya tinggi.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.