Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Tips dan Trik Windows 10 yang Perlu Diketahui

2 min read

Tips dan Trik Windows 10

Siapa yang tidak mengenal Windows 10? Apabila Anda menggunakan sistem operasi tersebut, maka wajib menyimak tips dan trik Windows 10. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk meningkatkan produktivitas ketika menggunakannya. Terlebih, ada banyak fitur yang disediakan oleh sistem operasi tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer bagi pengguna

Windows 10 sendiri merupakan salah satu sistem operasi tercepat dan sangat efisien jika digunakan. Meski banyak yang menggunakan sistem operasi tersebut, kenyataannya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menggunakan semua fiturnya.

Tips dan Trik Windows 10 Masa Kini

Apabila Anda pengguna setia Windows 10, tentu sudah tidak asing dengan adanya banyak fitur keren dan menarik yang ditawarkan. Jika masih belum menguasai penggunaannya, maka ada baiknya menyimak informasi tentang tips dan trik menggunakannya secara efektif di bawah ini:

1. Fitur GodMode

Merupakan salah satu fitur terbaik yang ditawarkan oleh Windows 10. Bagaimana tidak? Fitur tersebut merupakan sebuah folder tersembunyi yang mempunyai berbagai akses pintas yang canggih. Tentu akan sangat disayangkan apabila Anda tidak menguasainya.

Anda bisa memanfaatkan fitur GodMode untuk mengendalikan sesuatu. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Jika sudah berhasil, maka pengguna dapat menyesuaikannya dengan berbagai pengaturan dalam satu folder lainnya.

2. Menggunakan Perintah Suara

Tahukah Anda bahwa Windows 10 sudah dilengkapi dengan asisten virtual yang disebut dengan Cortana. Tentu saja, kehadiran fitur tersebut sangat membantu setiap pengguna untuk melakukan perintah hanya dengan memakai suara saja.

Baca juga : cara melihat bit laptop windows 10

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempelajari mengenai penggunaan fitur tersebut. Jika perlu, Anda memakai fitur Cortana untuk membuat acara, menampilkan berita terbaru, membuka aplikasi, dan masih banyak lagi. Aktifkan fitur tersebut di bagian pengaturan agar dapat segera menggunakannya.

3. Virtual Desktop

Anda juga bisa memanfaatkan virtual desktop yang dapat membantu mengelola aplikasi agar berjalan. Tentu saja fitur tersebut sangat cocok digunakan bagi mereka yang sering membuka banyak aplikasi. Pengguna juga dapat membuat dekstop pertama untuk melakukan aktivitas pekerjaan.

Saat itu juga pengguna dapat menjadikan virtual desktop yang lainnya untuk bermain. Caranya adalah dengan membuka menu Task View atau tekan tombol Win + Tab. Lanjutkan dengan memilih menu New Desktop agar berhasil membuat virtual desktop tambahan terbaru.

4. Task View

Merupakan salah satu task switcher inovatif pertama yang dikenalkan oleh sistem operasi Windows 10. Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah untuk meningkatkan pengalaman multitasking pengguna. Ketika Anda memakainya, maka fitur tersebut dapat menampilkan thumbnail dari seluruh aplikasi yang terbuka.

Apabila Anda memakai dua monitor, maka tentu sangat cocok untuk memakai fitur tersebut. Pasalnya, pengguna dapat langsung beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya dengan efisien dan tanpa waktu lama. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mencoba fitur ini.

5. Snap untuk Multitasking

Anda juga bisa memanfaatkan fitur snap untuk mengatur jendela aplikasi. Snap sendiri merupakan salah satu fitur super cool yang sangat bermanfaat di sistem operasi Windows. Setiap pengguna nantinya dapat menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu atau yang sering dikenal dengan istilah multitasking.

Baca juga : cara mengganti product key windows 10

Nantinya, layar Windows akan menampilkan beberapa aplikasi yang perlu diatur sendiri ukurannya. Jika ingin mencobanya, maka terdapat beberapa kombinasi pengaturan. Contohnya seperti, Win + Right untuk snap ke kanan setengah, Win + Left untuk snap ke kiri setengah, dan masih banyak lagi.

6. Mode Tablet

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa Windows 10 sebenarnya sudah menyediakan mode tablet. Tentu saja, mode tersebut sangat canggih dan cerdas. Pasalnya, Anda dapat memakai tampilan seperti tablet dengan antarmuka metro. Lantas, apa saja kelebihan mode satu ini?

Anda bisa memakainya dengan lebih maksimal apabila menggunakan laptop layar sentuh. Atau bisa juga memanfaatkan perangkat 2-in-1. Untuk mengaktifkan mode tersebut, langsung buka Action Center lalu tekan ikon tablet mode. Lanjutkan dengan menggesek empat jari di touchpad yang tersedia.

7. Mengambil Screenshot

Terdapat cara mudah yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengambil screenshot di Windows 10. Contohnya saja ketika ingin mengambil dan menyimpan gambar dengan layar penuh. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menekan menu Windows + tombol Print Screen.

Kemudian, simpan hasil screenshot yang sudah dibuat ke folder Picture pada bagian screenshot. Setelah itu, apabila hanya ingin menangkap satu bagian layar saja tekan menu Windows + Shift + S. Kemudian, tekan menu tools yang bernama Snip & Sketch. Lanjutkan dengan melakukan click and drag.

Penutup

Itu tadi penjelasan tentang tips dan trik Windows 10 yang bisa Anda ketahui. Tentu saja, sangat penting untuk memahami beberapa tips di atas tadi agar nantinya dapat lebih efektif dan efisien ketika ingin menggunakan sistem operasi tersebut saat diperlukan.

Baca juga : cara mempercepat kinerja google chrome

Akhir kata, demikianlah pembahasan sederhana seputar beberapa trik yang dapat Anda terapkan pada komputer atau laptop windows 10 dengan mudah, semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.