Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 8 Fitur Tersembunyi SHAREit Versi Terbaru

2 min read

Fitur Tersembunyi ShareIT

SHAREit merupakan salah satu aplikasi favorit yang saat ini sudah banyak digunakan. Sejak hadirnya aplikasi tersebut, kini seseorang tidak perlu lagi menunggu waktu lama ketika ingin berbagi file ke perangkat lain. Terlebih, tersedia banyak fitur tersembunyi SHAREit yang bisa Anda gunakan.

Baca juga : tips cara menghasilkan uang dari blog

Hadirnya beberapa fitur tersebut tentu menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan aplikasi lainnya. Hal ini berarti, SHAREit tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk berbagi file saja tetapi lebih dari itu. Seperti membersihkan data, menampilkan foto, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengenal Fitur Tersembunyi SHAREit

Aplikasi SHAREit bisa Anda gunakan di seluruh sistem operasi. Pengguna bahkan hanya perlu mengunduhnya secara gratis di Playstore. Agar dapat memakai aplikasi ini dengan lebih maksimal, maka pastikan menyimak beberapa fitur tersembunyi tersebut di bawah ini:

1. Presentation Controller

Merupakan salah satu fitur yang dapat mengendalikan slide presentasi. Tentu saja, kehadiran fitur tersebut cukup mirip dengan PowerPoint hanya saja dilakukan di smartphone. Untuk menggunakannya, maka perangkat terlebih dahulu perlu mengunduh aplikasinya.

Jika Anda sudah mengunduh aplikasi SHAREit, maka langsung saja hubungkan smartphone ke laptop maupun komputer lewat menu Connect PC. Selanjutnya, klik menu PPT Control agar dapat mengendalikan slide presentasi lewat smartphone.

2. Remote View

Fitur tersebut sangat penting untuk digunakan karena dapat mengambil data dari laptop atau komputer ke smartphone dengan praktis dan cepat. Dengan begitu, ketika menjalankan fitur tersebut pengguna dapat dengan mudah mengeksplor partisi perangkat kemudian memindahkannya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi android terbaik masa kini

Apabila Anda ingin memakainya, maka pastikan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke smartphone terlebih dahulu. Caranya adalah memanfaatkan menu Connect PC kemudian tekan opsi Remote View. Dengan begitu, semua data yang ada dapat terbaca dan dipindahkan ke smartphone.

3. Duplicate File Manager

Manfaatkan fitur Duplicate File Manager untuk membersihkan data. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mencari data ataupun file duplikat agar nantinya lebih mudah untuk menghapusnya. Dengan begitu, penyimpanan internal perangkat pun tidak mudah penuh.

Oleh sebab itu, apabila Anda mempunyai aplikasi SHAREit jangan lupa untuk memanfaatkan fitur tersembunyi satu ini. Adanya fitur tersebut dapat membantu meringankan dan mengurangi penyimpanan perangkat agar kapasitas penyimpanan lebih lega.

4. Play To

Merupakan fitur untuk menampilkan kumpulan foto di smartphone ke perangkat lain. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu lagi memindahkan foto ke komputer atau laptop. File yang terbaca pun dapat terlihat di layar dengan ukuran lebih besar.

Tentu akan sangat disayangkan jika belum mengetahui fitur tersebut. Pasalnya, jika seseorang menggunakan fitur Play To akan ada banyak waktu yang tidak terbuang sia-sia hanya untuk memindahkan file secara manual ke perangkat lain.

5. Share Zone

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna membuat tempat umum untuk diakses orang lain. Hal ini berarti, orang lain dapat mengakses file yang sudah diunggah oleh pengguna di dalam Share Zone tersebut.

Baca juga : jenis-jenis komponen PC gaming secara umum

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi melakukan proses manual seperti umumnya. Tentu saja langkah-langkah satu ini terbilang sangat simpel dan hemat waktu. Anda hanya perlu membuat Share Zone kemudian pilih file yang ingin dimasukkan ke fitur tersebut agar orang lain dapat mengunduhnya.

6. Group Share

Fitur tersebut memungkinkan pengguna berbagi data ke beberapa perangkat lain secara bersamaan. Tentu saja, Anda tidak perlu lagi menunggu dan mengantri lebih lama ketika ingin mendapatkan kiriman dari perangkat lain. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk memakai fitur Group Share.

Ketika ingin menggunakan fitur tersebut, buat grup terlebih dahulu kemudian undang siapa saja yang memerlukan filenya. Jika sudah saling terhubung, maka file dapat diunggah agar diunduh oleh pengguna lain dalam waktu bersamaan. Tersedia juga fitur chat untuk berkomunikasi antar anggota grup.

7. Web Share

Merupakan fitur berbagi file tanpa perlu melakukan instalasi. Dengan memanfaatkannya, maka penerima tidak perlu lagi mengunduh aplikasi SHAREit pada perangkat mereka. Cara ini sendiri sangat cocok diterapkan ketika ingin berbagi ke PC atau komputer.

Hanya saja, untuk dapat tersambung ke PC/komputer pastikan aplikasi SHAREit yang ingin disambungkan sudah memiliki versi v4.0. Jika belum memiliki versi tersebut termasuk versi di bawahnya, maka fitur Web Share mungkin belum dapat digunakan.

8. CLEANit

Merupakan fitur untuk mendeteksi perangkat apakah terdapat file sampah di dalamnya. Mulai dari file sampah yang terbawa oleh iklan, file aplikasi setelah mengunduh game, folder kosong, dan masih banyak lagi. Beberapa file tersebut jika dibiarkan saja tentu akan menyebabkan penyimpanan menjadi penuh.

Baca juga : tips cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan fitur satu ini agar perangkat dapat terbebas dari file sampah. Jika menggunakannya, perangkat yang dipakai juga akan lebih lega sehingga tidak mudah terjadi hang atau macet secara tiba-tiba.

Penutup

Dari beberapa fitur tersembunyi SHAREit di atas, manakah yang sudah Anda gunakan? Beberapa fitur memang belum banyak diketahui. Setelah mengetahuinya, maka maksimalkan penggunaan aplikasi tersebut karena ada banyak kemudahan dan kepraktisan untuk penggunanya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.