Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 8 Jenis Komponen PC Gaming Secara Umum

2 min read

Jenis Komponen PC Gaming

Bagi pecinta gaming, tentu sangat penting untuk memiliki beberapa komponen PC gaming. Nantinya, komponen akan membantu PC agar lebih maksimal saat digunakan. Terlebih, jika ingin memainkan game berat dengan kualitas gambar yang tajam.

Baca juga : cara membuat virus trojan sederhana

Tentu ada banyak komponen yang wajib untuk dipersiapkan untuk menikmati permainan tersebut. PC yang sudah dirakit dengan maksimal tentu akan memberikan pengalaman tersendiri kepada setiap penggunanya. Oleh sebab itu, ketahui dahulu apa saja jenis komponen yang wajib digunakan tersebut.

Jenis-jenis Komponen PC Gaming

Ketika ingin bermain game, tentu akan kurang nyaman rasanya jika perangkat yang dimiliki tidak terdukung dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan komponen khusus gaming agar PC yang dimiliki dapat memberikan pengalaman terbaik saat bermain game. Berikut jenis komponennya:

1. CPU

Apabila Anda ingin menggunakan PC untuk bermain game, maka pastikan memakai CPU yang cerdas. Dengan begitu, perangkat tidak akan berjalan dengan lemot ataupun mudah mengalami kendala. Untuk memilih CPU sendiri pastikan mempertimbangkan berapakah GHznya.

Setelah itu, pertimbangkan juga jumlah CORE dari PC tersebut agar dapat mendukung permainan game dengan baik. Untuk variasi CPU sendiri pastikan memilih yang sesuai biaya. Rekomendasi CPU terbaik yang bisa digunakan adalah dari AMD ataupun Intel.

2. Motherboard

Selain CPU, Anda juga perlu menyiapkan motherboard pada PC. Ketika ingin membelinya sendiri penting untuk mencocokkan socket terlebih dahulu antara motherboard dengan CPU yang ingin digunakan. Pasalnya, setiap socket memiliki jenis yang berbeda-beda.

Baca juga : cara mengatasi gambar blank pada wordpress

Jika sudah melakukan pencocokan socket, maka pastikan untuk jauh lebih jeli mengenai socket RAM yang dipakai. Apabila masih bingung dalam memilihnya, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung dengan penjual yang jauh lebih berpengalaman mengenai perangkat khusus gaming.

3. GPU

Selain CPU dan Motherboard, GPU termasuk salah satu komponen yang wajib dipertimbangkan. Salah satu produk GPU yang cukup terkenal saat ini adalah AMD Radeon dan Nvidia. Kedua produk tersebut bahkan sudah menjadi saingan yang cukup berat satu sama lain.

Pengguna dapat memilih salah satu diantaranya untuk mendapatkan kartu grafis yang sangat berkualitas. Agar nantinya para gamers dapat melihat dengan tampilan yang lebih jelas terutama saat game berlangsung. Hal ini tidak lain karena GPU memang berfungsi untuk memberikan kualitas gambar.

4. VGA

VGA atau Video Graphic Adapter merupakan salah satu komponen yang wajib ada dalam PC gaming. Apa saja fungsi dari komponen tersebut? Anda bisa memanfaatkan VGA untuk mengolah data grafis sehingga layar monitor pada laptop atau PC dapat tampil dengan baik.

Umumnya, keberadaan VGA juga sangat penting untuk memproses desain grafis atau memainkan sebuah game. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menggunakannya dalam keadaan bekas. Pasalnya, hal tersebut hanya akan membuat gambar sulit untuk tampil dengan maksimal.

5. RAM

Komponen lain yang tidak kalah penting untuk Anda gunakan saat ingin bermain game adalah RAM. Keberadaan RAM tersebut akan memudahkan pengguna untuk menjadikan game lebih lancar ketika dijalankan tanpa adanya lag atau patah-patah yang sering dialami oleh para gamers.

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis jaringan nirkabel

Oleh sebab itu, pastikan komputer Anda menyediakan RAM dengan kapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut terbilang sudah sangat cukup bagus untuk membantu melancarkan aktivitas main game. Selain itu, pertimbangkan juga kecepatan frekuensi dari RAM yang digunakan tersebut.

6. PSU

Komponen lain yang tidak boleh terlewatkan adalah PSU. Komponen yang satu ini memiliki beberapa kapasitas yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing. Mulai dari kapasitas 300 Watt sampai dengan 1000 Watt. Untuk menentukannya sendiri tidak boleh asal-asalan.

Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu berapakah konsumsi Watt yang diperlukan oleh setiap komponen PC gaming sebelumnya. Termasuk GPU, CPU, RAM, Cooler, SSD, dan lain sebagainya. Dari situlah Anda bisa menentukan kapasitas PSU yang diperlukan untuk perangkat.

7. Cooler

Komponen lain yang wajib untuk Anda gunakan adalah cooler atau pendingin. Saat bermain game sendiri umumnya CPU serta GPU bekerja dengan maksimal. Hal tersebut dilakukan agar nantinya dapat menghasilkan gambar di layar dengan kualitas yang bagus.

Oleh sebab itu, tidak heran jika terjadi panas pada perangkat. Terlebih apabila tidak disertai cooler. Keberadaan cooler akan menjadikan komponen-komponen lain yang ada disekitarnya menjadi jauh lebih awet. Umumnya cooler ini dapat berupa water cooling yang harganya cukup tinggi.

8. SSD

SSD atau Solid State Disk merupakan salah satu kebutuhan gaming yang wajib dimiliki. Anda bisa memakai komponen tersebut dengan kapasitas 240 GB untuk lokasi operating system. Jika tidak, gunakan SSD dengan kapasitas 120 GB untuk harga yang lebih murah.

Baca juga : kelebihan harddisk internal dan eksternal

SSD tersebut mempunyai kecepatan baca/tulis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hardisk. Hal itulah yang menjadikan game dapat berjalan jauh lebih lancar. Hanya saja, Anda memang perlu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk membeli komponen tersebut.

Penutup

Itu dia beberapa informasi mengenai komponen PC gaming yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk melengkapi komputer Anda dengan beberapa komponen yang sudah disebutkan di atas. Hal ini agar performa perangkat yang digunakan untuk bermain game jauh lebih maksimal.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “Mengenal 8 Jenis Komponen PC Gaming Secara Umum”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.