Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Jaringan Nirkabel: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaatnya

2 min read

Pengertian Jaringan Nirkabel

Perkembangan teknologi menuntut masyarakat untuk bisa beradaptasi. Misalnya saja dengan adanya jaringan nirkabel yang dapat digunakan untuk memudahkan berbagai urusan. Nah, di pembahasan ini saya akan membahas seputar pengertian jaringan nirkabel beserta jenis-jenisnya yang sering digunakan saat ini.

Pengertian Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel atau biasa disebut dengan wireless merupakan jenis jaringan yang dalam proses transmisi data tidak menggunakan kabel. Jaringan nirkabel secara fungsional merupakan suatu teknologi yang saling bertukar data antar dua perangkat tanpa menggunakan kabel.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan local area network (LAN)

Dalam prosesnya jaringan nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik seperti mikro, gelombang radio dan infra merah. Jadi, jaringan nirkabel akan lebih mudah untuk melakukan proses transfer data ke perangkat lainnya.

Perlu diketahui juga jika jaringan nirkabel ini mempunyai jarak jangkauan yang berbeda-beda. Ada yang bisa mencapai jaringan yang lebih luas atau lebih kecil. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis-jenis jaringannya. Umumnya contoh penggunaan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth.

Jenis Jaringan Nirkabel

Setelah mengetahui pengertian dari jaringan nirkabel, tak lengkap jika tidak mengetahui jenis-jenisnya. Hingga kini, ada empat jenis wireless yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti WPAN, WLAN, WMAN dan WWAN.

1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

WPAN merupakan jenis jaringan nirkabel dengan area personal dan bisa terhubung pada berbagai koneksi nirkabel. Salah satu contoh dari jaringan ini yaitu Bluetooth. Sesuai dengan namanya jaringan ini penggunaannya hanya sebatas individu seperti untuk menghubungkan antara smartwatch dengan ponsel.

Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan WPAN yaitu dapat menyediakan komunikasi yang lebih konsisten dan terjadi pada dua perangkat. Jaringan ini juga dapat meminimalisir data dibagikan ke luar jaringan. Adapun contoh perangkat WPAN meliputi ponsel, laptop, PDA, printer dan perangkat audio.

2. WLAN (Wireless Local Area Network)

Adapun jenis jaringan nirkabel selanjutnya yaitu WLAN. Sesuai dengan namanya, jaringan ini dapat digunakan dengan jangkauan yang cukup luas hingga 2 km. Biasanya penggunaannya pada kantor, sehingga bisa menghubungkan lebih dari 2 perangkat sekaligus.

Baca juga : pengertian dan fungsi PAN (Personal Area Network)

Kekurangan dari penggunaan jaringan ini mudah untuk diretas. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir pada saat pembuatan awal untuk dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membatasi pengguna-pengguna tertentu serta menggunakan izin untuk akses.

3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)

Membahas mengenai pengertian dan jenis jaringan nirkabel, tak lengkap jika tidak mengetahui WMAN. Sesuai dengan namanya, jaringan ini dapat digunakan untuk menjangkau area tertentu atau sebuah kota. Keunggulannya dapat melakukan pengiriman data dengan layanan broadband wireless access.

WMAN juga merupakan teknologi dengan standar IEEE 802.16d. Standar tersebut dapat digunakan pada fixed WiMAX pada frekuensi 2 – 11 GHz. Keunggulan dari jenis jaringan nirkabel ini dapat memberikan kecepatan koneksi yang lebih tinggi. Sedangkan untuk jarak jangkaunya mencapai 8 km.

4. WWAN (Wireless Wide Area Network)

Jenis jaringan nirkabel yang terakhir yaitu WWAN. Sesuai dengan namanya jaringan ini mempunyai banyak keunggulan, diantaranya dapat menjangkau area yang lebih luas hingga satu negara. Perlu diketahui Jika jaringan ini menggunakan teknologi satelit dengan berbagai kecepatan.

Penggunaan jaringan ini juga bisa digunakan pada berbagai perangkat dengan daya pancar yang lebih tinggi. Biasanya digunakan pada menara menara telekomunikasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan satu Kota hingga satu negara.

Manfaat menggunakan Jaringan Nirkabel

Meskipun jaringan nirkabel atau wireless mempunyai berbagai jenis, tetapi secara garis besarnya manfaat penggunaannya terbilang sama.

Baca juga : pengertian dan fungsi transmisi jaringan

Mengingat penggunaannya tidak menggunakan kabel, tentu keunggulan yang dimiliki lebih banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini manfaat-manfaatnya, diantaranya yaitu:

  • Lebih praktis dalam penggunaannya, dikarenakan hanya perlu menyediakan alat pemancar.
  • Jaringan nirkabel mempunyai akses dari mana saja, sehingga dapat menghubungkan berbagai perangkat selama masih bisa mendapatkan sinyal.
  • Mendukung banyak perangkat tidak hanya komputer saja, tetapi juga bisa digunakan untuk semua smartphone.
  • Jaringan nirkabel mudah untuk diperluas, sehingga penggunaannya akan sangat menguntungkan.
  • Dapat meningkatkan produktivitas dalam sebuah perusahaan, karena dapat terhubung pada semua komputer.
  • Keamanan jaringan nirkabel juga lebih ketat, apalagi tersedia berbagai fitur keamanan untuk menjaga data. Terutama data-data pribadi pada sebuah perusahaan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan jenis jaringan nirkabel yang biasa digunakan sehari-hari. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan jika manfaat adanya jaringan nirkabel cukup banyak dan sangat menguntungkan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.