Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 8 Macam Search Engine Masa Kini dan Gratis

2 min read

Macam-macam Search Engine Masa Kini

Pada era teknologi seperti saat ini, search engine menjadi salah satu program penting dalam kehidupan setiap orang. Terlebih, ada banyak macam-macam search engine yang dapat digunakan siapa saja secara gratis. Mulai dari Google, Yahoo, Yandex, Bing, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga : jenis komponen PC gaming secara umum

Namun, hampir semua orang hanya mengenal Google saja. Sebab, platform itu memang cukup familiar di telinga para pengguna internet. Oleh karena itu, ada baiknya Anda pun mencari referensi lain selain Google agar lebih banyak informasi yang didapatkan.

Macam-macam Search Engine Masa Kini

Search engine atau halaman pencarian merupakan salah satu program komputer yang dibuat secara khusus untuk mencari berkas-berkas dalam sebuah website. Saat ini sendiri, sudah ada banyak macam-macam halaman pencarian tersebut. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Google

Merupakan search engine terbesar yang saat ini digunakan secara global. Mesin pencari tersebut berbasis di Mountain View, California tepatnya di Amerika Serikat.Perusahaan tersebut bahkan menerima trafik jutaan setiap harinya dari berbagai belahan dunia.

Tidak heran jika ada banyak produk unggulan yang dihasilkan dari perusahaan tersebut saat ini. Mulai dari Google Adsense, Google Adwords, Youtube, hingga Gmail. Tidak hanya sampai disitu, perusahaan besar dan populer ini juga berhasil membuat sistem operasi Android.

2. Yandex

Macam search engine lain yang dapat digunakan saat ini adalah Yandex. Merupakan halaman pencarian untuk hasil penelusuran dengan bahasa Rusia. Tidak heran jika halaman pencarian tersebut terbilang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email marketing

Akan tetapi, Yandex mempunyai trafik penelusuran yang cukup lumayan. Tentu tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan search engine tersebut. Caranya adalah dengan langsung mengunjungi situs Yandex.ru. Kemudian, dapatkanlah pengalaman baru saat melakukan pencarian halaman.

3. Bing

Termasuk salah satu halaman pencarian terbesar kedua setelah Google. Search engine dari Microsoft tersebut berhasil menguasai total pencarian di internet sebanyak 20%. Tentu jumlah tersebut terbilang cukup besar mengingat penelusurannya juga masih bertahan sampai saat ini.

Mesin pencari satu ini juga menyediakan berbagai fitur untuk penggunanya. Salah satu fitur yang paling menarik adalah pencarian visual Bing. Saat memakainya, pengguna dapat mengambil foto untuk mencari apa saja di search engine tersebut. Jadi, apakah tertarik menggunakannya?

4. Baidu

Search engine satu ini termasuk yang paling mendominasi di China. Tidak heran jika menjadi mesin pencarian halaman terbesar di negara tersebut. Baidu sendiri merupakan salah satu perusahaan raksasa buatan China dalam bidang layanan internet dan kecerdasan buatan.

Hal itulah yang membuatnya menjadi kurang berpengaruh jika berada di luar China. Negara satu ini sendiri mempunyai operasi sensor online tercanggih dan terbesar di dunia. Bahkan, perusahaan seperti Google pun perlu mematuhi undang-undang dan peraturan sensor dahulu jika ingin masuk ke pasar mereka.

5. Ask

Search engine Ask berdiri pada tahun 1996 di California. Pendiri halaman pencarian tersebut adalah Garrett Gruener dan David Warthen dengan nama adalah Ask Jeeves saat itu. Halaman pencarian satu ini sendiri awal mulanya hanya berupa layanan tanya jawab seperti pratamu visual.

Baca juga : rekomendasi daftar platform blog terbaik masa kini

Seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut menghapus Jeeves dari namanya. Tepatnya pada tahun 2006 sehingga berganti nama menjadi Ask saja. Apabila penasaran mengenai search engine tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya.

6. DuckDuckGo

Apakah Anda pernah mendengar istilah DuckDuckGo? Yakni sebuah privat search engine yang tidak akan menampilkan advertisement dan melacak pengguna di laman pencarian. Tentu saja, hal ini menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan halaman pencarian lain.

Terlebih, saat ini semakin banyak iklan yang sering ditampilkan oleh kebanyakan search engine. Tentu saja, hal tersebut akan menyebabkan seseorang merasa terganggu. Apabila Anda ingin mencoba halaman pencarian dengan minim iklan atau bahkan tanpa iklan, maka coba saja memakai DuckDuckGo.

7. Yahoo!

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kata Yahoo. Terlebih, setiap orang yang sudah lama terjun dalam dunia internet tentu sudah pernah mendengar tentang perusahaan tersebut. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh David Filo dan Jerry Yang tepatnya pada tahun 1994.

Hanya saja, dari waktu ke waktu situs tersebut semakin tersisih. Yahoo! Mail mulai tergantikan oleh Gmail. Sementara Flickr tergantikan oleh Instagram dan Yahoo! Answer tergantikan oleh Quora. Hingga saat ini, halaman pencarian Yahoo! didukung oleh search engine dari Bing Microsoft.

8. AOL

AOL merupakan perusahaan yang memberikan layanan search engine. Berbeda dengan lainnya, perusahaan ini juga memberikan fitur-fitur cukup lengkap kepada penggunanya. Mulai dari AOL Mail, AOL Advertising, hingga AOL Platform.

Baca juga : rekomendasi aplikasi meeting online gratis

Perusahaan ini sendiri masuk ke jajaran halaman pencarian terbaik di dunia. Hal tersebut tidak lain karena penggunaannya yang cukup mudah. Selain itu, AOL juga menyediakan tampilan ramah pengguna atau user friendly. Tentu sangat cocok bagi mereka para pemula di dunia search engine.

Penutup

Itu tadi beberapa macam-macam search engine yang bisa Anda ketahui. Tentu saja setiap halaman pencarian tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih berdasarkan kebutuhan dan kemudahan penggunaan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.