Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing dalam Bisnis

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing

Saat ini email marketing hadir bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produk mereka secara online. Sesuai dengan namanya, ada kegiatan pemasaran tersebut dilakukan memakai email. Tentu, ada banyak kelebihan dan kekurangan email marketing tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wifi wireless

Perlu Anda ketahui juga, bahwa penggunaan email tersebut bersifat personal. Dengan begitu, pastikan untuk memberi perhatian yang jauh lebih intens kepada calon pembeli. Pastikan mereka mendapatkan pelayanan secara nyaman meski harus menawarkan jasa atau produk.

Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing

Ada banyak kelebihan dan kekurangan email marketing yang perlu Anda ketahui. Setiap kelebihan tersebut tentu akan menawarkan kemudahan tersendiri bagi penggunanya, terutama dalam melakukan penawaran.

Kelebihan Email Marketing

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan menggunakan email marketing dalam suatu bisnis yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Sangat Praktis dan Mudah Digunakan

Email marketing sangat mudah dan praktis untuk digunakan daripada media lainnya. Seperti surat pos yang penggunaannya harus memakai jasa perantara. Dengan adanya kelebihan tersebut, maka jangan sampai melewatkannya. Gunakan layanannya untuk mengirim email secara otomatis.

Dengan begitu, calon pelanggan pun dapat dengan mudah menerimanya. Penerimaan pesan tersebut juga cukup cepat karena tidak memerlukan banyak waktu dan tempat sehingga jarang terjadi kendala. Bagi Anda yang belum memakainya, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

2. Lebih Hemat Biaya Promosi

Jika dilihat dari segi biaya, email marketing tergolong sebagai langkah promosi yang paling hemat biayanya. Terlebih apabila Anda membandingkannya dengan media promosi offline. Oleh sebab itu, tidak heran jika sampai saat ini ada banyak pebisnis memakai layanan tersebut.

Baca juga : manfaat jasa pembuatan press release nasional

Pasalnya, akan jauh lebih menghemat biaya ketika memakai email marketing. Tidak hanya itu, pelanggan juga akan memberikan respon yang cukup aktif saat memakai layanan ini. Oleh sebab itu, jangan sampai ragu untuk menggunakannya.

3. Jangkauan Luas

Layanan email marketing memiliki jangkauan luas. Tentu saja, semakin banyak orang yang dapat dijangkau akan semakin besar juga peluang mendapatkan keuntungan. Itulah mengapa sangat penting menggunakan email untuk kegiatan promosi atau pemasaran.

Apabila Anda memakai pemasaran lainnya, maka bisa saja terbatas oleh wilayah dan waktu. Dengan memakai layanan tersebut, maka pengguna dapat menjangkau pelanggan baik dari seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri sekalipun.

4. Bisa Menjadi Bahan Evaluasi Marketing

Apabila menggunakan email untuk pemasaran online, maka tentu akan lebih mudah pula melakukan evaluasi marketing. Hal ini bahkan belum tentu bisa didapatkan ketika memakai layanan pemasaran lainnya. Contohnya saja saat mengirim email kemudian mendapatkan balasan dari pelanggan.

Anda dapat menghitung berapakah perbandingan respon pelanggan atas penawaran jasa atau produk. Dengan begitu, pengguna dapat lebih cepat dan mudah dalam melakukan perbaikan atas kekurangan usaha. Tentu saja cara ini akan sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan usaha.

5. Menjaga Komunikasi Pelanggan

Email marketing termasuk sebagai strategi pemasaran online yang dapat menjaga komunikasi antara penjual dengan pelanggan. Hal ini tidak lain karena sifatnya cukup personal. Dengan begitu, jagalah komunikasi dengan pelanggan memakai email marketing.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan elearning bagi pelajar

Nantinya, customer dapat memperoleh informasi terkini mengenai produk terbaru. Tidak hanya itu, keberadaannya juga dapat menciptakan personal branding tersendiri sehingga orang lain akan lebih mudah mengingat nama brand atau usaha Anda.

Kekurangan Email Marketing

Berikut dibawah ini beberapa kelemahan menggunakan email marketing dalam bisnis yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Memberikan Efek Domino

Tidak banyak yang menyadari bahwa email marketing dapat memberikan efek domino dalam sebuah usaha seseorang. Lantas, apa maksud dari efek domino tersebut? Sebagai contohnya saat mengirimkan email marketing, maka data perusahaan seperti website dapat tercantum di dalamnya.

Berdasarkan data tersebut, tentu akan menjadikan pelanggan semakin penasaran. Oleh sebab itu, secara otomatis mereka dapat mengunjungi website tersebut untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Dengan begitu, traffic website akan lebih mudah mengalami peningkatan.

2. Email Berpotensi Menjadi Spam

Selain beberapa kelebihan di atas, tentu terdapat pula kekurangan saat memakai email marketing. Salah satunya adalah email yang dikirim dapat berpotensi menjadi spam. Terlebih, jika email tersebut cukup mengganggu. Bisa saja Google mengirimkannya ke kotak spam.

Tentu saja, jika hal tersebut sudah terjadi pengguna tidak dapat terbaca oleh penerimanya. Pengguna juga tidak dapat menerimanya secara langsung karena tidak akan masuk ke kotak pesan utama. Tidak heran jika kekurangan tersebut menjadi pertimbangan tersendiri saat seseorang ingin memakainya.

3. Fitur Terbatas

Kekurangan lain dari layanan ini adalah fitur yang masih tergolong terbatas. Apabila membandingkannya dengan metode lain seperti e-commerce ataupun sosial media, maka email marketing termasuk kurang lengkap. Pasalnya, pengguna tidak dapat membuat katalog.

Baca juga : tips cara mendapatkan uang dari instagram

Selain itu, Anda juga tidak dapat memperbarui produk ketika stocknya sudah habis. Penggunaan email sebagai media promosi sendiri saat ini termasuk ketat akan pesaing. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk terus mengikuti tren pemasaran online lainnya juga agar tidak ketinggalan zaman.

Penutup

Itu tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan email marketing. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menggunakannya? Pastikan untuk menyimak dahulu beberapa informasi di atas, agar lebih yakin ketika ingin memakainya untuk aktivitas promosi lebih lanjut.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.