Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Saat Ini

2 min read

Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik

Ketika ingin membuat sebuah website online, Anda tentu perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai daftar platform blog terbaik. Pastikan platform yang dipilih mempunyai fitur terbaik yang mudah digunakan. Seperti fitur komentar, edit teks bawaan, tema dan sebagainya yang pastinya mudah untuk digunakan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan blogger (blogspot)

Selain itu, pilih juga website yang menyediakan template atau kategori pembuatan blog. Agar nantinya, dapat lebih leluasa ketika ingin memilihnya. Saat ini sendiri sudah ada banyak platform yang bisa digunakan. Oleh sebab itu, tidak perlu lagi menunda pembuatan blog/web yang Anda inginkan.

Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik

Seperti yang diketahui, website saat ini sangat diperlukan oleh kebanyakan orang. Terutama bagi mereka yang memiliki bisnis. Apabila Anda ingin mendapatkan pelanggan dengan jangkauan yang lebih banyak, maka usahakan untuk menggunakan website.

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi platform blog gratis dan terbaru yang bisa Anda gunakan dalam membuat website dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Blogspot

Anda bisa menggunakan platform yang satu ini untuk membuat blog atau website. Anda dapat menggunakan CSS, HTML, Liquid Template, atau Markdown Text untuk membuat situs yang sederhana. Adapun kelebihan dari platform ini adalah dapat meminimalisir fitur tambahan.

Dengan begitu, seseorang dapat lebih cepat dalam membuat blog walau hanya hitungan menit saja. Terdapat pula fitur-fitur dasar yang sangat sederhana untuk digunakan. Mulai dari custom layout, post, halaman, hingga kategori konten yang cocok untuk ditayangkan sesuai kebutuhan.

2. WordPress

Siapa yang tidak mengenal platform yang satu ini. WordPress termasuk salah satu platform blogging terbaik yang direkomendasikan. Ketika menggunakan platform tersebut, maka seseorang akan lebih mudah menginstall WordPress hanya dengan beberapa klik saja.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wordpress (self host)

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menginstall ataupun mencari plugin sesuai dengan keinginan. WordPress sendiri termasuk salah satu komunitas platform yang paling besar. Nantinya, pengguna dapat memperoleh learning curve yang sangat sederhana sehingga cukup membantu ketika terjadi error.

3. Joomla

Merupakan salah satu platform blog yang menawarkan CMS terbaik yang mudah dikelola. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menjadi developer hanya untuk membuat website saja. Platform tersebut bersifat juga open-source sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

Joomla sendiri sangat cocok untuk mengembangkan dan mengelola website. Hal ini tidak lain karena adanya banyak kelebihan yang ditawarkan. Seperti tersedia banyak pengaturan bawaan, user friendly, serta terdapat layanan bantuan lewat artikel dan tutorial secara lengkap.

4. Drupal

Platform yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan karena sudah menawarkan performa tercepat dan terbaik. Drupal sendiri sudah tersedia dengan berbagai fitur lengkap. Tentu akan sangat cocok untuk membuat website yang profesional. Akan ada banyak keunggulan lain yang bisa diperoleh nantinya.

Didalamnya terdapat ribuan plugin maupun template yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat tema website. Tersedia pula akses keamanan serta performa yang enterprise-level. Jika dibandingkan dengan platform lain, Drupal terbilang cukup mudah dalam mengatur tata letak website.

5. SilverStripe

Apakah Anda memerlukan platform yang mudah digunakan? Jika iya, maka SilverStripe adalah pilihan lengkapnya. Platform tersebut memang tidak terlalu mencolok apabila dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi, masih ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh setiap penggunanya.

Baca juga : jasa backlink media nasional Indonesia

Anda bisa mendapatkan opsi SEO bawaan, fitur laporan error bawaan, serta tersedia tampilan pratinjau dari postingan blog. Tentu saja, sangat cocok jika digunakan oleh para pemula dalam dunia blogging. Terdapat pula fitur akses untuk melakukan manajemen konten agar powerfull.

6. Pyro

Termasuk sebagai platform yang memang belum banyak digunakan. Pyro sendiri memiliki basis Laravel yang cocok bagi para developer. Saat menggunakannya, Anda akan mendapatkan sistem tata letak atau layout dengan basis grid. Pengguna juga mempunyai kontrol penuh terhadap tampilan postingan.

Platform yang satu ini sendiri mempunyai tampilan dashboard yang modern. Anda juga akan memperoleh kontrol penuh atas setiap layout halaman yang digunakan. Tentu sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang menginginkan untuk membuat blog secara sederhana ataupun kompleks.

7. Medium

Termasuk sebagai platform blogging alternatif. Medium ini sendiri sangat cocok untuk jurnalis, penulis, ataupun para ahli. Pengguna dapat membagikan artikel-artikel mereka dalam bentuk esai ataupun opini. Hanya saja platform blog tersebut menolak semua jenis promosi atau iklan produk.

Apabila ingin menghasilkan uang menggunakan Medium, maka Anda bisa langsung bergabung dengan Medium Partner Program. Nantinya, program tersebut akan memberikan insentif kepada penulis yang uangnya berasal dari biaya langganan pembaca.

8. Textpattern

Merupakan CMS blog yang terbilang sangat sederhana dibandingkan yang lainnya. Pasalnya, tidak akan ada visual editor di dalamnya. Pengguna juga dapat memakainya dengan sangat ringan. Tentu akan sangat cocok untuk pemula sekalipun.

Baca juga : jasa centang biru instagram murah dan bergaransi

Pengguna juga akan lebih mudah untuk memakai CSS, HTML, JavaScript, ataupun tag bawaan ketika ingin membuat web. Hanya saja, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman dan dasar-dasar pengembangan web agar dapat lebih mudah dalam melakukan format teks.

Penutup

Apabila Anda ingin membuat sebuah blog atau website, baik itu untuk keperluan pribadi atau bisnis maka pastikan untuk tidak melewatkan daftar platform blog terbaik di atas. Setiap platform tersebut sudah menawarkan kelebihannya masing-masing sehingga tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.