Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Gratis Masa Kini

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Gratis

Tahukah Anda bahwa saat ini ada banyak aplikasi meeting online gratis? Tentu saja, sangat cocok bagi mereka yang ingin melakukan video conference dengan aman dan praktis tanpa tambahan biaya apapun. Terlebih, saat ini kebutuhan akan penggunaan aplikasi meeting semakin meningkat.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan client server

Tidak heran jika sangat penting untuk mengetahui beberapa jenis aplikasi meeting online agar bisa memilih, salah satu diantaranya yang paling efektif untuk digunakan sesuai kebutuhan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk keperluan presentasi bisnis atau kebutuhan pekerjaan lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Gratis

Aplikasi online meeting saat ini ada banyak jenisnya. Anda bisa mengunduhnya langsung di Google Playstore apabila ingin menggunakannya. Dengan begitu, aktivitas meeting secara online dapat dilakukan dengan mudah, praktis, efektif, dan pastinya cepat.

Berikut dibawah ini beberapa pilihan aplikasi meeting online terbaru yang dapat Anda gunakan secara gratis di berbagai perangkat, diantaranya yaitu:

1. Zoom

Salah satu aplikasi meeting paling populer dan banyak digunakan saat ini adalah Zoom. Aplikasi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan rapat secara online dengan cara yang mudah dan praktis. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menampilkan presentasi di layar.

Selain itu, ada banyak fitur lain yang ditawarkan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Mulai dari fitur chat, raise hand, voice note, camera, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pengguna bisa langsung mengunjungi tautan Zoom yang diberikan oleh pembuat acara agar dapat langsung masuk ke acara meeting.

2. Skype

Merupakan salah satu aplikasi percakapan basis suara dan video. Aplikasi karya Microsoft yang satu ini juga tidak kalah populer penggunaanya untuk mengadakan rapat secara online. Anda bahkan dapat memakainya dalam bentuk aplikasi ataupun versi web sesuai kebutuhan.

Baca juga : manfaat dan pengertian jaringan nirkabel

Ketika membuat acara, pengguna dapat mengundang pengguna lainnya. Selain itu, pembuat acara juga bisa memilih nama kontak atau nomor telepon pengguna lain agar memasuki rapat online. Adapun yang menjadi kelebihannya adalah tidak perlu repot install aplikasi karena Anda bisa mengaksesnya via website.

3. Google Meet

Siapa yang tidak mengenal Google Meet? Aplikasi meeting yang satu ini tentu sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut dibuat oleh Google dan dapat digunakan oleh setiap orang yang memerlukannya tanpa ada tambahan biaya apapun.

Tidak terdapat pula batasan waktu untuk menggunakannya. Akan tetapi, terdapat partisipan meeting yang dibatasi karena hanya dapat menampung 100 orang saja. Untuk memulai meeting sendiri perlu membuat room yang baru karena tidak dapat lagi memakai link lama.

4. Facetime

Anda mungkin masih cukup asing dengan aplikasi meeting satu ini. Akan tetapi, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk berbagai perangkat. Termasuk iPad, iPhone, Pod Touch, dan masih banyak lagi. Facetime sendiri dapat menampung hingga 32 orang dalam satu ruang meeting.

Tersedia fitur kamera belakang atau depan yang dapat tampil untuk memperlihatkan objek kepada peserta lainnya dalam grup meeting. Tentu saja, aplikasi ini sangat membantu bagi siapa saja yang memerlukannya. Bagi Anda pengguna perangkat Apple, maka tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

5. Cisco Webex

Merupakan salah satu aplikasi yang dapat melakukan panggilan video dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Tersedia juga paket langganan yang menawarkan fitur lengkap kepada pengguna. Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah screen sharing.

Baca juga : daftar platform blog terbaik dan gratis

Terdapat pula dukungan Google Assistant serta Google Home Hub, fitur merekam percakapan meeting, hingga fitur unggah dokumen. Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini baik itu di perangkat Android maupun iOS sesuai dengan keperluan.

6. Blue Jeans

Merupakan aplikasi video conference yang menawarkan beberapa keunggulan menarik. Mulai dari dukungan audio yang jauh lebih berkualitas. Terdapat pula fitur visual yang sangat kompleks dan utuh. Anda bahkan dapat menikmati fitur tersebut tanpa tambahan biaya apapun.

Tidak hanya itu, jumlah waktu penggunaannya pun terbilang tidak terbatas. Akan tetapi, partisipan setiap meetingnya memiliki jumlah batasan yakni hanya 50 orang saja. Jika ingin mengadakan acara meeting menggunakan Blue Jeans untuk partisipan lebih dari angka tersebut maka gunakan paket premium.

7. Awor

Aplikasi meeting satu ini sangat cocok bagi para pebisnis. Pengguna Awor juga akan mendapatkan berbagai fasilitas penting sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakannya ketika mengadakan video conference. Lantas apa saja fitur lain yang disediakan?

Mulai dari management meeting, management anggota, audio dan video control, live chat room, screen sharing, hingga recording. Apabila Anda ingin mendapatkan privat aplikasi video dengan pengamanan ganda, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi satu ini.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi meeting online gratis. Tentu saja, saat ini setiap orang semakin mudah untuk mengadakan acara meeting kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membayar tambahan biaya apapun. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memanfaatkan salah satu aplikasi tersebut.

Baca juga : rekomendasi software chatting terbaik

Akhir kata, demikianlah pembahasan seputar rekomendasi program meeting terbaru yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan gratis. Cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.