Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Kelebihan dan Kekurangan Client Server pada Jaringan

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Client Server

Jaringan komputer hadir dengan berbagai model. Tentunya setiap modelnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti halnya kelebihan dan kekurangan Client Server yang penting untuk diketahui sebelum menggunakannya.

Baca juga : penyebab error request time out (RTO)

Singkatnya, Client Server merupakan jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer client. Keuntungan menggunakannya dapat mempercepat arus informasi yang diinginkan. Lebih jelasnya pembahasan mengenai Client Server, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Jaringan Client Server

Perlu diketahui client-server merupakan jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer client. Biasanya jaringan ini terdiri dari satu komputer untuk server dan beberapa komputer lainnya sebagai client.

Komputer server di sini mempunyai tugas tersendiri yaitu menyediakan sumber daya data yang dapat digunakan pada komputer client. Sedangkan tugas dari komputer client menggunakan sumber daya data yang sudah diberikan oleh komputer server.

Kelebihan Client Server

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan client server pada jaringan komputer yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Memiliki Arus Informasi Lebih Kuat

Kelebihan penggunaan jaringan client-server yaitu arus informasi yang diinginkan kisah lebih kuat dan cepat. Sekalipun komputer client banyak yang terhubung pada komputer server, semua request informasi akan diproses secara bersamaan.

Hal tersebut tentu akan membantu komputer client untuk menambah efektifitas waktu. Bahkan, user juga lebih cepat dalam melakukan akses informasi yang dibutuhkan. Inilah kenapa penggunaan jaringan client server saat ini banyak diterapkan.

2. Keamanan Lebih Tinggi

Perlu diketahui jika komputer client bertugas untuk menggunakan daya data yang diberikan oleh komputer server. Selain itu, komputer client juga hanya dapat mengirimkan request atau permintaan kepada komputer server. Dengan begitu tentunya komunikasi terjadi hanya antara dua jaringan komputer.

Baca juga : cara mengatur bandwidth wifi repeater tenda

Hubungan yang terjalin antara keduanya dapat menjaga keamanan data. Namun, berbeda lagi Jika jaringan client server yang digunakan tidak dilengkapi dengan keamanan yang kuat, tidak menutup kemungkinan terjadinya serangan dari MITM atau Man in the middle attack.

3. Sistem Backup Data Lebih Baik

Sistem backup data menggunakan client server lebih baik. Mengingat sistem backup data dilakukan oleh server secara terpusat. Tentunya komputer server di sini dapat melakukan backup data secara keseluruhan yang terhubung.

Fungsi lain dari client server yaitu dapat digunakan sebagai penyimpanan data yang lebih aman. Dari kelebihan tersebut tak heran jika saat ini client server lebih banyak digunakan dibandingkan dengan jaringan komputer lainnya.

4. Memegang Penuh Data

Komputer server bertugas memegang penuh data yang dibutuhkan oleh komputer client. Dengan hanya terjadinya hubungan antara kedua perangkat, maka data akan lebih aman. Selain itu, komputer server juga menjadi pusat cadangan data.

Dengan kelebihan tersebut tentunya tidak akan mudah kehilangan data atau kerusakan pada bagian hard disk. Belum lagi perawatan jaringan server client cukup mudah. Mengingat saat ini juga tersedia fitur akses jarak jauh.
Kekurangan jaringan client server

Kekurangan Client Server

Adapun kelebihan dan kekurangan client server memang sudah jelas. Meskipun jika keduanya dibandingkan lebih banyak kelebihannya, tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja kekurangannya.

Berikut dibawah ini beberapa kelemahan client server ketika di terapkan pada topologi jaringan komputer, diantaranya yaitu:

1. Memiliki Biaya Operasional yang Cukup Mahal

Beragam kelebihan yang dimiliki tak heran jika client server membutuhkan biaya operasional yang cukup mahal. Perbedaan harga tersebut juga sangat jauh dari jaringan peer to peer yang harganya cenderung lebih terjangkau.

Pada saat membangun jaringan client server, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Mengingat keamanan data menjadi fokus utamanya, sehingga harus dilakukan oleh teknisi IT yang profesional. Teknisi inilah yang dapat melakukan update dan melayani di bidang server.

2. Sangat Bergantung pada Server

Kekurangan yang dimaksudkan ini adalah pada saat komputer server terjadi trouble atau permasalahan, maka semua koneksi jaringan yang terhubung akan mati. Mengingat komputer server merupakan pusat dari semua jaringan, sehingga apapun yang terjadi akan berpengaruh.

Baca juga : rekomendasi topologi jaringan yang paling bagus

Kelemahan inilah yang cukup ditakuti oleh sebagian banyak pengguna. Jadi, pastikan dalam membangun jaringan client server memperhatikan keamanan dan risiko lainnya.

3. Membutuhkan Komputer dengan Spesifikasi Cukup Tinggi

Adapun kekurangan lain dari penggunaan client server yaitu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Hal tersebut benar adanya agar komputer server dapat melayani semua koneksi komputer client yang terhubung.

Sebaliknya jika komputer server yang digunakan spesifikasinya rendah, tidak menutup kemungkinan akan terjadi down dan membuat komputer client lambat dan tidak dapat mengakses apapun.

Penutup

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan client server yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakannya. Meskipun begitu, kelebihan yang dimiliki lebih besar dibandingkan kekurangannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.