Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Latihan Soal CPNS Online dan Materi Pentingnya

2 min read

Latihan Soal CPNS Online

Tes CPNS sudah ditunggu oleh banyak orang. Tak heran jika banyak yang mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mencoba latihan soal CPNS online sesering mungkin. Selain itu, bagi peserta tes CPNS, ketahui juga tips-tips serta materi yang diujikan.

Baca juga : tugas pokok dan fungsi operator sekolah

Adapun beberapa materi yang dimaksudkan meliputi TWK, TIU dan TKP. Tentu saja materi yang akan diujikan cukup banyak, sehingga jauh-jauh hari harus dipersiapkan dengan baik. Inilah kenapa berlatih soal sangat diperlukan.

Tips Latihan Soal CPNS Online

Seperti yang diketahui pekerjaan PNS cukup diminati saat ini. Jadi, jika tidak dipersiapkan dengan baik, kemungkinan peluang lolos semakin sempit. Jadi, Anda harus menerapkan tips-tips berikut ini.

1. Sering Berlatih Soal

Apapun ujian yang dilaksanakan, jika tidak berlatih sesering mungkin, maka saat melaksanakan ujian akan merasa kesulitan. Mengingat nantinya soal CPNS cukup banyak yang akan diujikan, cobalah untuk mempelajari beberapa soal ujian CPNS dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya pola soal antara ujian CPNS sekarang dan tahun-tahun yang lalu tidak jauh berbeda. Intinya semakin sering anda Berlatih mengerjakan soal, maka akan lebih cepat untuk memecahkan soal yang akan diujikan nantinya.

2. Baca Soal Dengan Teliti

Adapun tips selanjutnya yang harus diterapkan dalam latihan soal CPNS yaitu membaca soal dengan teliti. Pasalnya ada beberapa soal yang dapat mengecoh pemahaman. Jadi, jika tidak teliti, bisa-bisa salah menjawab.

Pastikan setiap mengerjakan soal tidak dilakukan secara terburu-buru. Tipsnya saat mengerjakan soal tersebut jangan terfokus kapan akan selesai, tetapi fokus pada apa yang harus dijawab.

3. Manajemen Waktu

Tak kalah penting untuk Anda perhatikan saat mengisi soal pada ujian CPNS yaitu manajemen waktu yang tepat. Jadi Anda harus mengatur maksimal batas waktu ketika menjawab 1 soal. Jika tidak, mungkin anda hanya terfokus pada ada 1 soal saja dan membutuhkan waktu yang lama.

4. Jawab Soal yang Paling Mudah Dahulu

Tips selanjutnya pastikan terlebih dahulu anda menjawab soal yang paling mudah. Tips ini sangatlah tepat agar pengaturan waktu bisa tertata dengan baik. Jadi, dengan begitu Anda tidak akan kehabisan waktu untuk menjawab semua soalnya.

Baca juga : tips cara memperjuangkan beasiswa luar negeri

Jika Anda menjumpai soal yang sulit, cobalah untuk beralih mengerjakan soal lainnya yang mudah. Nantinya, soal yang sulit tersebut dapat dikerjakan paling akhir. Jadi, pastikan hal ini diterapkan saat ujian.

Memahami Materi pada Soal CPNS

Selain mengetahui tips latihan soal CPNS online, penting juga untuk mengetahui apa saja materi yang akan diujikan. Adapun materi-materi yang di maksud seperti TWK, TIU dan TKP. Lebih jelasnya mengenai materi-materi tersebut, simak penjelasan ini.

1. Materi Soal TWK

Materi soal TWK meliputi beberapa hal seperti Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia. Sebagaimana berikut penjelasannya.

  • Nasionalisme : materi soal yang berhubungan dengan kepentingan nasional melalui tujuan dan cita-cita yang sama yaitu mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas : menjunjung tinggi komitmen, kejujuran, konsistensi dan ketangguhan dalam kesatuan sikap agar dapat mencapai tujuan nasional.
    • Bela Negara : siap berperan untuk mempertahankan eksistensi bangsa.
    • Pilar Negara : dapat membentuk karakter yang positif dari nilai-nilai Pancasila, UUD 1944, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
  • • Bahasa Indonesia : mampu menguasai dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

2. Materi Soal TIU

Adapun materi soal TIU meliputi materi verbal, Numerik dan Figural. Lebih jelasnya berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Verbal

Materi Verbal meliputi Analogi, Silogisme dan Analitis. Analog untuk mengetahui kemampuan individu peserta dalam menalar perbandingan dua konsep kata. Sedangkan Silogisme untuk mengukur kemampuan individu dalam membuat kesimpulan.

Analitis merupakan soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam menganalisis informasi yang sudah diberikan. Setelah itu peserta didik harus bisa menarik kesimpulan.

  • Numerik

Soal Numerik meliputi beberapa hal seperti berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita. Berhitung disini untuk mengukur kemampuan dalam perhitungan sederhana. Deret angka untuk mengetahui kemampuan dalam melihat pola hubungan angka.

Sedangkan perbandingan kuantitatif untuk mengukur kemampuan peserta dalam menarik kesimpulan yang diambil dari dua data kuantitatif. Selain itu, soal cerita untuk mengukur kemampuan dalam analisis kuantitatif.

  • Figural

Materi figural meliputi analogi, ketidaksamaan dan serial. Analogi digunakan untuk mengetahui kemampuan bernalar, ketidaksamaan digunakan untuk mengetahui kemampuan dalam melihat perbedaan dan serial digunakan untuk mengetahui kemampuan melihat pola hubungan.

3. Materi Soal TKP

Adapun materi publik meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya dan TIK. Pelayanan publik yang dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan yang ramah dalam bekerja. Sedangkan jejaring kerja untuk mengetahui kemampuan dalam membina hubungan.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit foto retro terbaru

Sosial budaya untuk mengetahui kemampuan dalam beradaptasi dan TIK untuk mengetahui kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Sedangkan profesionalisme untuk mengetahui bagaimana dalam pelaksanaan tugas. Materi lainnya mengenai anti radikalisme

Penutup

Itulah beberapa tips latihan soal CPNS online dan materi-materi yang diujikan. Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti ujian CPNS, pastikan menerapkan tips-tips tersebut. Semoga berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.