Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar dan Suara untuk Android

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar dan Suara

Banyaknya tipe gawai yang ada dipasaran membuat beberapa di antaranya belum mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Aplikasi perekam layar dan suara biasanya digunakan untuk tipe-tipe tanpa bawaan dari sana nya sehingga harus mengunduhnya secara mandiri dengan fungsi sama.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan press release media nasional

Jadi fungsi sebenarnya dari aplikasi ini adalah merekam tampilan layar, biasanya digunakan untuk memperlihatkan tutorial cara penggunaan teknologi saat ini. Jika pada ponsel, kadang bisa juga digunakan merekam percakapan dalam media sosial atau video yang tidak bisa diunduh.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar dan Suara

Berikut dibawah ini beberapa pilihan aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan sebagai perekam suara dan layar di Android, diantaranya yaitu:

1. AZ Screen Recorder

Menjadi salah satu andalan pemilik HP android menyebabkannya diletakkan pada urutan pertama. Selain penggunaannya mudah, aplikasi ini menghasilkan video dengan kualitas terbaik meskipun hanya merekam layar saja. Bahkan hasil suaranya pun tergolong jernih serta enak didengarkan.

AZ Screen Recorder mampu melakukan rekam layar beresolusi full HD dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa hasil video rekamannya berkualitas. Dapat digunakan pada HP Android versi Lolipop ke atas, di bawahnya belum bisa menggunakannya.

2. ADV Screen Recorder

Aplikasi besutan dari ByteRev tersebut sering sekali digunakan oleh beberapa HP Android yang belum ada fitur bawaan untuk merekam layar. Selain penggunaannya mudah, setelah mengunduhnya Anda hanya perlu membukanya sekali dan selanjutnya secara otomatis tombol recordingnya muncul di atas.

Baca juga : software pemutar video terbaik dan gratis

Setelah merekamnya, fitur lain dari aplikasi perekam layar serta suara ini adalah dapat mengeditnya menggunakan beberapa teks bahkan trim atau memotong bagian tidak perlu. Hal tersebut membuat ADV sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android dan lainnya. Impressive !

3. RecMe Screen Recorder dengan Fitur Unik

Menjadi urutan ketiga untuk rekomendasi aplikasi perekam layar dan suara bukan hal yang buruk karena memang kualitas dari hasil rekaman videonya sudah full HD. Selain itu ada fitur lainnya yang tidak ada pada aplikasi-aplikasi lainnya. Hal ini membuat RecMe diandalkan untuk penggunanya.

Fitur tersebut adalah Anda dapat menambahkan audio dari internal memori pada hasil video rekaman layar. Hal ini tentunya berguna bagi yang ingin membuat video-video tutorial dengan menambahkan suara aslinya atau audio lainnya. Jarang ada aplikasi sejenis memberikan fitur-fitur serupa.

4. Super Screen Recorder-REC Video Record, Screenshot

Sesuai dengan namanya, selain mempunyai fitur screen recorder aplikasi ini juga bisa melakukan screenshot. Hal tersebut membuat beberapa pengguna mengunduhnya agar sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kapasitas memori juga dijadikan salah satu alasan, karena mempunyai ukuran kecil.

Melihat fungsinya yang sangat fungsional, terkadang mengira aplikasi ini berkapasitas besar namun kebalikannya. Selain fitur-fiturnya yang lengkap, tampilannya cenderung mudah dipahami karena dikategorikan sesuai fiturnya. Sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna, membuat kredibilitasnya oke.

5. Assistive Touch IOS-Screen Recorder

Tidak hanya namanya saja tetapi memang penggunaan serta penampilan aplikasi screen recorder satu ini mirip Assistive Touch dari iPhone sehingga akses penggunaannya lebih cepat. Selain perekam layar, tombol ajaib tersebut dapat digunakan juga sebagai screenshot hingga menuju aplikasi-aplikasi favorite.

Baca juga : rekomendasi aplikasi launcher untuk Android

Kualitas video dan hasil foto screenshotnya pun tidak kalah berbeda dengan iPhone sehingga terjamin kualitasnya. Beberapa pengguna memilihnya karena akses tombolnya cepat, ketika terburu-buru akan melakukan screen record hanya perlu menekan atau klik tombol yang berada di layar ponsel Anda.

6. Mobizen Premium Screen Recorder

Meskipun berada diposisi keenam tidak menjadikan mobizen aplikasi perekam layar dan suara yang kualitasnya kurang bagus, justru sebaliknya. Mempunyai rating sangat tinggi di dalam Google Playstore dengan total pengunduhnya lebih dari 100 juta pengguna, amazing ! Hal itu membuktikan reputasinya.

Menang nominasi The Best of 2016 Apps menjadikannya salah satu screen recorder paling dicari. Fiturnya pun jangan ditanya, hasil akhir video yang bisa diedit dengan kualitas sempurna. Selain itu penggunaannya pun super mudah sehingga setiap orang dapat menggunakannya tanpa kesulitan.

7. Screen Recorder-XRecorder

Tidak ubahnya dengan aplikasi sebelumnya, XRecorder mempunyai kredibilitas baik karena tingginya angka rating dan review dari penggunanya di dalam Google Playstore. Diunduh lebih dari 100 juta pengguna, membuatnya mendapat tempat di hati pengguna Android maupun IOS.

Fiturnya pun dapat menghasilkan video high quality dan suara sangat jernih. Selain itu tampilan interfacenya memberikan kategori sesuai dengan masing-masing fitur. Ketika menggunakannya Anda bisa melakukan rekaman dengan kamera atau facecam.

Penutup

Beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar dan suara di atas didasarkan pada kelengkapan fitur-fiturnya juga mudah penggunaannya. Selain itu rating di dalam Google Play dan App Store, lumayan tinggi sehingga mempunyai kredibilitas cukup baik.

Baca juga : rekomendasi aplikasi pembayaran online terbaik

Akhir kata, demikianlah informasi seputar aplikasi recorder untuk android yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan gratis. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.