Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Webcam untuk Laptop Windows

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Webcam untuk Laptop Windows

Pada dasarnya tipe dan seri laptop-laptop yang dijual dipasaran itu berbeda. Ada yang sudah lengkap diberi aplikasi bawaannya, juga tipenya kosongan sehingga pengguna harus mengunduh secara mandiri. Hal inilah membuat aplikasi webcam untuk laptop sering digunakan dengan mengunduhnya.

Baca juga : cara baca novel gratis tanpa aplikasi

Fungsi webcam sendiri bermacam-macam, salah satunya digunakan untuk melakukan pengeditan video termasuk ketika mengambil recorder secara langsung. Semua laptop sudah pasti dilengkapi dengan kamera, oleh karenanya pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi-aplikasi sejenis webcam.

Rekomendasi Aplikasi Webcam untuk Laptop

Ada beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat untuk laptopnya, didasarkan pada fitur-fitur, kualitas dari kinerja webcamnya. Hal tersebut menghindari terhambatnya proses pengeditan video terutama sewaktu sedang melakukan editing dokumen penting. Berikut macam-macam aplikasinya.

1. YouCam

Diletakkan pada urutan awal karena sebagian besar menggunakan YouCam sebagai aplikasi webcam untuk laptopnya. Mempunyai banyak fitur, membuat beberapa dari mereka memilihnya agar tidak terlalu membosankan ketika menggunakannya. Ada sekitar 200 efek yang menjadikan gambar lebih baik.

Selain itu, fitur lainnya adalah Panorama dan HDR sehingga dapat digunakan untuk mengambi foto bahkan video agar lebih bagus serta hidup. Salah satu fiturnya yang dijadikan andalan saat menggunakan YouCam dan efek-efek juga bisa digunakan ketika melakukan pengeditan video.

2. Free Screencast

Beda aplikasinya akan berbeda pula fitur yang dimilikinya, meskipun sama-sama memiliki fungsi dasar sebagai website Camera yaitu melakukan pengeditan video.  Untuk aplikasi screencast ini selain webcam juga mempunyai kelebihan dapat melakukan perekam layar pada desktop laptop atau komputer.

Baca juga : aplikasi repost instagram untuk android terbaru

Dengan menggunakan free screencast ini bahkan pengguna dapat melakukan keduanya, yaitu saat sedang proses panggilan video lalu merekamnya saat itu juga. Hal tersebut menjadi nilai tambahnya. Format video yang disediakan MP4, MPG, AVI, WMV, dan MKV juga bisa beralih pada JPG serta BMP.

3. Multi Webcam Video Recorder

Kelebihan utama atau fitur yang dimiliki dari multi webcam video recorder adalah Anda sebagai pengguna dapat melakukan perekaman video dari beberapa koneksi lainnya tentu saja saat terhubung dengan webcamnya. Setelah itu, menyimpannya di dalam file berbeda sehingga dapat membedakannya.

Mengedit lebih dari satu video bertujuan agar lebih praktis tidak harus mengunduhnya lagi satu per satu. Hal ini juga berlaku bagi pengambilan video secara langsung atau foto, Anda dapat mengambil saat setelah video pertama sudah terunduh dan siap di edit.

4. Apowersoft Free Screen Recorder

Sekarang ini masyarakat sangat berminat terhadap aplikasi dengan fitur perekam layar seperti di ponsel. Ternyata hal tersebut menjadi salah satu  fitur yang ada pada apowersoft free screen recorder selain sebagai webcam. Adanya kemajuan pada perkembangan teknologi membuat mereka selalu berinovasi.

Selain webcam dan perekam layar, aplikasi tersebut juga mempunyai fitur lain yaitu menangkap gambar atau screenshot yang biasa dilakukan pada ponsel. Caranya pun mudah karena sudah menjadi salah satu fiturnya. Untuk file rekam videonya akan mendapat format WMF serta tangkapan gambar JPG.

5. ManyCam

Selain sebagai webcam, pengguna memanfaatkannya untuk mengedit foto juga video. Saat menggunakan webcamnya agar tidak membosankan, Anda dapat menggunakan sticker agar lebih menghibur. Fitur lainnya dapat disambungkan ke akun media sosial seperti Youtube dan Facebook.

Baca juga : rekomendasi aplikasi belajar bahasa Indonesia terbaru

Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat membuat konten sekaligus mengirimnya langsung ke akun media sosial yang diinginkan. Resolusinya pun termasuk sudah mencukupi untuk sekedar membuat video serta foto, yaitu 240p, 480p, HD dan full HD sesuaikan saja dengan keinginan hasil videonya.

6. Free2X Webcam Recorder

Sesuai dengan tagline di atas, menjadi salah satu fitur yang digunakan pada aplikasi tersebut adalah pengguna dapat mengatur waktu kapan akan mengambil video. Hal tersebut tentu saja bermanfaat agar pengambilan videonya lebih maksimal terutama bagi content creator, harus rajin membuat video.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan video sesuai keinginannya. Dari cahaya, saturasi hingga efek-efek dapat diaplikasikan pada video-video atau foto berdasarkan konsep dasarnya. Hal tersebut membuat beberapa pengguna memilihnya sebagai aplikasi webcam andalan berfitur lengkap.

7. Weeny Free Video Recorder

Dikatakan untuk pemula karena pemakaiannya cenderung mudah sehingga bagi orang-orang awam yang ingin membuat sebuah video lalu mengeditnya dapat mengunduh aplikasi weeny. Oleh karena tidak sulit dalam pengoperasiannya, webcam satu ini tidak banyak menawarkan fitur-fitur.

Dalam pengeditan video, foto atau saat proses pengambilannya weeny hanya berfokus pada komponen penting untuk mengatur video-video. Hal tersebut lah yang pada akhirnya membuat webcam ini sangat direkomendasikan bagi pemula, selain mengurangi resiko bingung juga mudah mengoperasikannya.

Penutup

Ketujuh aplikasi webcam untuk laptop di atas tidak semuanya dapat digunakan di tipe-tipe lama, bisa menggunakannya namun terkadang sering eror.

Baca juga : aplikasi perekam layar dan suara untuk android

Hal ini disebabkan karena besarnya kapasitas aplikasinya namun RAM serta memori pada laptopnya sudah tidak mumpuni menerimanya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.