Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio untuk Android Terbaru

3 min read

Aplikasi edit audio di zaman digital seperti sekarang ini banyak digunakan oleh para editor musik, radio, podcast dan lain-lain. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang dengan mudah melakukan segala macam kegiatan.

Baca juga : Rekomendasi Situs Free Proxy Gratis

Hadirnya smartphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi. Namun banyak aktivitas atau pekerjaan yang dapat memanfaatkan smartphone sebagai media. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah mendengarkan musik atau konten audio.

Konten yang paling banyak digemari saat ini adalah podcast. Baik itu musik atau podcast tentu memerlukan proses editing suara agar musik atau podcast dapat digemari dan layak didengar. Proses edit audio dahulu hanya dapat dilakukan di dalam studio, namun kini dapat dilakukan menggunakan smartphone.

Rekomendasi Aplikasi Edit Audio

Selain foto dan video, suara merupakan salah satu yang paling banyak diedit menggunakan berbagai macam jenis audio. Dimulai darii penambahan alunan musik, lagu, dubbing, hingga rekaman suara kamu sendiri dapat di edit menggunakan aplikasi.

Edit suara tidak harus menggunakan PC atau laptop. Smartphone kamu saat ini dapat digunakan untuk kegiatan ini. Banyak platform yang dapat digunakan untuk edit suara melalui smartphone beredar di Internet.

Rekomendasi Aplikasi Edit Audio untuk Android

Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi edit audio untuk smartphone android yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. AudioLab

Aplikasi pertama yaitu AudioLab. AudioLab menawarkan kamu proses trim audio meliputi cut, crop, paste, fade, undo, redo, dan add silence. kamu juga dapat mengubah, merge, mengonversi, hingga membuat ringtone melalui berbagai fitur tadi.

Selain itu, terdapat beberapa fitur menarik seperti speech-to-text untuk mengubah teks di notes menjadi suara, fitur noise remover yang membantu untuk menghilangkan suara berisik dan masih banyak lagi fitur lainnya.

AudioLab sendiri dapat didownload melalui Play Store. Aplikasi edit audio ini total sudah mencapai lebih dari 10 juta download dan berbagai ulasan dari 170 ribu lebih pengguna. AudioLab ini juga membutuhkan ruang penyimpanan kecil, yaitu hanya sebesar 55MB saja.

2. MStudio

MStudio adalah salah satu platform editor suara terbaik di Android. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam, mengedit, mix, menggabungkan dan mengonversi file suara ke format lain. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur canggih di dalamnya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online

Fitur ini seperti seperti perubahan tempo, penyesuaian nada, menghapus suara dari file video, memutar audio secara terbalik, hingga mengkonversi klip audio. Aplikasi MStudio dapat kamu download melalui Play store.

Di Google Playstore MStudio memiliki rating yang cukup tinggi yaitu 4,3 dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta pengguna. MStudio tersedia secara gratis dan memiliki ukuran file tidak terlalu besar yaitu hanya 15MB saja.

3. Lexis Audio Editor

Buat kamu yang memiliki hobi mengedit suara untuk video, aplikasi edit audio ini dapat menjadi pilihan. Berbagai fitur menarik juga tersedia di Lexis audio editor. Fitur tersebut seperti normalize, noise reduction, trim, fade-in & fade-out, serta mengubah nada dan tempo.

Tampilan aplikasi ini juga sederhana dan memiliki fitur user-inferface (antarmuka) yang dapat diandalkan. Lexis Audio Editor dapat mendukung beberapa format audio, seperti MPA, AAC, FLAC, WAV, WMA, dan lainnya.

Aplikasi ini dapat didownload melalui Playstore. Di Playstore sendiri Lexis mendapat rating 4,5 dan mendapat penilaian positif dari beberapa pengguna. Sayangnya jika ingin edit audio dalam format mp3, kamu harus berlangganan dengan biaya sebesar 6,49 USD.

4. WavePad Audio Editor

Aplikasi edit audio selanjutnya yaitu WavePad Audio Editor. Fitur-fitur di aplikasi cukup dapat diandalkan untuk mengedit berbagai jenis suara melalui smartphone. Proses editing menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, sangat cocok bagi para pemula.

Selain mengedit suara, kamu bisa merekam suara dan langsung menambahkan efek pada suara hasil rekaman tersebut. Terdapat juga fitur Share yang memungkinkan kamu membagikan hasil edit suara ke berbagai jejaring sosial.

5. Music Editor

Music Editor merupakan aplikasi edit audio lainnya yang dapat kamu gunakan. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna di Playstore. Music editor menawarkan berbagai fitur seperti mp3 cutter, ringtone maker, hingga song editor.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik untuk Android

Fitur di Music Editor memungkinkan kamu untuk menggabungkan dua musik menjadi satu dengan mengatur volume pada setiap lagu. kamu juga dapat memperlambat dan mempercepat suara menggunakan fitur speed editor.

Selain berbagai fitur tadi, terdapat juga fitur remove part yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghilangkan sebagian suara. Jika kamu ingin menggunakan dan memperkecil ukuran audio, maka tersedia juga fitur kompres audio.

6. MP3 Cutter

Aplikasi edit audio untuk smartphone selanjutnya dan paling populer adalah Mp3 Cutter. Aplikasi ini memiliki tampilan sangat sederhana, berbeda dari beberapa aplikasi lain yang memiliki tampilan lebih kompleks.

Mp3 Cutter menawarkan fitur untuk memotong file suara atau musik yang biasanya dipakai untuk membuat ringtone pada smartphone.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengatur file audio sebagai nada dering smartphone hanya dengan beberapa ketukan.

Mp3 Cutter dapat didownload dan tersedia secara gratis di Playstore. Jumlah unduhan aplikasi ini telah mencapai lebih dari 5 juta pengguna. Ukuran filenya juga kecil yaitu sebesar 14MB dengan rating mencapai 4,3 di Playstore.

Rekomendasi Aplikasi Edit Audio Lainnya

Penutup

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk edit audio, beberapa rekomendasi aplikasi diatas dapat dijadikan sebagai referensi.

Baca juga : Rekomendasi Game Kerajaan Offline Terbaik

Selain menghadirkan fitur yang beragam, aplikasi edit audio untuk smartphone ini juga sangat efisien digunakan di mana saja.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.