Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

7 Penyebab Laptop Lemot Windows 10 yang Perlu Diketahui

2 min read

Penyebab Laptop Lemot Windows 10

Rutinitas di era digital ini tidak pernah luput akan pemakaian perangkat komputer atau laptop termasuk Windows 10. Kesibukan tersebut terkadang membuat pemilik lupa untuk memperhatikan kondisi perangkat yang berpengaruh pada lambatnya kinerja OS. Padahal cukup penting mengetahui penyebab laptop lemot Windows 10 agar bisa mencari cara mengatasi setiap permasalahannya.

Baca Juga : Inilah 5 Tips Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Itulah sebabnya diperlukan informasi terkait penyebab laptop lemot Windows 10 yang dirasa mampu menjawab setiap pertanyaan. Simak beberapa rangkuman ringkas di bawah ini agar Anda tidak bingung dalam memperbaiki laptop windows 10 yang lelet.

Penyebab Laptop Lemot Windows 10

Berikut di bawah ini beberapa faktor yang menyebabkan laptop atau komputer windows lemot yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Pembaruan Windows yang Tidak Berjalan Semestinya

Proses updating Windows 10 tampaknya tidak boleh dianggap sepele karena memiliki pengaruh yang penting dalam mendukung kinerja.

Banyak dari pemilik perangkat sering melewatkan updating ini sehingga bug atau error yang tak diinginkan terjadi saat penggunaan. Tentunya adanya gangguan ini pekerjaan akan semakin sulit diselesaikan dengan cepat.

Untuk itu, sebaiknya jangan menghiraukan updating apabila sudah muncul pemberitahuan agar masalah tidak terjadi pada perangkat laptop pribadi. Pembaruan yang dilakukan nantinya dapat memperbarui piranti terbaru dan mencegah error atau bug sehingga sistem bisa berjalan normal.

2. Spesifikasi Perangkat yang Belum Optimal

Salah satu masalah yang umumnya menyebabkan Windows 10 melambat akibat spesifikasi perangkat yaitu ukuran RAM yang masih minim. Dimana sistem operasi yang menunjang perangkat menjadi terganggu dan tidak optimal. Ini artinya pemilik harus melakukan upgrade agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Tips Cara Mempercepat Booting Windows 10

Selain melakukan upgrade, apabila pemilik ada budget berlebih mungkin bisa mengganti laptop dengan Windows yang sama. Saat ini sudah banyak perangkat komputer yang dibekali RAM besar di toko-toko teknologi terdekat.

3. Penuhnya Cache pada Perangkat Komputer

Penyebab laptop lemot Windows 10 selanjutnya bisa dikarenakan cache pada perangkat tidak pernah dibersihkan oleh si empunya.

Cache sendiri memiliki dampak yang cukup besar dalam mengakibatkan kinerja OS tidak berjalan normal. Inilah sebabnya sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan membersihkannya.

Selain melakukan pengecekan dan membersihkan cache yang terdapat pada perangkat komputer pribadi, pemilik juga dapat mengunduh software cleaner.

Untuk bisa menggunakannya, silahkan kunjungi platform yang menyediakan software cleaner khusus windows dengan rating dan ulasan terbaik agar tidak mengecewakan nantinya.

4. Aplikasi yang Aktif pada Perangkat Terlalu Banyak

Hampir mirip dengan masalah yang disebabkan ketersediaan RAM tadi, aktifnya aplikasi di luar batas normal juga bisa mempengaruhi kinerja OS.

Biasanya ini terjadi karena pemilik perangkat Windows 10 terlalu sibuk sampai tidak memperhatikan software apa saja yang ikut berjalan. Disini untuk mengecek pengaruh dari penyebab ini bisa membuka menu Start Up.

Agar dapat menuju menu Start Up, pemilik bisa membuka terlebih dahulu Task Manager baru ke menu tersebut. Akan muncul pada laman berapa banyak aplikasi yang ikut aktif tanpa disadari. Untuk menghentikannya silahkan klik tab kanan pada software kemudian tekan Force Stop.

5. Ada Aplikasi yang Tidak Sering Digunakan

Lain halnya dengan aplikasi yang terikut aktif di atas, penyebab berikut terjadi karena software jarang digunakan masih tersimpan di perangkat.

Baca Juga : Penyebab Harddisk Rusak pada Komputer atau Laptop

Terlebih ada beberapa aplikasi tersembunyi pada laptop yang tidak diketahui oleh si pemilik. Untuk dapat mengetahui apa-apa saja software yang tak dipakai tersebut, langsung saja pergi menuju menu Control Panel.

Nantinya pada laman menu akan terlihat beberapa aplikasi yang jarang dipakai atau tersembunyi. Pemilik hanya perlu melakukan pencopotan pemasangan dari software dan jangan lupa untuk menghapusnya

6. Terinfeksi oleh Virus atau Malware

Infeksi virus atau malware pada perangkat komputer merupakan salah satu penyebab laptop lemot Windows 10 yang paling dikhawatirkan oleh pemilik. Pasalnya karena adanya “bahaya” ini sistem operasi dari perangkat pribadi bisa rusak. Bukan hanya itu saja, virus tersebut dapat memakan sumber daya yang dimiliki laptop.

Oleh karenanya, disarankan kepada pemilik untuk berhati-hati dalam membuka situs website agar virus ataupun malware tidak dapat masuk. Pemilik juga bisa berkonsultasi dengan ahli komputer terkait virus-virus tersebut untuk penanganan lebih lanjut.

7. Pengaruh Efek Visual dari Windows

Perkembangan teknologi membuat para developer handal terus bersaing dalam menghasilkan sistem interface yang mumpuni. Begitu pula dengan developer Windows 10 yang tidak pernah henti memberikan kemudahan termasuk efek visual menarik kepada usernya.

Mulai dari animasi di taskbar, aero peek, mouse shadows, dan lain sebagainya. Sayangnya, terkadang efek visual ini berpengaruh pada kinerja OS dan memakan lebih banyak daya baterai pada perangkat komputer.

Untuk mengakali masalah ini, pemilik bisa menuju menu Control Panel kemudian cari opsi System and Security lalu temukan Performance. Silahkan kustomisasi sendiri efek yang diinginkan aktif maupun tidak.

Penutup

Sekian dahulu informasi terkait penyebab laptop lemot Windows 10 yang sudah dikemas dalam rangkuman singkat di atas. Metode lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari apa yang menyebabkan gangguan pada sistem operasi, apabila memang kurang paham, Anda bisa mengunjungi tempat service terdekat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ram HP Penuh pada Android

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar faktor utama yang menyebabkan laptop atau komputer windows lemot. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.