Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Kelebihan Email Bisnis bagi Pengguna

2 min read

Kelebihan Email Bisnis

Pasti kebanyakan dari Anda hanya mengetahui email biasa. Ternyata internet menyediakan dua jenis pesan online, yaitu email gratis dan email bisnis. Nah di pembahasan kali ini, saya akan membahas seputar kelebihan email bisnis bagi pengguna yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : tips membuat blog online dengan efektif

Walaupun istilah email bisnis masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang, ternyata jenis email ini memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak, tentu ini memiliki tujuan tertentu bagi setiap penggunanya. Hal ini disebabkan karena email ini memiliki berbagai kelebihan, salah satunya yaitu agar tampil lebih professional.

Kelebihan Email Bisnis

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan menggunakan email bisnis bagi pengguna yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya. Diantaranya yaitu:

1. Mencerminkan Pengelolaan Bisnis

Tujuan yang pertama dalam menggunakan email khusus bisnis adalah mencerminkan pengelolaan usaha. Memberikan kesan pertama kepada calon konsumen atau investor dengan praktis yaitu melalui pesan elektronik.

Jika Anda menggunakan email publik atau gratisan, tentunya memberikan kesan tidak profesional atau tidak serius dalam menjalankan sebuah bisnis. Beda halnya kalau memiliki email yang tertaut langsung ke laman web atau domain usaha, sehingga memberikan tampilan lebih profesional.

2. Membangun Kepercayaan

Tentunya ketika Anda menggunakan email profesional, hal tersebut menandakan bahwa produk atau jasa sudah bisa dipercaya. Membangun kepercayaan calon konsumen juga investor tentunya bukan hal mudah. Selain itu, dapat menunjukkan keseriusan dalam membangun serta menjalankan bisnis.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan router OS mikrotik

Dengan demikian, para investor tidak akan ragu lagi untuk menanamkan modalnya pada perusahaan Anda. Selain itu, email khusus bisnis ini juga berfungsi sebagai alat pemasaran. Misalnya dalam mengarahkan lebih banyak traffic ke website usaha.

3. Membantu Melindungi Data Bisnis

Tujuan digunakannya email khusus bisnis ini adalah membantu melindungi data perusahaan. Mampu meminimalisir terjadinya kebocoran serta rahasia yang tidak seharusnya diketahui khalayak umum. Mengingat email publik akan sangat rawan mengalami peretasan.

Namun berbeda jika Anda menggunakan email profesional. Kalau ada tanda-tanda peretasan, bisa langsung menghubungi data center web hosting. Mereka akan melakukan pengaturan ulang password. Dengan tujuan untuk mengembalikan data-data yang sempat dicuri tadi.

4. Memberikan Kebebasan dari Indikasi Spam

Untuk Anda yang tidak suka dengan pesan spam, bisa beralih menggunakan email khusus bisnis ini. Sistem pada pesan elektronik tersebut memang dikhususkan guna menghindari spammer. Dengan demikian, dapat memaksimalkan proses pemasaran juga promosi.

Apabila Anda menggunakan email gratisan dan mengirimkannya ke banyak orang, dikhawatirkan akan masuk ke inbox spam. Tentunya dapat dipastikan penerima tidak membaca pesan tersebut. Hal tersebut dapat menurunkan tingkat efektivitas dalam usaha nantinya.

5. Bisa Diakses di Semua Perangkat

Hal paling penting sebagai tujuan penggunaan email untuk bisnis ini adalah dapat diakses di semua perangkat. Bisa disetting menggunakan teknologi yang dinamakan POP3 maupun IMAP. Kedua media teknologi tersebut berguna untuk mendownload berkas ke storage perangkat Anda.

Baca juga : jasa riset keyword SEO professional

Selain itu juga untuk melakukan copy-paste data email ke perangkat lain. Dengan demikian, tidak perlu lagi khawatir kehilangan data, karena otomatis akan tersimpan ke storage server email. Jadi, jangan ragu lagi dalam menggunakan email jenis ini.

6. Menciptakan Nama Bisnis yang Singkat dan Profesional

Mengingat jika menggunakan email publik, maka Anda memerlukan banyak sekali platform pesan elektronik. Dengan demikian, penggunaannya tidak akan terlalu efektif bahkan kalau ingin melakukan komunikasi. Pastinya lebih susah juga menyulitkan.

Beda halnya jika Anda menggunakan email khusus bisnis. Anda bisa membuat nama-nama berbeda sesuai dengan divisi yang ada di perusahaan. Tinggal menyuruh para staff untuk membuatnya masing-masing. Hal tersebut tentunya dapat menunjang promosi serta pemasaran produk atau jasa.

7. Mempermudah Memantau Perkembangan Bisnis secara Online

Seperti yang sudah diketahui, sekarang sudah banyak hal yang berkaitan langsung dengan teknologi. Hal tersebut tentunya mempermudah segala pekerjaan agar lebih lancar juga berjalan dengan baik. Apalagi dilakukan dalam jaringan. Semuanya terasa mudah untuk dikerjakan.

Jika Anda menjalankan bisnis dan menggunakan email khusus untuk kegiatan komersial tersebut, tentunya lebih mudah dalam mengontrol kegiatan tersebut. Progressnya bisa dilihat dimana saja juga kapan saja, asalkan ada media elektronik serta jaringan internet.

Kesimpulan

Setelah mengetahui semuanya secara terperinci, saatnya Anda mengaplikasikan ilmu tersebut. Untuk menunjang keberlangsungan suatu bisnis, tentunya apapun pasti dilakukan. Ternyata membuat email khusus bisnis tidaklah sulit dan bisa membelinya di beberapa platform.

Baca juga : fungsi centang biru instagram bagi pengguna

Bisa melalui platform yang menyediakan jasa pembuatan email ini. Sebelum itu, lakukanlah pembelian domain. Berguna untuk mengidentifikasi sebuah website hosting yang berisikan alamat IP juga nama bisnis Anda. Setelah itu, pastikan untuk melakukan login terlebih dahulu.

Kalau sudah mendapatkan pembelian yang sesuai melalui jasa tadi dan jika selesai, maka email khusus bisnis pun sudah bisa dipakai. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba email bisnis secara gratis, bisa melalui G Suite yang disediakan langsung oleh Google.

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan email bisnis. Sekarang usaha Anda akan dipermudah dalam memperluas target pasar serta menarik minat para calon investor maupun pelanggan. Menampilkan kesan lebih profesional serta bersungguh-sungguh dalam menjalankan suatu perusahaan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.