Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Kelebihan dan Kekurangan Router OS Mikrotik

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Router OS Mikrotik

Pada sebuah networking di komputer selalu ada jantung yang berguna sebagai perangkat lunak sistem operasinya yaitu mikrotik. Mempunyai dua jenis dan nantinya dijadikan alat menyambung internet ke komputer-komputer yang ada. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan router OS mikrotik? simak lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga : perbedaan ram sodim dan dim pada komputer

Router OS sendiri adalah suatu sistem operasi yang ada pada mikrotik dan dapat digunakan agar komputer mempunyai beberapa kemampuan salah satunya menyambung ke jaringan internet. Oleh sebab itulah, keberadaan router ini sebenarnya penting serta penggunaannya mudah bagi penggunanya.

Kelebihan Router OS Mikrotik

Sebuah sistem yang dibuat tentunya selalu mempunyai kelebihan bagi penggunanya, termasuk router OS. Di dalamnya sudah disediakan mikrotik sehingga terbilang ringan karena membutuhkan spesifikasi hardware rendah untuk dapat menjalankannya. Berikut ini beberapa kelebihan lainnya bagi pengguna.

1. Cukup Mudah Digunakan bagi Orang Awam

Sebagai orang awam yang tidak tahu tentang dunia IT, tentu saja akan sangat kebingungan dengan router. Bahkan mereka sama sekali belum mengetahui tentangnya, nah adanya router OS ini menjadi solusi bagi mereka. Hal tersebut karena penggunaannya mudah hanya perlu install layaknya aplikasi.

Dengan begitu orang awam yang jarang menggunakannya pun dapat memanfaatkannya untuk komputer agar tersambung jaringan internet. Meskipun jaman sudah sangat maju, tidak semua masyarakat tahu tentang hal-hal detailnya. Bisa dibilang mereka hanya butuh memakainya saja.

2. Harga Bersahabat Kualitas No Debat

Router OS ini terkenal sangat terjangkau harganya karena berupa software terinstall sehingga tidak membutuhkan alat-alat pembangunnya. Meskipun mempunyai rate harga rendah, bukan berarti kualitasnya buruk karena kinerja mikrotik router OS ini sangat terjamin untuk komputer Anda.

Baca juga : fungsi centang biru instagram secara umum

Pengunduhannya pun tergolong dapat dilakukan secara mandiri, sehingga terkadang hanya memerlukan biaya untuk memperbesar harddisk agar kuat dalam menerima unduhannya. Hal tersebutlah yang membuat beberapa masyarakat memilihnya, kualitasnya baik namun harganya cenderung terjangkau.

3. Memiliki Fitur Keamanan Canggih dalam Menyimpan Data

Namanya saja sistem, tentunya kemungkinan mengalami kendala sangatlah tinggi sehingga saat itu terjadi jika harddisk masih bisa digunakan data yang ada di dalamnya akan aman. Kerusakan pada seluruh komponen Router OS sangat mungkin terjadi karena hanya berupa software ringan.

Penggunaannya mudah membuatnya tidak mempersulit penggunanya ketika mengalami kerusakan. Oleh karena itu lah, masyarakat memilihnya karena satu komponen komputer rusak akan mengancam data-data di dalamnya. Namun jika terjadi pada router OSnya masih aman selama harddisk sehat.

4. Dilengkapi berbagai Fitur Handal untuk Mengelola Jaringan Komputer

Untuk kelebihan keempat ini mungkin hanya orang-orang paham IT saja yang mengerti tentang fiturnya. Seperti pada kelebihan sebelumnya, bahwa harganya terjangkau tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi termasuk salah satunya ketersediaan fiturnya cukup handal dengan stabilitas kelola jaringan.

Fitur yang handal tersebut mampu membuat router OS mengelola jaringan dengan stabil dan aman sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kerusakan dan lainnya. Sudah banyak penggunanya karena fiturnya tersebut, beberapa di antaranya adalah firewall, DNS, VPN, hotspot dan lainnya.

Kekurangan Router OS Mikrotik

Dibalik banyaknya kelebihan disana selalu terselip beberapa kekurangan karena sistem hanya ciptaan manusia yang terkadang mempunyai salah. Meskipun tidak terlalu berpengaruh, namun tetap harus membahasnya agar tahu kelemahannya. Berikut kekurangan-kekurangan router OS.

1. Belum Mampu Menangani Network dalam skala Besar

Salah satu kekurangan router OS yang sangat menonjol dan terkadang dijadikan bahan pertimbangan adalah kemampuannya kurang dalam menangani jaringan internet dengan skala besar atau wilayah luas sekaligus. Hal tersebut karena pihak mikrotik belum mendapatkan lisensi internasional sekelas Cisco.

Baca juga : rekomendasi aplikasi konsultasi psikologi gratis

Jika pun bisa mengakalinya untuk digunakan dalam jaringan berskala besar, masih kurang sempurna bahkan kemungkinan mengalami eror sangat besar. Butuh keahlian khusus dalam penerapannya sehingga hanya digunakan dalam skala kecil contohnya komputer milik sendiri di rumah.

2. Cukup Sulit Melakukan Setting Ulang saat Lupa Password Login

Menggunakan router OS memang memerlukan user dan password dan Anda sebagai penggunanya tidak boleh melupakannya. Berbeda dengan media sosial yang memiliki fitur lupa kata sandi lalu dengan mudahnya mengatur kembali, pengguna mikrotik jenis ini akan mengalami kesulitan setting ulangnya.

Tidak tahu jelas alasannya, kemungkinan karena sebuah software dengan keamanan sangat terjamin sehingga melupakan informasi sedikit saja akan kesulitan mengembalikannya. Meskipun begitu tetap bisa diperbaiki hanya saja proses memakan waktu lama dan juga seorang ahli harus menanganinya.

3. Tidak Cocok Digunakan Pada Komputer Spesifikasi Rendah

Dalam penggunananya, router OS termasuk software yang perlu penyimpanan dan kinerja cukup tinggi, sehingga ini tidak cocok pada komputer spek rendah dengan penyimpanan kecil.

Terkadang, penggunaan router OS pada komputer dengan spesifikasi rendah cukup menyulitkan ketika menggunakannya. Sehingga Anda perlu komputer yang mempunyai performa dengan spesifikasi menengah keatas.

Kesimpulan

Semoga beberapa point seputar kelebihan dan kekurangan router OS diatas tadi dapat menambah wawasan Anda sebelum mulai menggunakannya dalam membuat atau mengelola jaringan komputer.

Baca juga : jasa riset keyword website professional

Namun, perlu Anda ketahui router OS mikrotik sendiri memiliki banyak sekali keunggulan didalamnya yang memiliki berbagai tipe beragam. Tentu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.