Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Rekomendasi Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis Masa Kini

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis

Sudah dijelaskan bahwa kesehatan jiwa seseorang terpusat pada pikiran, namun sejatinya manusia tidak bisa terhindar dari masalah. Hal tersebut yang biasanya akan memicu pemikiran menumpuk hingga mengganggu ketentraman jiwa, adanya aplikasi konsultasi psikologi gratis membantu dalam hal tersebut.

Baca juga : rekomendasi situs baca novel gratis tanpa aplikasi

Fungsinya tentu memudahkan masyarakat saat merasakan tidak menyenangkan pada pikirannya. Percaya atau tidak bahwa sebenarnya memendam masalah itu cenderung akan memburuk pikiran sehingga sudah sewajarnya Anda mengeluarkan dengan sharing melalui psikolog atau orang terdekat.

Rekomendasi Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis

Meskipun gratis, pengguna akan mendapatkan pelayanan dari psikolog berpengalaman sehingga memang menggunakannya membantu kesehatan Anda. Konsultasi yang dilakukan pun secara online karena melalui aplikasi sehingga tidak datang bertatap muka. Berikut ini rekomendasi aplikasinya.

1. Riliv – Counseling Online, Meditation, Sleep Sound

Aplikasi pertama adalah hasil karya anak bangsa yang memberikan fasilitas dan fitur untuk konsultasi gratis secara pribadi. Psikolognya pun tidak main-main karena diambil dari lulusan Universitas terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Airlangga dan Negeri Surabaya pastinya handal di bidangnya.

Pada dasarnya, di dalam aplikasi ini pengguna akan dipandu untuk melakukan hal yang menenangkan pikiran seperti meditasi membuat hati lebih tenang, mendengarkan suara pengantar tidur agar merasa nyaman. Bagi Anda ingin berkonsultasi langsung dengan psikolog harus berlangganan ke premium dulu.

2. Self-help App for The Mind (SAM)

SAM adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pakar komputer dari University of West England, digunakan untuk seseorang dalam mengelola kecemasan. Hal tersebut memang sudah masuk ke dalam salah satu masalah kesehatan psikologi. Tidak bisa disembuhkan namun dapat dikelola dengan benar.

Baca juga : rekomendasi aplikasi bot musik discord terbaik

Zaman sekarang tidak akan ada yang bisa menghindarkan pikiran dari kecemasan, hal tersebut tentunya didasarkan oleh beberapa sebab tergantung masing-masing orang. Fitur lainnya adalah pengguna dapat membagi cerita pengalamannya secara otomatis dengan nama anonim sehingga identitas aman.

3. InnerHour Self-Care Therapy : Anxiety & Depression

Tidak berbeda dengan aplikasi sebelumnya, membantu dalam penyembuhan diri sendiri dengan mendengarkan masalah penggunanya. Setelah itu aplikasi akan mengidentifikasi bagaimana keadaan yang sebenarnya lalu dapat mencoba fitur-fitur lainnya. Berikut beberapa fasilitas dari InnerHour.

  • Mempunyai 400 lebih aktifitas penyembuhan diri, membantu mengelola depresi, stress, kecemasan berlebih dan segala keluhan berdasarkan psikologi penggunanya
  • Jurnal yang akan membantu dalam mengekspresikan bagaimana perasaan Anda dengan bercerita, melalui kalimat singkat maupun panjang
  • Meditasi dengan ahlinya, exhale inhale mirip yoga agar lebih menenangkan pikiran
  • Merubah pola pikir atau mindset dengan mengulang beberapa hal dari harapan Anda untuk lebih menguatkan positive vibes

Inti dari aplikasi ini adalah penguatan pada diri sendiri, love yourself for strength your mind and soul that the point what the application wanted for. Sayangnya Anda harus menggunakan bahasa Inggris dalam mengekspresikan segala perasaan dan juga pengalaman cerita.

4. What’s Up? – Mental Health App

Konsep yang digunakan hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya, tidak ada sesi konsultasi secara langsung dengan psikolog namun Anda dapat berbagi cerita lalu diekspresikan menggunakan beberapa kata. Fitur tersebut masuk ke dalam Personal Diary yang merekam perasaan serta pikiran penggunanya.

Sudah dijelaskan di awal sebenarnya pengelolaan pikiran hanya perlu membaginya, meluapkan segala perasaan sehingga tidak menumpuk menyebabkan depresi. Nah, What’s Up? membantu beberapa penggunanya agar jangan merasakan kesepian karena ada orang lain yang akan mendengarkan.

5. KALM – Online Counseling and Gratitude Journal

Aplikasi KALM ini sangat cocok bagi Anda yang sangat ingin menjalani terapi secara langsung bersama psikolog secara gratis. Hal tersebut karena KALM menyediakan ruang chatting antara pengguna dengan beberapa konselor untuk menceritakan masalah pribadinya atau gangguan pikiran yang sedang terjadi.

Baca juga : rekomendasi aplikasi launcher untuk Android

Selain itu, KALM juga menyediakan semacam kuesioner tentang gratitude journal. Tujuannya agar pengguna merasa bahagia dengan pencapaian diri sendiri, bersyukur dengan hal-hal yang ada. Secara otomatis nantinya aplikasi akan mencocokkan konselor profesional sesuai kebutuhan Anda.

6. MindDoc : Your Mental Health Companion

Konsep yang digunakan hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya, tetapi untuk MinDoc lebih ke mentracking mood pada penggunanya sesuai jawaban dari beberapa pertanyaan. Fitur lainnya sama seperti aplikasi-aplikasi sejenis yaitu memberikan kursus tentang psikologi dan exercise-nya.

Dikembangkan oleh klinik psikologi ternama dengan kredibilitas baik sehingga tentunya memberikan penyembuhan bagi kesehatan jiwa penggunanya. Penyakit mental itu luas artinya, tidak harus seseorang yang masuk ke Rumah Sakit Jiwa. Bahkan stress juga masuk ke dalam masalah kesehatan sejenisnya.

Penutup

Rekomendasi aplikasi konsultasi psikologi gratis di atas bisa membantu Anda yang sedang merasa mengalami depresi.

Jika sering timbul rasa kesepian dan sendiri, dapat dipastikan Anda sudah memasuki fase awal kesehatan mental terganggu. Jika tidak dikelola dengan benar berakibat over thinking sehingga kecemasan mulai mengikuti.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.