Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 6 Keunggulan Email Bisnis yang Perlu Diketahui

2 min read

Keunggulan Email Bisnis

Keunggulan email bisnis – email bisnis termasuk jenis email yang dikhususkan untuk penggunaan bisnis pada sebuah perusahaan. Ini juga bisa digunakan sebagai strategi marketing dengan memanfaatkan email dalam mengirimkan promosi kepada para pembeli, atau calon pembeli.

Baca juga : jasa optimasi kualitas website professional

Setidaknya, terdapat beberapa perbedaan antara email pribadi dengan email bisnis. Pertama adalah penggunaan nama domain, kemudian fungsi dan peran, kapasitas data dan fitur-fitur didalamnya. Tentu, perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah dari penggunaan nama domainnya.

Pada email pribadi, domain yang digunakan adalah domain umum seperti gmail. Sementara jika email bisnis, tentu email tersebut berupa nama perusahaan. Adapun contoh dari email pribadi adalah, anita@gmail.com. Sedangkan untuk contoh email bisnis ialah halo@masdzikry.com.

Keunggulan Email Bisnis bagi Pengguna

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan email bisnis yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya, diantaranya yaitu:

1. Mempunyai Penggunaan yang Banyak

Email bisnis digunakan bukan hanya sebatas berkomunikasi dengan calon pelanggan tertentu saja, tapi juga dijadikan sebagai sarana promosi, dan juga branding perusahaan. Sehingga, ketika menggunakan email tersebut, merk atau brand utama bisa dilihat jelas oleh para penerima pesan tersebut.

2. Tingkat Kepercayaan yang Tinggi

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mengirimkan konten promosi menggunakan email pribadi. Hanya saja, Anda tidak bisa berharap lebih. Dengan kata lain, tidak bisa berharap bahwa konten tadi bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari si penerima email.

Karena ternyata, konten promosi yang dikirimkan lewat email pribadi biasanya akan dianggap atau dikira sebagai spam. Sehingga, hasilnya akan sangat berbeda jauh dengan saat Anda menggunakan email bisnis.

Di mana, para penerima email tersebut akan merasa lebih percaya dikarenakan email yang digunakan berakhiran nama domain perusahaan. Jadi, bisa kita simpulkan bahwasanya, penggunaan email marketing khusus sangat mempengaruhi kepercayaan pengguna.

3. Mempunyai Kapasitas data yang Bervariasi

Email bisnis mempunyai kapasitas penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan email pribadi. Dan yang perlu dicatat adalah, semakin besar dana yang Anda bayar, maka kapasitas yang akan diterima juga akan semakin besar. Termasuk fitur dan mutu pelayanannya, tentu akan jauh lebih lengkap, plus berkualitas.

4. Memiliki Harga Cukup Terjangkau

Untuk mendapatkan email pribadi, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Yakni, hanya perlu mendaftarkan diri ke Google. Sementara email bisnis itu berbeda, Anda perlu membeli domain terlebih dahulu mulai dari 100 ribuan untuk bisa membuat email bisnis khusus menggunakan fitur yang tersedia didalamnya.

Baca juga : jasa penerjemah dokumen bahasa inggris

Untuk harga dari domain email bisnis ini cukup bervariasi. Ada yang mahal dan ada juga yang murah, ini juga tergantung dari mutu layanan, fitur, dan juga kapasitas penyimpanan data yang Anda inginkan.

5. Mudah digunakan, seperti Email pada Umumnya

Kemudahan penggunaan email bisnis akan membantu Anda dalam melakukan promosi. Hanya saja, Anda memang dituntut untuk lebih aktif dalam menggunakannya.

Dan ketika membuat pesan pada email bisnis untuk penggunaan promosi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah isi pesan yang memang unik, mampu menarik perhatian calon konsumen, dan yang pastinya kreatif ya.

Anda dapat membuat kalimat pembuka yang menarik emosi para konsumen, berikan nama panggilan yang akrab, jangan lupa juga untuk mencantumkan beberapa gambar atau video agar lebih menarik, tambahkan informasi tentang perusahaan, dan akhiri dengan kalimat call to action.

6. Menjangkau Konsumen dengan Cepat

Tahukah Anda, bahwa semakin banyak orang yang Anda kirimi email, maka akan semakin banyak peluang mendapatkan untung. Dan salah satu keunggulan paling menarik dari promosi menggunakan email bisnis ini adalah memungkinkan Anda untuk menjangkau calon konsumen dimanapun mereka berada.

Dalam artian, bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Keren kan? Yang mana, hal ini yang pada akhirnya akan membuat keuntungan bisnis Anda terus meningkat.

Kesimpulan

Selain keenam keunggulan email bisnis diatas tadi, masih ada segudang keunggulan lainnya. Seperti mudah menargetkan penerima email bisnis, biaya yang cukup terjangkau, dampaknya bisa langsung dirasakan, proses dan hasilnya mudah diukur, ROI tinggi, menjaga komunikasi dengan customer, memberikan efek domino, dan lain sebagainya.

Sayangnya, selain memiliki berbagai keunggulan, tentu strategi marketing satu ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Seperti email yang Anda kirim bisa saja masuk ke folder spam, kadang ada time delay, dan tidak semua customer mempunyai email marketing.

Baca juga : tips membuat blog online dengan efektif

Maka, dari berbagai macam penjelasan di atas, Anda sudah memahami, bahwasanya penggunaan email bisnis memang jauh lebih unggul daripada menggunakan email pribadi. Khususnya untuk Anda yang terjun ke dunia bisnis, pengelola bisnis online, praktisi digital marketing, dan lainnya.

Untuk mendapatkan email bisnis ini, Anda dapat langsung menghubungi jasa penyedia email hosting. Bahkan, tidak ada salahnya juga untuk mulai mempelajari bagaimana caranya membuat email bisnis, dan juga signature email demi memberikan hasill komunikasi yang jauh lebih maksimal.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.