Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

5 Kelebihan dan Kekurangan Layar PLS TFT pada Ponsel

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Layar PLS TFT

Seiring perkembangan teknologi, gadget pun sudah menjadi kebutuhan primer yang yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di dunia. Salah satu fitur yang diunggulkan gadget adalah layar yang canggih seperti layar PLS TFT. Lalu apa sih yang dimaksud dengan layar PLS TFT? Apa saja kelebihan dan kekurangan layar PLS TFT tersebut? Nah, berikut penjelasannya.

Pengertian Layar PLS TFT

PLS (Plane to Line switching) adalah salah satu teknologi layar smartphone yang diproduksi oleh samsung. Teknolgi layar ini memiliki tujuan untuk memberikan kecerahan yang lebih baik, sudut pandang juga menjadi lebih baik, serta kualitas gambar juga akan semakin baik meskipun pada harga yang terjangkau.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar amoled

TFT kepanjangan dari Transitor Film Tipis yang merupakan salah satu teknologi layar panel yang dimiliki oleh Samsung. TFT ini merupakan jenis teknologi yang berfungsi untuk mengontrol transitor pada layar gadget. PLS TFT dari Samsung ini sudah cukup baik dalam menampilkan visual dari layar.

PLS TFT sudah banyak diaplikasikan pada smartphone kekinian, dimana smartphone yang memiliki teknologi ini biasanya memiliki ukuran yang cukup tebal. Smartphone yang memiliki teknologi ini juga akan membutuhkan banyak daya dikarenakan membutuhkan sumber cahaya dalam pengoperasiannya.

Gadget yang memiliki teknologi TFT memiliki kualitas yang sanagat bervariasi sesuai dengan harga pasarannya. Smartphone yang memiliki harga yang murah biasanya memiliki sudut pandang LCD yang sempit, sebaliknya dengan smartphone yang mahal, biasanya memiliki kualitas yang baik dan sudut pandang yang luas.

Kelebihan Layar PLS TFT

Layar PLS TFT memiliki kelebihan yang diunggulkan untuk memenuhi kebutuhan teknologi pengguna smartphone. Berikut beberapa keunggulan yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Harga Terjangkau

Layar PLS TFT ini dapat diperoleh dengan mudah karena harganya yang murah pada smartphone di pasaran. Layar PLS TFT ini dapat ditemukan pada smartphone Samsung yang memiliki harga yang terjangkau, sehingga peminatnya akan lebih mudah mendapatkannya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar ips laptop

Teknologi layar PLS TFT ini dapat diperoleh pada smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung. Beberapa smartphone yang memiliki teknologi ini antara lain yaitu Samsung Galaxy M11., Samsung Galaxy A11, Samsung Galaxy A01, Samsung Galaxy A20s, Samsung Galaxy A21s dan beberapa tipe Samsung Galaxy yang lain.

Harga beberapa smartphone tersebut di pasaran masih dibilang cukup terjangkau, hanya berkisar 1-1,5 juta. Masyarakat juga bisa mendapatkan smartphone tersebut di beberapa gerai Samsung yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda juga bisa mendapatkannya di beberapa gerai yang menjual smartphone dari berbagai merk.

2. Peningkatan Sudut Penglihatan

Layar PLS TFT saat ini menggunakan teknologi pada sudut penglihatan dengan kecerahan yang dapat meningkat hingga 10%.

Tingkat kecerahan yang dimiliki oleh PLS TFT ini dapat lebih cerah jika dibandingkan dengan beberapa layar dengan teknologi yang lain. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki layar TFT ini.

3. Memiliki Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Smartphone yang memiliki layar TFT memiliki kualitas warna dan kontras yang ukup baik. Kontras yang cukup baik dimiliki oleh layar ini akan menjadikannya lebih jelas. Warna yang ditampilkan akan lebih menarik jika dibandingkan dengan teknologi layar yang lain. Layar yang jelas akan memberikan suatu kepuasan bagi pengguna.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar oled

Kualitas warna yang baik akan menjadikan gambar yang diambil dari kamera akan lebih jelas dan akurat. Hasil video yang diambil juga akan terlihat lebih nyata di layar TFT ini. Tentu saja hal tersebut menjadi pilihan banyak pengguna yang menginginkan warna gambar dan video yang lebih jelas.

Kekurangan layar PLS TFT

Adapun beberapa kelemahan layar PLS TFT yang juga perlu Anda ketahui sebagai pertimbangan sebelum membeli layar jenis ini, diantaranya yaitu:

1. Masih Digunakan Pada Smartphone Murah

Layar PLS TFT ini masih hanya terdapat pada smartphone yang murah saja. Smartphone yang murah tentu saja memiliki banyak kekurangan di beberapa fiturnya, sehingga masih perlu banyak pertimbangan untuk membelinya.

Untuk saat ini, masih sedikit atau bahkan belum ada smartphone kelas atas atau mahal yang menggunakan teknologi layar jenis PLS TFT.

2. Pilihan Warna Yang Terbatas

Layar PLS TFT hanya memiliki sedikit pilihan warna untuk penggunanya. Warna yang disediakan juga masih teralu gelap dan kurang terang. Cara test untuk melakukan screenshoot gambar juga masih gelap dan lambat untuk anda yang membutuhkan kecepatan kinerja smartphone.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan xiaomi mi note 2

Kekurangan dari layar PLS TFT ini salah satunya yaitu pada kemampuan display fingerprint. Beberapa smartphone yang memiliki layar PLS TFT masih belum bisa melakukan display fingerprint yang biasa digunakan pada smartphone yang memiliki harga dan kualitas di atas rata-rata. Layar PLS TFT juga boros daya karena tingginya kecerahan yang ditampilkan oleh layar.

Penutup

Demikian beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan layar PLS TFT pada smartphone untuk anda. Ada baiknya anda lebih mencari informasi tentang spesifikasi smartphone sebelum membelinya.

Fitur dan spesifikasi smartphone berbeda beda sesuai dengan tipenya. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.