Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled pada Smartphone

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled

Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled – Bagi kamu yang sering mengamati perkembangan teknologi pada bidang gadget, tentu sudah familiar dengan istilah layar Amoled. Yap, layar ini merupakan jenis layar terbaik pada smartphone, terutama yang disematkan pada ponsel dengan OS Android.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan printer epson l3110

Nah di pembahasan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai beberapa keunggulan dan kelemahan layar amoled pada ponsel Android. Agar lebih jelas, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Layar Amoled

OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode yang merupakan LCD (Light Emitting Diode) dengan lapisan yang mampu memancarkan cahaya. Lapisan tersebut dibuat dari bahan organic sert ramah lingkungan.

Perlu Anda ketahui, OLED tidak memerlukan backlight atau sinar latar untuk menampilkan gambar di layar, dengan teknologi tersebut maka konsumsi daya dapat diminimalkan serta bisa menghasilkan level degan warna hitam lebih dalam dan pekat.

Teknologi canggih layar Amoled ini diciptakan oleh brand Samsung yang berada di Seoul, Korea Selatan. Teknologi canggih terbaru ini adalah kelanjutan dari perkembangan teknologi layar Thin Film Transistor (TFT).

Apa Itu Amoled?

Amoled sendiri adalah perpaduan antara teknologi TFT LCD konvensional dan OLED. Metode penambahan sendiri di sel organik pada LED adalah kunci dari kemajuan teknologi ini yang menjadikan antarmuka dan bentuk dari perangkat ini dapat mencapai titik ketebalan 1/1000 mm tanpa menurunkan ketajaman tampilan layar.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan LAN (Local Area Network)

Amoled adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Amoled merupakan varian teranyar dari OLED. layar ini memiliki rasio kontras yang tinggi dan konsumsi daya yang lebih hemat.

Akan tetapi, teknologi Amoled dalam menampilkan gambar di bawah sinar matahari masih cukup susah dilihat. Oleh karena itu, muncullah pembaharuan yakni panel layar super amoled yang mengurangi jarak antar layer pada panel instrumennya.

Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled

Di perangkat Android keluaran terbaru, penggunaan layar amoled sedang gencarnya digunakan karena memiliki berbagai keunggulan, diantaranya seperti tidak boros baterai dan tidak mudah tergores (rusak). Agar lebih jelas, simak pembahasannya dibawah ini.

Kelebihan Layar Amoled

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan penggunaan layar amoled yang banyak dibutuhkan oleh pengguna smartphone masa kini, diantaranya yaitu:

1. Irit Daya Baterai

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh layar amoled adalah daya baterai yang irit. Ini merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna smartphone, maka tak heran jika kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan radio

Smartphone dengan jenis layar amoled ini diklaim mampu menghemat daya baterai sekitar 30-40% apabila dibandingkan dengan layar yang lain, misalnya TFT ataupun layar IPS. Hal ini dikarenakan layar Amoled memakai backlight layer yang menjadikan pemakaian data lebih efisien.

2. Tampilan Gambar Lebih Jernih

Ponsel pintar yang dibekali dengan layar Amoled bisa menghasilkan gambar yang tajam, lebih jernih, nyaman dan indah di mata penggunanya. Terlebih warna hitam yang hadir dengan hitam pekat dan sempurna.

3. Terlihat Jelas meskipun Terkena Cahaya Matahari

Untuk ponsel yang tidak disematkan layar Amoled tentu akan merasakan tidak nyaman ketika memakai ponsel di luar ruangan sebab gambar yang disajikan tidak jelas.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet explorer

Tentu akan berbeda dengan ponsel yang dibekali dengan layar Amoled, masih tetap jelas meskipun dipakai di luar ruangan yang terkena sinar matahari.

4. Tidak Mudah Tergores

Layar amoled diklaim tidak mudah tergores sebab mempunyai lapisan pelindung pada bagian luar layar. Dengan demikian, kamu tidak wajib memakai pelindung layar. Layar Amoled ini tidak bisa dibandingkan dengan jenis Gorilla Glass, sebab Gorilla Glass merupakan jenis pelindung layar.

5. Dilengkapi fitur Always on Display

Yang lebih menarik dari layar Amoled ini adalah fitur always on display yang dimilikinya. Meskipun fitur ini bisa dipakai pada semua layar ponsel yang lain, akan tetapi layar Amoled diklaim lebih unggul sebab bisa memaksimalkan kinerjanya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan telegraf

Sehingga, penampilannya ketika ponsel dalam kondisi lock screen, maka layar akan tetap menyala dengan warna hitam serta menunjukkan keterangan waktu dan tanggal.

Kekurangan Layar Amoled

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun ternyata layar Amoled juga memiliki kekurangan. Adapun beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Terjadi shadow

Beberapa tahun belakangan ini banyak pengguna ponsel yang mengeluh sebab adanya banyangan di layar dan sangat mengganggu.

Bayangan di layar tersebut sebagian besar dialami pada layar ponsel Samsung, dan pada kenyataannya jenis layar Amoled ini paling sering mengalami masalah shadow.

2. Warna Putih yang Tidak Maksimal

Layar Amoled mempunyai warna putih yang tidak maksimal, sebab warnanya terkesan seperti kekuningan. Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan ponsel yang memakai jenis layar lain seperti TFT atau IPS.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komunikasi daring

Kekurangan layar Amoled ini menjadikan pengguna merasa kurang nyaman saat menampilkan gambar dengan warna putih. Oleh karena itu, tidak sedikit pengguna yang cenderung memakai dark mode.

3. Dead Pixel

Dead pixel merupakan kondisi beberapa pixel yang tidak bisa berperan. Kondisi ini mengakibatkan pengguna menjadi tidak nyaman sebab layar menunjukkan warna bintik-bintik yang mengganggu saat mengoperasikan ponsel.

Penutup

Nah, demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan layar Amoled yang sebaiknya kamu ketahui. Sebelum kamu memilih ponsel yang sudah dibekali dengan layar Amoled, ada baiknya kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu seputar berbagai keunggulan dan kelemahan yang dimilikinya. Semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.