11 Kelebihan dan Kekurangan Radio bagi Pengguna

6 min read

Kelebihan dan kekurangan radio

Kelebihan dan kekurangan radio – Radio ialah media massa yang digunakan untuk menyampaikan suatu berita atau pesan melalui suara ke banyak orang, teknologi radio telah digunakan di jaman dahulu hingga saat ini yang dapat diakses dengan cepat dan dapat dijangkau dengan mudah di pelosok desa terpencil.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan smartphone bagi pengguna

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, terciptalah teknologi smartphone yang kita kenal saat ini dan media radio mulai ditinggalkan penggunanya karena dianggap kurang efisien. Namun radio juga masih digunakan pada sebagian orang yang membutuhkannya, terutama daerah pelosok desa dengan akses minim sinyal dan internet.

Pengertian Radio

Radio adalah media komunikasi massa yang memiliki cara kerja dengan mentransmisikan suara secara bersamaan melalui gelombang yang ada di udara, kehadirannya hingga saat ini masih digunakan oleh sebagian besar masyarakat dalam menyampaikan berita atau pesan suara.

Teknologi radio pertama kali ditemukan pada tahun 1894 oleh seorang penemu Italia bernama Guigliermo Marconi. Pada dasarnya radio berkomunikasi melalui pancaran gelombang elektromagnetik yang dikirim dari pemancar stasiun radio dan kemudian diterima oleh perangkat radio, lalu ditahap inilah sinyal gelombang elektromagnetik dapat diubah kembali menjadi bentuk suara oleh perangkat radio tersebut.

Fungsi Radio

Adapun beberapa fungsi radio yang juga perlu anda ketahui diantaranya seperti menghibur, memberi informasi, menyiarkan berita, sarana media promosi dan menyampaikan pesan kepada para pendengar.

Dalam menyampaikan suatu berita atau pesan suara tersebut media radio mempunyai dua cara yang digunakan yaitu satu arah yang berasal langsung dari penyiar dan dua arah yang mengikut sertakan diskusi yang mendalam antara pendengar dan penyiar radio.

Kelebihan dan Kekurangan Radio

Dalam penggunaannya, radio memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan dibanding dengan media komunikasi lainnya, agar lebih paham simak pembahasannya dibawah ini.

Kelebihan Radio

Kelebihan radio

Berikut dibawah ini pembahasan lebih lanjut mengenai beberapa kelebihan radio bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Tidak membutuhkan banyak biaya dan sederhana

Penggunaan layanan radio cukup sederhana dan tersedia di banyak toko elektronik dengan harga yang relatif lebih murah. Oleh sebab itu penggunaan radio masih digunakan hingga kini oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu pelajar, orang dewasa ataupun lansia.

2. Dapat diakses dengan mudah dan dapat didengarkan secara offline tanpa koneksi internet

Kelebihan dan kekurangan radio yang selanjutnya ialah dapat diakses dengan mudah dan dapat didengarkan secara offline tanpa sambungan koneksi interenet.

Seperti yang kita tau bahwa saat ini layanan radio juga dapat diakses dengan mudah hanya melalui perangkat smartphone anda, terlebih lagi dalam penggunaannya tidak memerlukan koneksi internet (offline) dan hanya perlu sambungan headset sebagai antena radio.

3. Dapat digunakan untuk mendengarkan siaran jarak jauh

Seperti yang telah saya kutip sebelumnya di bagian pengertian radio bahwa media massa ini berkomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui stasiun radio dan kemudian diterima oleh unit radio tersebut. Sehingga kita tetap dapat mendengarkan siaran radio dari jarak yang jauh tanpa memerlukan perantara tambahan.

4. Lebih praktis dan fleksibel

Pada umumnya, perangkat radio hanya tersusun dari beberapa komponen, diantaranya seperti komponen baterai yang berperan sebagai sumber tenaga, lalu ada pengeras suara yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari siaran radio dan antena untuk menerima sinyal. Di era modern seperti saat ini perangkat radio juga mempunyai ukuran yang kecil seukuran smartphone, sehingga hal ini membuat radio menjadi lebih praktis dan fleksibel saat dibawa ke banyak tempat.

Perlu diketahui juga bahwa perangkat radio generasi pertama mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda dengan radio dimasa saat ini. Pada awalnya radio berbentuk seperti almari mini yang memakan banyak ruang dan cukup berat untuk dibawah ke banyak tempat layaknya perangkat  smartphone, akan tetapi radio terus dikembangkan dan memiliki berbagai bentuk yang simple, seperti yang telah kita ketahui saat ini.

5. Menjangkau daerah dengan akses sinyal yang minim

Keunggulan radio yang selanjutnya ialah menjangkau daerah atau wilayah dengan akses sinyal yang minim. Dalam penggunaannya, perangkat radio tidak memerlukan banyak sinyal seperti halnya sambungan internet. Oleh sebab itu radio banyak digunakan di daerah dengan minim sinyal seperti pedesaan.

7. Dapat digunakan untuk menargetkan pendengar di wilayah tertentu

Dalam hal ini, radio mempunyai kelebihan untuk menargetkan pendengar di wilayah tertentu yang dapat diatur sesuai dengan keperluan. Oleh sebab itu siaran radio dapat diterapkan untuk banyak pemirsa berdasarkan wilayah tertentu, tentu hal ini dapat digunakan lebih lanjut bagi para penyiar dalam menyampaikan suatu pesan atau sesuatu yang difokuskan pada obyek spesifik.

Kekurangan Radio

Kekurangan radio

Setiap hal yang ada didunia ini pasti memiliki kekurangan, begitu pula dengan teknologi radio. Berikut dibawah ini pembahasan mengenai beberapa kekurangan radio bagi pengguna yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Tidak ada gambar visual dan hanya berbentuk suara

Kelebihan dan kekurangan radio yang pertama ialah tidak ada gambar dan hanya berbentuk suara. Tentu hal ini sangat berbeda dengan perangkat televisi yang menyampaikan sesuatu menggunakan semua elemen seperti suara dan tampilan visual, baik itu gambar ataupun video.

Oleh sebab inilah perangkat radio kurang diminati oleh sebagian masyarakat dan mulai digantikan dengan penggunaan perangkat televisi sebagai media dalam menyampaikan komunikasi dan informasi. Tentu hal ini merupakan salah satu kelemahan radio yang dalam penggunaannya hanya memanfaatkan satu elemen yakni suara saja.

2. Siaran yang tidak dapat ditarik ulang

Dalam melakukan penyiaran suatu radio, pastinya memerlukan seorang penyiar dengan kemampuan yang cukup baik atau mumpuni dalam menyampaikan sesuatu, baik itu berita atau pesan. Hal paling mendasar yang dibutuhkan ialah tanggung jawab dan sikap yang selalu berhati-hati tentang apa yang hendak ia siarkan, sehingga sesuatu yang disampaikan kepada pemirsa radio menjadi lebih terarah dan jelas.

Tentu hal tersebut diperlukan karena sifat siaran yang ada didalam radio tidak dapat ditarik kembali, sekali menyiarkan radio langsung dapat didengarkan oleh banyak orang. Hal ini berbeda dengan media informasi seperti youtube yang dapat ditarik lagi ketika terdapat suatu kesalahan dalam penyampaian pesan atau hal lainnya.

3. Terkesan jadul dan kurang diminati oleh kalangan anak muda

Seperti yang kita tau bahwa saat ini media massa televisi dan sosial media lebih diminati oleh kalangan anak muda masa kini. Hal ini disebabkan karena media tersebut terdapat tambahan gambar visual dalam menyampaikan sesuatu, sehingga mempermudah mereka dalam memahami isi dari pesan atau berita yang disampaikan. Maka tak heran jika kebanyakan penikmat siaran radio saat ini berasal dari kalangan orang dewasa dan lansia.

4. Rentan mengalami gangguan sinyal

Kelebihan dan kekurangan radio yang terakhir ialah rentan mengalami gangguan sinyal. Dalam penggunaannya, siaran radio berkomunikasi melalui gelombang elektromagnetik.

Pancaran dari sinyal ini juga bisa terhambat apabila terdapat sejumlah gangguan seperti cuaca yang ekstrim, petir, hujan lebat atau hambatan lainnya yang menghalangi sinyal pemancar, baik itu pohon, gedung ataupun bentuk muka bumi itu sendiri.

Kriteria Radio

Menurut pakar akademi komunikasi BSI kota Jakarta bernama Yuda Triartanto mengatakan bahwa teknologi radio ialah media komunikasi massa yang mempunyai kriteria tertentu, diantaranya yaitu :

1. Bersifat auditori

Bersifat auditori yang berarti bahwa radio hanya dapat mengeluarkan suara yang mampu didengar oleh indra pendengar kita yaitu telinga dengan cukup terbatas. Hal ini menyebabkan para penyiar radio diharuskan untuk memberikan informasi yang dibahas secara detail, singkat dan jelas supaya lebih mudah untuk diketahui oleh pendengar.

2. Imajinatif

Seperti yang kita tahu bahwa radio merupakan jenis media komunikasi massa yang menggunakan audio dalam penyampaiannya yang hanya mampu didengarkan oleh pemirsa saja tanpa bisa disaksikan secara visual layaknya perangkat televisi.

Dalam hal ini radio juga dapat membuat persepsi yang berbeda bagi para pendengarnya, sehingga dapat menimbulkan efek theater of mind yang merupakan suatu keadaan dimana seseorang akan ikut terbawa oleh suasana dan membentuk imajinasi atau pola pikir baru ketika mendengarkan siaran radio tersebut.

3. Gaya percakapan yang khas

Kriteria radio yang selanjutnya ialah mempunyai gaya percakapan yang khas. Dalam menyiarkan radio terkadang penyiar membawa gaya bahasa dengan bentuk dialog kebiasaan sehari-hari yang mudah dipahami bagi pendengar. Tentu hal ini berbeda dengan gaya bahasa yang ada dalam siaran berita atau situs website resmi yang terkesan kaku dan harus mematuhi grammar.

Sehingga radio mempunyai ciri khas dalam menyampaikan sesuatu yang lucu, unik dan sesuai dengan situasi terkini dan membuat pendengar menjadi lebih betah dalam mendengarkan siaran radio tersebut. Lebih dari itu siaran radio juga dapat menjadi pusat trendsetter bahasa yang mengawali trend gaya bahasa kekinian.

4. Pembicaraan yang akrab

Apabila dibandingkan dengan jenis media massa lainnya, radio sendiri cukup akrab dengan para pendengarnya. Terkadang seorang penyiar radio melakukan siaran secara sendirian dengan diiringi musik dan dibeberapa waktu lainnya akan didampingi dengan satu atau dua penyiar lainnya yang menyampaikan hal dengan tujuan untuk menghibur, mendidik, memberi informasi ataupun mengiklankan produk kepada para pendengarnya.

Dalam hal ini, seorang penyiar radio juga dapat menghubungi para pendengar dan melakukan dialog ringan untuk sekedar mencari topik pembahasan ataupun curhat secara private. Sehingga dapat mempererat hubungan antara pendengar dan penyiar supaya menjadi lebih akrab lagi.

Interpersonal Communication pun dapat tercipta karena dialog yang ada dalam siaran radio tersebut bersifat subjectif. Oleh sebab itu radio dapat mempengaruhi pada perasaan para pendengar, seperti suara, perkataan ataupun musik yang ditampilan untuk mengiringi obrolan. Tentunya pendengar dapat menjadi lebih dekat dan merasa ia adalah teman akrabnya.

Hingga saat ini, banyak orang tetap menggunakan radio sebagai teman setia ketika sedih ataupun gembira dengan melakukan request lagu ke penyiar radio yang juga merupakan salah satu bentuk cara untuk menggambarkan perasaan para pendengar radio tersebut.

Sumber dan Kekuatan Radio

Pembahasan seputar radio yang terakhir ialah mengenai sumber dan kekuatan radio, hal pertama yang perlu diketahui yaitu bunyi atau suara yang merupakan kekuatan utama radio. Kemudian, sumber bunyi radio juga terbagi menjadi tiga macam, diantaranya yaitu :

1. Musik

Musik ialah salah satu alasan utama mengapa radio masih diminati oleh banyak orang. Musik merupakan bagian yang tidak bisa lepas dan telah menjadi ciri khas dari siaran radio, di era modern saat ini musik juga selalu mengiringi radio dengan format apapun seperti talkshows, sharing informasi ataupun diskusi santai. Tentu durasi musik yang diputar tergantung dengan prioritas siaran yang dibuat oleh team dari managemen siaran radio tersebut.

2. Suara/kata dari penyiar

Gaya bicara atau suara telah menjadi bagian penting dari penyiar radio, terkadang suara dan gaya bahasa penyiar juga dipengaruhi oleh program siaran radio yang hendak ditayangkan. Dalam hal ini, penyiar favorit ialah mereka yang dapat membuat kagum dan mengambil hati para pendengar radio.

3. Special effect

Sumber bunyi radio yang keberadaannya cukup penting ialah special effect yang merupakan suara pada radio yang telah diedit dan dirancang secara khusus untuk membangkitkan perasaan atau mood para pendengar siaran radio, sehingga dapat menimbulkan efek teatrikal ataupun theather of mind.

Hal ini memiliki tujuan untuk mendalami suasana dan mendramatisasi suaran yang juga dalam memberikan ilustrasi atau gambaran sebuah informasi yang akan diberikan kepada para pemirsa pendengar siaran radio.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan radio bagi pengguna yang perlu diketahui, semoga penjelasan diatas tadi kedepannnya dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dari saya dzikry dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *