Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

6 Kelebihan dan Kekurangan Layar IPS Laptop Terbaru

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Layar IPS Laptop

Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini monitor berteknologi IPS merupakan pilihan monitor terbaik yang untuk laptop kamu. Namun sudah tahukah kamu apa saja kelebihan dan kekurangan layar IPS laptop? Mari temukan jawabannya dalam penjelasan di bawah ini!

Mungkin dulu pilihan monitor dengan jenis layar TN merupakan pilihan terbaik dan paling ekonomis. Pilihan monitor TN ini menawarkan harga yang lebih murah dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dulu, monitor IPS masih sangat terbatas dan dipatok dengan harga yang lebih mahal.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar amoled

Namun untuk saat ini, kehadiran panel IPS membawa warna baru bagi masyarakat. Layar IPS kini hadir dengan harga yang lebih terjangkau demi menyesuaikan dengan kantong pemilik anggaran terbatas.

Ketika pilihan panel IPS dapat menjadi sesuatu yang ideal pada tampilan monitor laptop kamu, pasti hal tersebut juga tidak lepas dari sisi kelemahan yang dihadirkannya. Agar lebih jelas, ada baiknya kita ungkap definisi dari layar IPS serta kelebihan dan kekurangan layar ips laptop yang dihadirkan baru-baru ini.

Pengertian Layar IPS

In Plane Switching (IPS) adalah teknologi layar canggih bagi display kristal cair (LCD). Kemajuan teknologi canggih ini dirancang dengan tujuan mengatasi keterbatasan utama pada urusan sudut pkamung yang umumnya terletak pada teknologi layar TN (Twisted Nematik).

Kini, perkembangan teknologi IPS umumnya meliputi sudut pkamung (point of view) yang sangat kuat serta reproduksi ragam warna dengan tampilan yang jauh lebih baik.

Peralihan dalam sebuah layar IPS ini umumnya melibatkan antara setting serta pengalihan orientasi molekul pada lapisan kristal cair (LC) diantara substrat kaca. Sebenarnya hal ini dilakukan supaya objek dapat sejajar dengan plat kaca monitor.

Kelebihan dan Kekurangan Layar IPS Laptop

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan dan kelemahan layar IPS pada monitor laptop yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli laptop dengan jenis layar In Plane Switching.

Kelebihan Layar IPS Laptop

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat kamu ingin membeli monitor berteknologi layar IPS ini. Diantaranya yaitu:

1. Memiliki Sudut Pkamung atau Viewing Angle yang Lebih Baik

Kelebihan yang pertama dari layar IPS laptop adalah dari fitur sudut pkamung yang diklaim lebih baik apabila dibandingkan dengan jenis layar TN.

Baca juga : rekomendasi aplikasi sadap wa android

Bisa dibilang, kamu bisa melihat layar IPS melalui sudut yang lebih dangkal serta masih bisa melihat apa yang terdapat di panel tersebut tanpa banyak bahkan degradasi warna yang signifikan.

2. Warna yang Lebih Tajam

Kelebihan yang lain dari teknologi layar IPS yaitu pilihan ini lebih cenderung menampilkan reproduksi warna yang jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan layar IPS mempunyai kemampuan yang lebih bisa dikontrol serta tepat dalam mengelola cahaya yang melaluinya.

3. Dilengkapi Pilihan Kontras yang Bervariasi

Selain itu, layar IPS juga mempunyai nilai kontras lebih baik jika dibandingkan dengan layar TN, namun memang masih lebih rendah jika dibandingkan dengan layar VA.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar oled pada gadget

Dengan pilihan kontras yang jauh lebih baik ini tentu akan menjadikan semua tampilan yang disajikan (terutama film) mampu memberikan pengalaman terbaik.

Kekurangan Layar IPS Laptop

Meskipun layar IPS hadir di tengah masyarakat dengan beragam kelebihan, namun masih terdapat sisi minus meskipun tidak begitu signifikan.

Sebab dari sekian banyak fitur yang dihadirkan sangat bermanfaat sehingga mampu menutupi sisi minusnya. Namun, ada baiknya kamu mengetahui kekurangan layar IPS Laptop berikut ini, diantaranya yaitu:

1. Waktu Respon yang Dinilai Tidak Terlalu Cepat

Pilihan layar untuk keperluan gaming umumnya lebih mengutamakan pada waktu respon yang lebih cepat. Saat layar TN menawarkan waktu respon paling cepat, layar IPS masih berada jauh dibelakang layar TN dalam urusan ini.

2. Harga yang Lebih Mahal

Adakalanya saat membeli produk, kita akan memikirkan nilai ekonomis yang memiliki harga terjangkau. Adapun untuk layar IPS ini masih tergolong lebih mahal daripada layar TN. Namun demikian, harga layar IPS untuk saat ini sudah jauh lebih murah daripada harga sebelumnya.

3. Mengkonsumsi Lebih Banyak Listrik

Walaupun konsumsi listrik jenis layar IPS ini tidak terlalu besar, akan tetapi layar TN nyatanya memiliki konsumsi listrik yang jauh lebih kecil. Adapun tingkat perbedaan antara keduanya adalah 15%.

Kesimpulan

Apabila kamu mengharapkan sesuatu yang lebih sempurna dalam urusan layar pada laptop, maka tentu kamu harus memilih layar IPS ini. Terlebih jika kamu adalah seorang desainer yang memerlukan tingkat warna cukup tajam pada monitor.

Baca juga : perbedaan personalia dan hrd pada perusahaan

Akan tetapi, jika kamu mengharapkan layar yang cepat untuk keperluan gaming dan harga yang lebih terjangkau, maka kamu mungkin lebih cocok untuk memilih layar TN. yang terpenting adalah, pilihlah layar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu sediakan agar kamu tidak menyesal di belakang.

Nah, itu tadi ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan layar IPS laptop yang mungkin bisa kamu jadikan pertimbangkan saat ingin membeli perangkat monitor canggih berteknologi layar IPS. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca!

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.