Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

5 Kunci Keunggulan Siswa SMK di Era Modern

2 min read

Kunci Keunggulan Siswa SMK

Keinginan dari orang tua terkadang akan berbeda dengan keinginan anak dalam memilih sekolah impiannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempunyai kelebihan tersendiri serta mempunyai keistimewaan yang cukup menonjol. Lantas apa saja kunci keunggulan siswa SMK saat ini? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan kuliah online

Perlu kamu ketahui, dengan memilih SMK seseorang akan dibekali mengenai berbagai ilmu dan pengalaman kerja di jurusan yang dipilih, nantinya ini bisa dipraktekkan ketika lulus nanti. Namun hal ini juga perlu disertai dengan konsistensi dan giat belajar dalam menimba ilmu di SMK.

Kunci Keunggulan Siswa SMK

Bagi kamu yang ingin lulus dari jenjang pendidikan SMP, berikut beberapa kunci kelebihan pada siswa SMK yang sebaiknya kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Menguasai Keahlian Kejurusan

Siswa SMK mempunyai kemampuan dalam bidang yang diminatinya. Saat kamu masuk serta mendaftar di SMK swasta maupun negeri maka kamu diwajibkan untuk memilih jurusan untuk diampu. Jurusan yang dipilih tersebut menjadi pelajaran yang bisa ditargetkan serta dipelajari.

Kemampuan yang sering diambil oleh siswa yang baru masuk SMK cukup banyak, misalnya seperti Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Akuntansi (AK) dan lainnya.

Masing-masing sekolahan mempunyai kejuruan berbeda-beda. Jika kamu mencari sekolah SMK, ada baiknya kamu memilih sekolah yang mempunyai jurusan sesuai dengan minat dan bakat kamu. Sekolah SMK berusaha agar semua anak didik mereka bisa handal dalam keahlian yang diambilnya.

Guru yang nantinya akan mendidik siswa SMK lebih fokus pada pelajaran jurusan dibandingkan pelajaran yang lain. Waktu belajar bagi pelajar SMK juga sama dengan siswa SMA, akan tetapi pelajaran teori praktik bagi anak SMK diklaim lebih unggul.

2. Lebih Diutamakan Pelajaran Praktik Jurusannya

Pelajar SMK lebih fokus pada teori praktik dibandingkan dengan tulis, hal ini dikarenakan siswa SMK ditargetkan untuk mengikuti pelajaran kejurusan yang harus banyak dipelajari pada teori praktek.

Pelajaran siswa SMK sebenarnya sama seperti pelajaran SMA, namun yang menjadi kelebihan yakni anak SMK mempunyai tambahan pelajaran keahlian serta memiliki teori yang lebih banyak dibandingkan pelajaran yang lain.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jurusan multimedia

Teori praktek bagi anak SMK akan berbeda-beda sesuai dengan jurusan yang diambil. Jika kamu salah satu siswa SMK tentu tahu apa saja praktek yang banyak dipelajari di sekolah. Namun bukan berarti semua pelajaran di sekolah kejuruan selalu dengan prakte. Guru SMK juga menerangkan materi yang tidak luput dari teori tulis.

Teori pelajaran tulis diawali terlebih dahulu baru kemudian memperoleh teori praktek. Hal ini agar kamu bisa mengetahui tahapan sebelum terjun ke teori praktek yang diberikan. Dengan demikian, kamu tidak akan kerepotan atau bingung ketika memulai pelajaran praktek.

3. Mengikuti Prakerin (Prakterin Kerja Industri)

Hal yang akan dirasakan oleh siswa SMK yaitu diwajibkan untuk melakukan Prakerin atau praktek kerja industri. Praktek ini harus dilakukan jika ingin lulus berpredikat dan nilai yang bagus.

Upaya prakerin ini dilakukan oleh siswa SMK saat mereka berada di bangku kelas 2, akan tetapi ada pula sekolah yang melaksanakan program prakerin saat di kelas 3.

Prakerin sangatlah penting bagi siswa SMK. Manfaat dari program ini supaya kamu dapat mengerti serta mengetahui bagaimana cara untuk menjadi seorang karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan.

Maka dari itu, anak lulusan SMK akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan, sebab SMK memiliki keunggulan lebih dalam hal kesiapan bekerja.

4. Siap bekerja setelah lulus dari SMK

Keunggulan lain dari siswa lulusan SMK yakni siap untuk bekerja. Siswa SMK dapat bekerja dengan lihai berbekal skill yang dimiliki sejak berada di bangku sekolah. Ini juga akan menambah peluang bekerja yang lebih besar daripada lulusan SMA.

Baca juga : kelebihan dna kekurangan jurusan IPS SMA

Dari segi keahlian, siswa SMK tentu lebih ahli untuk mencari pekerjaan. Hal ini sebabnya, banyak lulusan siswa SMK yang langsung mendapat pekerjaan.

Jumlah pengangguran yang tercatat sekarang ini kian membludak, ini menjadikan pelajar SMK semakin bersemangat untuk belajar. Bagi lulusan siswa SMP banyak yang lebih suka masuk di sekolah SMK karena memiliki keinginan untuk bisa langsung bekerja tanpa harus menganggur terlalu lama setelah lulus sekolah.

5. Lebih Mudah Membuka Peluang Usaha (Wirausaha)

Setiap orang tentu memiliki keyakinan yang berbeda untuk mencari maupun memilih jalan karir mereka. Bagi siswa SMK di era sekarang ini banyak yang beranggapan bahwa mereka lebih suka membuka usaha sendiri dibandingkan dengan bekerja dengan orang lain.

Memang untuk membuka usaha tersebut diperlukan modal awal. Namun dalam mencari modal untuk usaha akan lebih mudah jika mereka memiliki keinginan dan ketekatan yang tinggi.

Tidak harus memiliki ijasaah sarjana untuk membuka usaha, siswa lulusan SMK dengan pemikiran maju tentu bisa membuka peluang usahanya secara mandiri. Berbekal keahlian yang diampunya sejak berada di bangku sekolah tentu menjadikan siswa SMK mempunyai ide genius untuk memanfaatkan skill tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu tadi kunci keunggulan siswa SMK yang sebaiknya kamu ketahui terutama bagi kamu yang ingin lulus dari SMP. Banyak sekali keunggulan yang akan kamu rasakan ketika menjadi siswa SMK, jadi masih ragukah kamu untuk masuk sekolah SMK?, semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.