Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

5 Kelebihan dan Kekurangan IPS LCD pada Layar Gadget

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan IPS LCD

Kelebihan dan kekurangan IPS LCD menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi seseorang yang berniat menukar layar panelnya ke jenis layar ini. Sebab, IPS LCD telah menjadi salah satu layar panel terfavorit di era ini. Sehingga tak heran, seseorang hendak mengikuti tren dan mencoba menggunakan jenis LCD ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan layar oled

Namun, tidak semua orang mengetahui dengan jelas tentang IPS LCD sebab jenis panel ini benar – benar membutuhkan penjelasan ekstra. Melalui artikel ini kamu akan memahami penjelasan mengenai layar panel IPS LCD tersebut. Pastikan kamu benar – benar paham seputar informasinya agar dapat memilih keputusan yang tepat.

Penjelasan Tentang IPS LCD

IPS LCD menjadi layar panel yang telah digunakan oleh berbagai platform gadget. Sehingga, era belakangan ini cukup banyak platform gadget yang menggunakan teknologi ini untuk memperbaharui kualitas layarnya.

Akan tetapi, apa sebenarnya IPS LCD tersebut dan apa saja yang menarik di dalamnya? Akan terjawab berdasarkan jawaban berikut ini:

Apa itu IPS LCD?

IPS LCD merupakan teknologi baru dari layar panel yang disesuaikan pada sebuah platform gadget. Teknologi ini didesain dengan tampilan kristal cair, dimana molekulnya disusun secara rapi, rapat, dan sejajar, sehingga benar – benar memanjakan tampilan platform gadget bagi anda penggunanya.

Apa Teknologi Spesifik yang Digunakan Oleh IPS LCD?

Adapun teknologi spesifik yang digunakan oleh IPS LCD adalah teknologi IPS itu sendiri yang merupakan singkatan dari In Plane Switching.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer

Adapun teknologi ini dirancang dari teknologi lama Bernama TFT LCD. Sehingga, IPS LCD merupakan pembaharuan dari TFT LCD tersebut dengan teknologi yang lebih baik dan lebih menantang.

Bagaimana Cara Kerja Layar IPS LCD tersebut?

IPS LCD tersebut seperti yang telah disebutkan memanfaatkan teknologi dari hasil kristal cair. Dimana cara kerja layar ini yaitu kristal cair yang disusun secara rapi dan rapat serta sejajar akan menghasilkan titik cahaya.

Titik cahaya tersebut kemudian akan memproses tampilan layar dengan baik dan berkualitas unggul terutama dalam segi warna.

Kelebihan dan Kekurangan IPS LCD

Kelebihan dan kekurangan IPS LCD merupakan patokan utama seseorang ketika memilih jenis layar panel ini sebelum membeli platform gadgetnya.

Selain itu, dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh IPS LCD tersebutlah seseorang menjadi semakin tahu bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh salah satu panel layar terpopuler di era modern seperti saat ini.

Kelebihan IPS LCD

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan IPS LCD pada layar gadget masa kini yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Tampilan Warna yang Dihasilkan Berkualitas dan Natural

Kelebihan pertama yang dapat kamu miliki ketika memilih layar panel IPS LCD untuk platform gadget adalah tampilan warna yang dihasilkan lebih berkualitas dan natural.

Baca juga : pengertian dan manfaat internet of things

Sehingga, warna dari tampilan gadgetmu lebih sehat untuk dipandang oleh mata. Selain itu, dengan kualitas warna natural tersebut, kamu jadi lebih mudah mengakses gambar penting.

2. Biaya Lebih Murah dengan Hasil Memuaskan

Kelebihan kedua dari pemilihan layar panel IPS di LCD adalah biaya yang lebih murah dengan hasil memuaskan. Hal ini disebabkan oleh produksinya yang bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan jenis layar panel lainnya, seperti Amoled.

Meskipun, kualitasnya juga tidak kalah unggul dengan jenis layar panel tersebut, terutama dalam segi pencahayaan dan ketajaman warna.

3. Lebih Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang akan didapatkan seseroang ketika memilih laayr panel IPS LCD adalah ketahanannya yang lebih awet dan tahan lama berserta dengan kualitasnya yang sangat unggul.

Hal ini disebabkan oleh teknologinya yang lebih ramah dan bebas dari efek burn – in yang kerap digunakan pada layar panel jenis lainnya.

Kekurangan IPS LCD

Adapun beberapa kelemahan IPS LCD pada layar gadget yang seringkali dialami pengguna smartphone, diantaranya yaitu:

1. Penggunaan Baterai yang Cukup Boros

Kekurangan pertama dalam memilih layar panel IPS LCD adalah penggunaan baterainya lebih boros dibandingkan dengan jenis layar panel lainnya.

Baca juga : manfaat dan tujuan press release media nasional

Hal ini juga sebab terdapat berbagai efek atau penggunaan kualitas warna yang lebih kuat tanpa antisipasi dalam segi daya. Akan tetapi, hal ini tidak membuat panel ini melewatkan kualitasnya yg natural.

2. Dalam Segi Fisik Lebih Berat

Tampilan merupakan kekurangan selanjutnya yang dimiliki ketika seseoang memilih layar panel IPS LCD pada platform gadgetnya.

Adapun tampilan yang ditawarkan oleh jenis panel ini adalah dari segi fisiknya yang lebih berat dibandingkan dengan jenis layar panel lainnya. Sehingga, jika digunakan pada smartphone, beratnya akan lebih terasa meskipun tetap tidak melebihi kapasitas berat smartphone pada umumnya.

Penutup

Kelebihan dan kekurangan IPS LCD di atas dapat dijadikan sebagai referensi atau bahan pertimbangan bagi kamu yang hendak membeli sebuah platform gadget, baik itu TV, Smartphone, tablet, dan lain – lain.

Melalui berbagai informasi di atas juga kamu bisa menambah pengetahuan seputar layar panel berjenis IPS LCD tersebut. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca hingga selesai, semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.