Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

3 Tips Cara Mengatasi Virus Ransomware dengan Tepat

3 min read

Ransomware merupakan jenis virus komputer sangat berbahaya dalam beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini belum terdapat cara mengatasi virus Ransomware dengan cepat di PC yang dapat bekerja 100% tanpa kendala.

Baca juga : 3 Langkah Cara Mematikan Antivirus McAfee di PC Windows

Program yang merusak tersebut akan melakukan enkripsi pada data di komputer yang terinfeksi dengan sangat cepat. Akibatnya data yang terpapar virus tersebut tidak dapat Anda gunakan meski virus dihilangkan.

Oleh karena itu, tindakan pencegahan dan penanganan awal menjadi sangat penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik perangkat. Hal tersebut menjadi solusi terjadi dalam menanganani virus Ransomware dalam rutinitas menggunakan perangkat.

Cara Mengatasi Virus Ransomware dengan Mudah

Dalam perkembangan software dan perangkat komputer, virus Ransomware memiliki sejumlah penanganan yang cukup efektif meski tergolong ke dalam program yang sangat berbahaya.

Beberapa solusi dan penanganan bahkan terhitung dapat menjauhkan Anda sepenuhnya dari virus tersebut.

Cara Mengatasi Virus Ransomware

Namun sebagian besar solusi tersebut berada dalam kelompok pencegahan. Hal tersebut sejatinya sudah menjadi kebutuhan dasar pengguna komputer di masa saat ini.

Adapun beberapa langkah sederhana yang dapat Anda tempuh antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Virus Ransomware Dengan Antivirus

Program antivirus menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi virus Ransomware. Dalam pemilihannya pun tersedia berbagai versi program gratis dan berbayar.

Kedua tipe program memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun secara umum, data dari berbagai program antivirus telah diperbarui untuk mengenali ancaman Ransomware.

Dalam sejumlah versi berbayar, terdapat perlindungan yang juga memungkinkan proteksi pada aktivitas di dunia maya.

Hal tersebut tentu menjadi elemen yang sangat membantu dalam rutinitas sehari-hari di sekolah, kantor, dan berbagai kegiatan lain. Namun di baliknya tentu terdapat biaya yang perlu Anda penuhi.

Baca juga : 5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer sampai Bersih

Di sisi lain, versi gratis berbagai program antivirus dapat Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Di saat bersamaan, Anda juga perlu melakukan sejumlah langkah ekstra sebagai pengganti biaya yang seharusnya Anda keluarkan pada versi premium. Apabila Anda mampu memenuhinya, maka secara umum perangkat akan terhindar dari Ransomware.

Pada penggunaan program antivirus, Anda perlu memperhatikan lisensi yang terpasang. Hindari mendapatkan akses fitur premium dengan fasilitas program pembajak atau crack.

Hal tersebut tentu juga akan membahayakan perangkat dan data Anda. Adapun beberapa program antivirus yang cukup populer dalam mencegah hadirnya virus Ransomware pada perangkat antara lain:

  • Windows Defender;
  • Kaspersky;
  • ESET;
  • Avast; dan
  • Avira.

Dengan program antivirus tersebut, Anda bisa melakukan scan secara berkala pada data di dalam perangkat.

Program akan dengan mudah mengenali aplikasi dan data mencurigakan yang ditemukan dalam prosesnya. Tujuannya adalah agar perangkat selalu dalam kondisi aman dari serangan virus.

2. Jangan Membayar Tebusan

Data yang mengalami enkripsi dari virus Ransomware umumnya menyertakan informasi tebusan dan kontak dari pelaku. Pihak tersebut umumnya bersifat anonim dan cukup sulit ditemukan. Beberapa kasus bahkan berada di luar wilayah negara yang sangat sulit Anda deteksi dan temukan untuk menuntut pertanggungjawaban.

Pada umumnya, pihak tersebut akan meminta tebusan pada pengguna agar data dapat kembali Anda gunakan. Namun dalam situasi tersebut, Anda sebaiknya tidak panik dan terburu-buru mengambil keputusan.

Hindari juga memenuhi keinginan pihak tersebut untuk membayar tebusan yang umumnya tidak kecil. Jumlah yang umumnya pelaku inginkan tidak sedikit dan akan memberatkan Anda. Dalam beberapa kasus, korban juga menjadi tindak penipuan yang bersambung.

Baca juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Antivirus Android Masa Kini

Jadi Anda beresiko tidak menerima kembali data meski tebusan telah diberikan. Hal tersebut berkaitan dengan data anonim dari pelaku.

Maka, langkah terbaik adalah dengan tidak memenuhi permintaan tersebut. Sementara Anda dapat mencari solusi lain pada perangkat, data, dan kepentingan Anda di dalam komputer. Beberapa langkah yang dapat Anda tempuh antara lain:

  • Menghubungi relasi yang memiliki cadangan data;
  • Mengkonfirmasi situasi pada pihak terkait apabila data berhubungan dengan pekerjaan;
  • Mencari program dekripsi yang tersedia untuk membuka data terkunci; dan
  • Menghubungi layanan perbaikan komputer terpercaya.

Dengan mengaktifkan program antivirus, umumnya virus Ransomware akan dapat Anda deteksi dan lebih mudah menghapusnya. Namun langkah tersebut tidak menjadi solusi bagi kondisi data yang telah terenkripsi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari solusi pada forum terpercaya dan mendapatkan program dekripsi yang tersedia.

Beberapa program dekripsi umumnya akan membutuhkan waktu cukup lama hingga rampung dikembangkan. Sehingga beberapa data yang Anda miliki perlu mendapat pencadangan pada perangkat lain sambil menanti program dekripsi pada tipe Ransomware terkait selesai dan rilis.

3. Mencadangkan File Secara Rutin

Mencadangkan file menjadi kebutuhan dalam cara mengatasi virus Ransomware paling mudah dan cukup aman.

Proses ini bisa Anda lakukan dengan mengunggah file ke Google Drive dan berbagai layanan cloud storage lainnya atau menyimpan pada perangkat berbeda.

Namun dalam prosesnya, pastikan setiap data telah menjalani pemindaian. Sehingga program dan data yang Anda cadangkan tidak menjadi sumber penyebaran program berbahaya yang justru meresikokan data lain.

Dengan mencadangkan data, Anda akan memiliki versi pengganti apabila data terkena dekripsi dari virus Ransomware.

Penutup

Demikian ulasan tentang cara mengatasinya virus Ransomware yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Beberapa tips tersebut lebih terletak dalam upaya pencegahan.

Hal tersebut berkaitan dengan berbahaya dan cepatnya program tersebut berkembang serta menyebar. Namun langkah-langkah tersebut juga tergolong cukup mudah dan tidak memakan biaya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Windows 7 Terbaru

Hindari juga sikap panik dan melakukan arahan yang tidak bertanggung jawab dari pihak anonim seperti membayar tebusan yang pihak lain minta.

Lakukan pemindaian berkala untuk mengetahui kondisi perangkat Anda. Hal tersebut akan menghindarkan data-data di dalam perangkat terenkripsi secara ilegal oleh virus Ransomware.

Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.