Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

5 Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Windows 7 Terbaru

4 min read

Anti Virus terbaik untuk Windows 7 dibutuhkan pengguna sistem operasi tersebut untuk meningkatkan keamanan perangkat dari berbagai ancaman. Hal tersebut menjadi lebih krusial jika melihat status sitem operasi Windows 7 yang saat ini sudah tidak mendapat dukungan penuh lagi.

Baca juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Antivirus Android Masa Kini

Opsi meningkatkan sistem operasi ke versi yang lebih canggih terkadang memerlukan waktu ekstra. Sementara perkembangan teknologi juga melahirkan versi-versi baru dari virus dan software berbahaya yang bisa menjadi ancaman saat beraktivitas dengan komputer Anda.

Alasan Penggunaan Anti Virus Terbaik Untuk Windows 7

Untuk keamanan data dan perangkat, alternatif Anti Virus terbaik untuk Windows 7 untuk perangkat Anda yang menggunakan sistem operasi tersebut. Di samping itu, terdapat beberapa pertimbangan lain yang mendorong Anda harus menggunakan Anti Virus terbaik untuk Windows 7.

1. Tingginya Aktivitas Internet

Mayoritas rutinitas harian saat ini terhubung dengan internet secara kontinyu. Di saat bersamaan, berbagai ancaman keamanan mengintai dari dunia maya. Hal tersebut dapat berhubungan dengan data penting, informasi pribadi, dan kinerja perangkat Anda.

Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Windows 7

Ancaman tersebut dapat berupa software berbahaya terselubung, pop-up iklan, email, link scamming, dan berbagai metode lain.

Anda tidak mungkin menangani hal tersebut satu per satu. Sehingga Anda akan membutuhkan Anti Virus terbaik untuk Windows 7 pada perangkat Anda.

2. Windows 7 Sudah Berhenti Mendapat Dukungan

Pihak Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungannya pada sistem operasi Windows 7 di seluruh dunia. Kebijakan tersebut berlaku sejak Januari 2020 lalu. Hal tersebut tentu menjadi alarm bagi pengguna sistem operasi Windows 7 di seluruh dunia.

Opsi yang tersedia adalah meningkatkan sistem operasi ke versi yang lebih canggih. Saat ini sudah tersedia beberapa sistem operasi baru seperti Windows 8 dan 8.1, Windows 10, serta Windows 11. Selain itu terdapat opsi Linux dengan berbagai variannya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Baca Komik Bahasa Indonesia

Namun hal tersebut tentu tidak selalu berjalan mudah, khususnya saat berhubungan rutinitas data, aplikasi, dukungan perangkat, dan berbagai hal lain.

Sehingga opsi lain yang dapat menjadi pilihan adalah memperkuat keamanan dengan menggunakan Anti Virus terbaik untuk Windows 7.

3. Resiko Virus dari Perangkat Lain

Ancaman virus juga terdapat pada perangkat lain, terlebih jika komputer memiliki rutinitas lalu lintas data. Perangkat seperti flash disk dan hard disk milik orang lain tidak dapat terjamin kondisinya. Anda juga tidak dapat mengatur hal-hal tersebut yang berada di luar kendali.

Pilihan yang tersedia bagi komputer yang masih menggunakan Windows 7 adalah memperkuat pertahanan di dalam. Pertahanan perangkat Anda dapat semakin lengkap dengan salah satu pilihan anti virus terbaik untuk Windows 7 dalam rekomendasi berikut.

Selain itu, Anda juga tetap harus bersikap lebih ketat dalam menyaring perangkat yang bisa terhubung ke komputer atau laptop dengan Windows 7. Utamakan proses transfer data tanpa koneksi langsung untuk menurunkan resiko penyebaran virus dan malware pada komputer Anda.

Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Windows 7

Terdapat sangat banyak pengembangan software dan hasil perangkat lunak anti virus yang dapat menjadi pilihan. Beberapa program tersebut bahkan memberi akses pada seluruh fiturnya secara gratis. Namun tidak jarang pengembang juga membatasi fitur tertentu dengan biaya lisensi.

Tentu hal tersebut sangat wajar sebab pengembang memerlukan biaya tinggi dalam pekerjaannya. Di saat bersamaan, pengguna yang membayar juga mendapat layanan ekstra untuk menjamin keamanan perangkatnya. Adapun rekomendasi anti virus terbaik untuk Windows 7 adalah sebagai berikut.

1. Kaspersky Total Security

Kaspersky terkenal sebagai salah satu brand pengembang anti virus terbaik di dunia. Produk Kaspersky Total Security memiliki fitur yang menyeluruh untuk keamanan perangkat Anda. Software tersebut sudah memiliki fitur-fitur pendukung yang lengkap, antara lain:

  • Decent Parental Control untuk mengelola aktivitas perangkat oleh anak di bawah umur;
  • Secure Browser untuk mengamankan aktivitas browsing Anda dari berbagai resiko;
  • Anti-theft Protection untuk melindungi data personal dan dokumen penting dalam perangkat;
  • Webcam Protection untuk menjaga perangkat Anda dari akses ilegal; dan
  • VPN untuk memberikan akses internet aman dengan kerahasiaan identitas.

Sayangnya salah satu anti virus terbaik untuk Windows 7 ini tidak memiliki versi gratis. Untuk menggunakan Kaspersky Total Security, Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp500.000,- per tahun untuk satu perangkat. Tetapi Anda juga bisa melakukan uji coba secara gratis terlebih dulu.

Baca juga : 5 Tips Cara Menghilangkan Virus di Komputer dengan Efektif

Versi uji coba tersebut berlaku selama satu bulan dengan akses penuh seluruh fitur Kaspersky Total Security. Anda bisa mendapatkan versi uji coba di halaman resmi brand Kaspersky. Jika merasa sesuai, Anda dapat melanjutkan penggunaan dengan biaya tersebut setelahnya.

2. Microsoft Security Essentials

Meski sudah tidak memberikan pembaruan pada sistem operasi Windows 7, Anda tetap bisa mendapatkan dukungan keamanan melalui software Microsoft Security Essentials. Anti virus tersebut dapat berjalan dengan baik pada Windows 7 dan tetap mendapatkan pembaruan hingga saat ini.

Hal tersebut membuat Microsoft Security Essentials menjadi salah satu pilihan anti virus terbaik untuk Windows 7. Pertimbangan khususnya berada pada Microsoft sebagai pengembang dari dua produk sistem operasi dan software keamanan tersebut.

Anda bisa mengunduh Microsoft Security Essentials secara gratis di halaman resmi Microsoft. Anda juga dapat melengkapi pembaruan identifikasi pada program berbahaya dan virus lainnya secara berkala melalui halaman resmi perusahaan teknologi tersebut.

3. AVG AntiVirus

Brand AVG AntiVirus merupakan salah satu opsi perlindungan perangkat paling populer di dunia. AVG menawarkan perlindungan menyeluruh pada perangkat Anda, termasuk:

  • Perlindungan malware dan program berbahaya;
  • Proteksi email, termasuk akun dan spam;
  • Pembaruan berkala pada definisi virus baru; dan
  • Perlindungan terhadap aktivitas phising.

Brand AVG menawarkan seluruh perlindungan tersebut secara gratis untuk penggunanya. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan brand AVG menjadi salah satu anti virus terbaik untuk Windows 7. Di sisi lain, AVG juga menawarkan perlindungan menyeluruh pada aktivitas dengan internet.

Perlindungan tersebut terdapat pada produk AVG Internet Security dan AVG Ultimate. Dua produk lain milik AVG tersebut dibandrol dengan harga langganan Rp300.000,- dan Rp500.000,- per tahun.

4. Avira

Avira terkenal dengan produk anti virus yang ringan untuk berbagai perangkat. Serupa dengan AVG, produk Avira juga menawarkan layanan gratis untuk berbagai perlindungan perangkat Anda. Namun Avira memiliki fokus proteksi pada beberapa hal dasar, antara lai:

  • Proteksi virus, program berbahaya, dan malware;
  • Perlindungan privasi dalam aktivitas perangkat; dan
  • Dukungan performa perangkat dengan beban kerja yang ringan.

Avira memiliki fitur Phantom VPN untuk perlindungan data pribadi saat akses internet. Selain itu, Avira juga memiliki fitur password manager untuk mengelola kata sandi di berbagai platform secara lebih aman.

Untuk perlindungan lebih lengkap, Avira memiliki produk Avira Internet Security dan Avira Prime. Kedua layanan tersebut dapat ditebus dengan harga Rp360.000,- dan Rp610.000,- per tahun langganan.

Performa seluruh produk Avira yang terbukti sangat ringan menjadikannya salah satu anti virus terbaik untuk Windows 7, khususnya pada komputer dan laptop dengan spesifikasi teknis minim.

5. Avast Antivirus

Brand anti virus Avast terkenal di kalangan pecinta gadget sebagai produk anti virus dengan harga sangat miring. Meski begitu, produk Avast dapat diandalkan untuk melindungi komputer dan aktivitas penggunanya.

Baca juga : 5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer sampai Bersih

Bahkan Avast juga memiliki versi gratis yang dapat digunakan tanpa syarat. Dalam versi gratis tersebut, pengguna bisa meniktmati fitur:

  • Antivirus cerdas yang mendeteksi dan memblokir ancaman berbahaya bagi perangkat secara otomatis;
  • Secara rutin mengirim data mencurigakan ke layanan cloud untuk dianalisa;
  • Menganalisa koneksi internet berbahaya yang mengancam perangkat Anda; dan
  • Analisa menyeluruh pada sistem operasi, browser, dan berbagai file.

Seluruh fitur tersebut dapat dinikmati secara gratis. Anda dapat mengunduh program Avast Free Antivirus di halaman resminya.

Selain itu, Avast juga memiliki produk Avast Premium Security dan Avast Ultimate. Produk Avast Premium Security menawarkan tambahan perlindungan pada proses menggunakan internet, belanja online, dan perlindungan pada aktivitas daring Anda.

Sementara Avast Ultimate merupakan produk bundling yang sudah meliputi Avast Free Antivirus, Avast Premium Security, dan tambahan layanan VPN serta perlindungan identitas.

Kedua layanan tersebut dapat ditebus dengan biaya Rp200.000,- per tahun untuk Avast Premium Security dan Rp300.000,- per tahun untuk penawaran bundling Avast Ultimate.

Harga Avast merupakan yang paling terjangkau di antara penawaran lainnya. Namun performanya tersbukti menjadi salah satu anti virus terbaik untuk Windows 7. Produk Avast layak dijadikan pilihan untuk mengamankan data dan perangkat Anda.

Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.