Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

3 Langkah Cara Mematikan Antivirus McAfee di PC Windows

2 min read

Cara Mematikan Antivirus McAfee di PC Windows

McAfee adalah salah satu anti virus yang digunakan pada PC atau sebuah laptop. McAfee menjadi antivirus yang terkenal sangat efektif untuk memberantas virus membandel. Pengguna juga perlu mengetahui cara mematikan antivirus McAfee ini.

Hal ini perlu Anda ketahui karena sensitivitas dari antivirus ini seringkali dapat menghapus file berkapasitas besar, sehingga dapat membuat aplikasi tidak berjalan lancar.

Baca juga : tips cara mencegah infeksi virus ransomware

Beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan sementara antivirus ini. Terutama saat ingin menginstal sebuah aplikasi. Tujuannya agar antivirus ini tidak menghambat.

Selain itu, kadang juga ada yang ingin mematikan secara permanen dan menggantinya dengan yang lain. Berikut ini cara mematikan sementara dan mematikan secara permanen antivirus McAfee, antara lain:

Cara Mematikan Antivirus McAfee

Mematikan antivirus ini secara sementara bisa mencegah terjadinya kegagalan saat menginstal sebuah aplikasi. Selain itu, PC atau laptop bisa melakukan update aplikasi dengan lancar. Berikut cara mematikan sementara antivirus McAfee, yaitu:

1. Buka Antivirus McAfee

Pertama buka antivirus McAfee yang terpasang pada PC atau laptop yang digunakan. Cara membukanya bisa langsung klik pada ikon antivirus McAfee, atau kalau belum ada bisa klik taskbar di sebelah kanan PC atau laptop.

Lalu klik ikon atau aplikasi yang dihidden dengan cara klik tombol show hidden. Lalu klik dua kali pada opsi McAfee total protection.

2. Pilih Menu Setting

Setelah menu terbuka, langsung cari menu setting pada tampilan utama. Menu setting biasanya memiliki ikon sebuah mesin gir. Menu setting banyak sekali submenu yang tentunya digunakan untuk mengatur bagaimana jalannya sebuah aplikasi.

3. Klik Turn Off

Cara mematikan antivirus McAfee untuk waktu sementara pada langkah ketiga adalah dengan cara pilih tombol turn off pada menu setting.

Baca juga : cara membuat virus trojan sederhana di windows

Turn off akan ada setelah menu setting, kemudian setelah menekan tombol turn off maka akan muncul waktu berapa lama ingin menonaktifkan aplikasi ini. Silakan pengguna bisa mengatur waktu berapa lama yang diinginkan, atau juga bisa memilih never untuk tidak mengaktifkan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mematikan Permanen Antivirus McAfee

Mematikan antivirus McAfee secara sementara, aplikasi antivirus tersebut tetap masih terpasang di PC atau Laptop. Sedangkan jika ingin mematikan secara permanen adalah dengan uninstall aplikasinya.

Cara ini juga dapat dilakukan jika memang pengguna ingin mengganti dengan antivirus yang lain. Langkah-langkahnya cukup mudah diikuti bagi pemula juga. Berikut ini ulasan cara mematikan secara permanen, yaitu:

1. Buka Control Panel

Apabila pengguna ingin mematikan antivirus McAfee secara permanen adalah dengan uninstall melalui control panel. Untuk membuka menu control panel, bisa melalui pencarian ketik control panel. Kemudian klik ikon control panel yang telah muncul.

2. Pilih Uninstall a Program

Setelah menekan ikon control panel, selanjutnya muncul tampilan yang di dalamnya memuat berbagai pengaturan yang ingin dipilih. Pengguna silahkan pilih menu Uninstall a Program.  Lalu setelah diklik akan muncul tampilan banyak aplikasi yang terpasang di PC atau laptop pengguna.

3. Klik Uninstall

Setelah tampilan dari menu uninstall a program terpampang banyak sekali aplikasi. Pengguna silahkan pilih aplikasi antivirus McAfee. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu pilik uninstall.

Baca juga : cara melihat bit pada laptop windows 10

Maka akan muncul tampilan selanjutnya. Klik lagi uninstal di tampilan tersebut pada kotak dibagian kanan bawah.  Tunggu hingga prosesnya selesai.

Penutup

Demikian cara mematikan antivirus McAfee secara permanen ataupun hanya sementara. Pengguna bisa menggunakan cara di atas sesuai kebutuhannya.

Jika hanya memiliki satu antivirus itu, lebih baik cukup dimatikan secara sementara. Apabila memiliki dua aplikasi antivirus, maka bisa mematikan secara permanen antivirus yang McAfee kemudian menggunakan antivirus lain.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.