Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows

2 min read

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Harddisk adalah salah satu jenis barang yang digunakan untuk menyimpan berbagi cadangan data. Lalu, bagaimana jika harddisk eksternal tidak terbaca di perangkat? Nah di artikel ini saya akan membahas seputar cara mengatasi harddisk eksternal sulit atau bahkan tidak dapat dibaca.

Baca Juga : Tips Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya agak lumayan susah – susah gampang. Penyebab harddisk eksternal tidak dapat dibaca sendiri sebenarnya ada beberapa macam.

Deteksi Dini Kerusakan pada Harddisk

Sebelum membahas tentang cara mengatasi harddisk, pengguna harus terlebih dahulu tidak mengetahui beberapa penyebab harddisk rusak. Berikut adalah kemungkinan – kemungkinan penyebab harddisk bisa rusak:

  • File sedikit pada HDD eksternal sehingga driver harddisk eksternal tidak dikenal.
  • Bisa jadi driver bermasalah atau port USB rusak.
  • Kerusakan pada drive windows yang ada pada perangkat.
  • Tidak stabilnya daya pada HDD eksternal.

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memperbaiki harddisk tipe eksternal yang tidak terbaca di komputer windows, di antaranya yaitu:

1. Pastikan Harddisk Eksternal Mendapatkan Daya yang Cukup

Untuk mengatasi harddisk eksternal tidak terbaca yaitu dengan memasang atau menggunakan harddisk pada perangkat yang memiliki daya yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, pastikan bahwasanya perangkat yang hendak dipasangkan dengan harddisk yang memiliki daya penuh. Itu supaya harddisk dapat atau bisa dibaca di perangkat yang terhubung.

Baca Juga : 5 Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak dan Cara Mengatasinya

Untuk penggunaan laptop lebih disarankan untuk memasang harddisk tersebut dilubang USB bagian belakang. Karena daya lubang pada bagian belakang dirasa lebih stabil dari pada lubang USB yang di depan.

Itu juga salah satu penanganan agar harddisk mudah dibaca. Karena daya stabil akan mudah terdeteksi dan terbaca di perangkat yang digunakan.

2. Pasang Harddisk di Port USB Lainnya

Keadaan port USB yang tidak sesuai itu juga menjadi salah satu penyebab harddisk tidak dapat dibaca. Cara selanjutnya jika harddisk eksternal tidak terbaca yaitu pengguna disarankan untuk mengganti port USB lainnya disarankan untuk menggantinya ke port yang berada di belakang karena port yang berada di belakang lebih stabil dari pada yang berada di depan.

Akan tetapi, jika setelah menggantinya masih bermasalah maka disarankan pengguna laptop lain. Penyebab harddisk tidak dapat dibaca bisa jadi karena perangkat yang tersambung rusak.

3. Perbarui Sistem Windows Ke Yang Paling Baru

Sistem windows yang tidak pernah di-update juga salah satu penyebab harddisk tidak bisa dibaca juga. Untuk mengatasi masalah ini pengguna disarankan untuk selalu mengupdate windows terbaru. Berikut adalah cara mengupdate windows:

  • Masuk dan ketik update windows pada tabel pencarian di layar laptop.
  • Jika sudah, klik dan pilih check for update. Tunggu lah beberapa menit biarkan sistem bekerja dengan sendirinya.
  • Setelah itu, ikutilah langkah – langkah yang sesuai dengan petunjuk yang disajikan sampai akhir. Dan biarkan sistem bekerja hingga harddisk tersebut dapat terlihat kembali.

4. Instal Ulang USB Controller

Menginstal ulang USB Controllers juga salah satu cara untuk menangani harddisk yang tidak terbaca. Inilah cara menginstal ulang pengontrol USB:

  • Langkah pertama yaitu, ketik device manager di kolom pencarian.
  • Pilih dan klik universal serial bus controllers. Kemudian, Klik perangkat komposit USB.
  • Klik kanan dan pilih opsi uninstall device.

Cara ini digunakan untuk menghapus semua perangkat yang tersimpan di perangkat komposit USB. Nyalakan kembali laptop maka secara otomatis windows terbaru akan terinstal.

Baca Juga : Penyebab dan 4 Tips Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berbunyi

Kemudian, coba pasang kembali komponen harddisk external tersebut ke laptop atau perangkat komputer Anda. Semoga berhasil ya.

5. Periksa Harddisk Eksternal di Disk Manajemen

Cara yang satu ini digunakan apabila harddisk terbaca tapi tidak terlihat di perangkat atau tidak dapat dibuka isinya. Berikut adalah cara agar harddisk eksternal dapat terbaca di perangkat yang tersambung:

Jika mengalami harddisk eksternal unallocated maka pengguna harus membuat volume baru. Caranya yaitu dengan klik kanan di unallocated space.

Kemudian pilih menu new simple volume. Lalu, pilih selanjutnya. Buatlah ukuran volume. Selanjutnya, isi bagian drive letter dan part. Setelah itu, klik dan pilih next. Klik finish untuk mengakhiri cara ini.

Jika mengalami masalah hardisk tidak memiliki drive yang terakhir, pengguna dapat melakukan klik on pada hardisk tersebut.

Kemudian, pilih change drive letter end part pada opsi yang telah ditampilkan di layar pilih add pada jendela pop-up. Tentukan dan buat nama untuk harddisk. Klik dan pilih ok setelah mengubah nama harddisk tersebut.

Penutup

Itulah 5 cara mengatasi harddisk eksternal tidak terbaca. Untuk menghindari masalah tersebut pengguna lebih disarankan untuk menyimpan harddisk di tempat yang tepat dan kering. Jika perlu tempatkan harddisk di tempat atau wadah yang khusus tentunya simpan ditempat yang kering.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Memang cara diatas belum terbukti kebenarannya tapi alangkah baiknya jika dicoba agar dapat mengetahui langsung hasilnya. Cukup sekian yang dapat saya tulis dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.