Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Penyebab dan 4 Tips Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berbunyi

1 min read

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berbunyi

Keberadaan harddisk menjadi salah satu komponen utama yang sangat vital pada komputer. Tentunya komponen ini memiliki peran penting dalam menyimpan data dalam komputer. Di pembahasan ini saya membahas seputar tips cara memperbaiki harddisk rusak berbunyi.

Baca juga : cara melihat jenis partisi harddisk windows

Umumnya, harddisk tidak bersuara ketika digunakan. Namun, harddisk berbunyi bisa menjadi menjadi salah satu tanda kerusakan. Bisa berasal dari komponen lainnya seperti kabel atau harddisk itu sendiri. Agar lebih paham, pahami tipsnya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berbunyi

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan dengan untuk mengatasi harddisk rusak bersuara, diantaranya yaitu:

1. Mencabut Kabel PSU Ke HDD dan Pasang Ulang

Cara ini tentunya hanya bisa dilakukan para pengguna komputer. Saat harddisk tiba-tiba berbunyi maka langkah pertama yang disarankan untuk dilakukan adalah mematikan komputer. Tentunya mematikan komputer sesuai prosedur yang baik, mulai dari klik shut down dan seterusnya.

Tidak hanya itu, pastikan untuk mengecek pada bagian kabel power supply, yang pada umumnya tersambung di bagian HDD. Kemudian cabut kabelnya dan tunggu beberapa waktu. Setelah itu pengguna bisa memasangnya kembali. Jika permasalahan berasal dari bagian ini, tentu setelah dipasang gangguan akan hilang.

2. Mengecek Bagian Power Supply

Saat harddisk berbunyi tiba-tiba ada langkah untuk memperbaikinya selain yang sudah dipaparkan di atas. Caranya itu dengan mengecek pada bagian power supply. Pasalnya bisa jadi pada bagian ini power supply mengalami gangguan atau masalah. Misalnya saja tidak mendapatkan arus listrik dengan stabil.

Baca juga : cara memperbaiki partisi harddisk hilang

Hal ini yang berpengaruh pada kinerja harddisk. Saat listrik yang diterima oleh power supply tidak lancar, maka akan membuat piringan tidak bisa memutar dengan baik. Sehingga menyebabkan adanya bunyi.

Oleh karena itu, pengguna bisa mengecek kerusakannya coba gunakan power supply yang tidak bermasalah sebelumnya. Kemudian pasang kebagian tersebut, jika power supply yang baru berjalan dengan baik. Itu artinya ada kerusakan pada power supply yang sebelumnya. Sehingga ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru.

3. Membongkar Harddisk Sendiri

Cara ini memang cukup ekstrim dan beresiko tinggi, terlebih orang awam yang tidak mengenal komponen komputer. Namun, bagi yang sudah paham dan berpengalaman tidak ada salahnya untuk dicoba memperbaiki sendiri. Ada banyak tutorial dari youtube yang bisa dicontoh. Namun jika merasa tidak mampu bisa di bawa ke tempat service.

4. Membawa ke Tempat Servis Sebagai Solusi Terakhir

Jika sudah mencoba solusi diatas namun tetap tidak mengatasi permasalahan. Maka ada baiknya pengguna membawanya ke tempat service perangkat komputer langganan.

Tentunya ditempat ini harddisk akan dilihat kerusakannya, jika tidak terlalu parah maka tukang service akan memperbaikinya. Jika sudah parah kemungkinan pengguna harus membeli harddisk baru.

Penyebab Harddisk Rusak Berbunyi

Singkatnya, penyebab error harddisk menimbulkan suara disebabkan karena usia yang tua dan faktor lainnya, seperti terkena guncangan (terjatuh), pemasangan yang salah atau terhimpit komponen yang lain.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal

Jadi, performanya juga semakin menurun dan mudah rusak. Selain itu, bisa juga karena pengguna yang sering melakukan format harddisk secara paksa. Tidak hanya itu, faktor lainnya bisa diakibatkan karena listrik yang mati secara tiba-tiba ketika menggunakan komputer.

Penutup

Demikian informasi singkat seputar cara memperbaiki harddisk rusak berbunyi pada komputer atau laptop yang bisa dengan mudah Anda praktekkan.

Tips dan informasi terkait harddisk bersuara ini, perlu Anda pahami dengan baik agar nantinya tidak bingung ketika kendala muncul pada komputer Anda. Akhir kata, cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.