Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Meringankan Penggunaan RAM dengan Reduce Memory

1 min read

Cara Meringankan Penggunaan RAM dengan Reduce Memory

RAM atau singkatan dari kalimat random access memory ialah komponen dalam perangkat elekronik pintar masa kini, seperti smartphone, komputer dan laptop. Di pembahasan kali ini, saya akan membagikan tutorial seputar cara meringankan penggunaan RAM dengan software reduce memory.

Baca juga : cara mematikan password login windows

Software reduce memory termasuk tools freeware yang bisa digunakan secara gratis dalam meringankan kinerja windows Anda di bagian RAM.

Reduce memory software

Dalam penggunaannya, software ini terbukti ampuh untuk membersihkan penggunaan memory (memory usage) yang seringkali digunakan oleh berbagai program nonaktif. Simak cara menggunakannya dibawah ini.

Cara Menggunakan Reduce Memory

  • Unduh terlebih software tool-nya melalui situs resminya sordum.
  • Setelah terunduh, ekstrak dan jalankan file exe-nya dengan cara klik kanan dan pilih run as administrator.
  • Klik tombol Yes/OK untuk melanjutkan.
  • Kemudian, klik tombol optimize untuk melakukan optimasi secara otomatis.
  • Selesai. Gunakan software ini jika penggunaan RAM dirasa kurang normal untuk mengecilkan penggunaan RAM tersebut (memory usage).

Cara menggunakan reduce memory

Informasi Tambahan

Software tool reduce memory ini mendukung berbagai operasi sistem windows saat ini seperti windows 7, windows 8/8.1, windows 10 ataupun windows 11. Jadi, manfaatkan software ini dengan baik ya.

Selain itu, ada beberapa metode lain yang dapat Anda terapkan dalam meningkatkan kinerja laptop atau komputer windows agar tidak lemot, yaitu dengan menambah RAM dan menggunakan komponen harddisk tipe SSD (Solid State Drive).

Baca juga : cara membuka mode aman windows

Sebelum menggunakan kedua komponen tersebut, Anda perlu memahami jenis tipenya agar bisa digunakan. Untuk RAM, terdapat beberapa tipe yang perlu Anda ketahui, seperti DDR1 DDR2 DDR3 dan DDR4, sedangkan harddisk umumnya terdapat dua tipe yaitu sata dan ide.

Sehingga, cek terlebih dahulu jenis tipenya sebelum membeli RAM dan SSD. Dari sisi harga, kedua komponen ini memiliki harga terjangkau sekitar 300 hingga 500 ribuan yang dapat Anda beli di toko komputer terdekat atau marketplace online seperti tokopedia dan bukalapak.

Penutup

Apabila terdapat informasi tambahan berupa saran dan kritik atau pertanyaan mengenai penggunaan software ini, Anda bisa memberitahu saya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Akhir kata, demikianlah informasi singkat yang dapat saya bagikan kepada Anda seputar tutorial cara meringankan penggunaan RAM atau memory usage menggunakan software reduce memory. Semoga bermanfaat ya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.