Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Salah Satu Investasi Terbaik, Ini Keuntungan Obligasi bagi Investor

2 min read

Keuntungan Obligasi

Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang baru melakukan investasi tahun ini? Jika iya, maka wajib mengetahui bahwa salah satu investasi terbaik adalah obligasi. Ada banyak keuntungan obligasi yang bisa kamu dapatkan jika memilih investasi jenis ini.

Baca juga : pengertian dan fungsi saham menurut para ahli

Obligasi sendiri merupakan surat utang yang umumnya diterbitkan oleh pihak tertentu. Surat utang ini tentu saja bisa diperjualbelikan dalam jangka waktu tertentu.

Namun secara garis besar, pengertian obligasi adalah janji suatu pihak untuk melakukan pembayaran utang. Lalu imbalan tersebut berupa bunga atau kupon dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Keuntungan Obligasi

Investasi dalam bentuk obligasi memang tidak sepopuler saham dan juga deposito. Namun bagi kamu yang ingin melakukan investasi jangka panjang, maka bisa memilih opsi berupa obligasi. Berikut jelaskan beberapa keuntungan investasi obligasi.

1. Aman Dan Terjamin

Ketika kamu memilih untuk investasi dengan jenis obligasi maka bisa dipastikan bahwa jenis investasi ini punya keamanan yang terjamin. Bahkan transaksi pembayarannya sudah dijamin dengan UU No. 24 Tahun 2002.

Apalagi jika kamu memilih investasi obligasi pemerintah, karena seperti sebelumnya dikatakan bahwa ada jaminan pengembalian uang investor yang sudah diatur dalam undang-undang tersebut di atas. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan merugi jika menginvestasikan dana ke obligasi.

2. Fleksibel

Jika kamu memilih obligasi tentu akan mendapatkan sebuah ke fleksibelan. Keuntungan obligasi yaitu mudah dicairkan kapan saja jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana darurat. Tetapi manfaat ini bisa kamu dapatkan jika memilih investasi di obligasi pada pasar sekunder.

Kamu bisa melakukan investasi pada pasar primer dan sekunder. Di mana pada pasar primer kamu sebagai investor akan melakukan sebuah pembelian initial public offering (IPO) yang nilainya sudah ditentukan. Untuk melakukan penjualan maka harus menunggu jatuh tempat terlebih dahulu.

Sementara untuk pasar sekunder dana yang kamu miliki tetap liquid. Jadi akan lebih baik jika memilih investasi pada pasar sekunder agar dana bisa ditarik kapan saja.

3. Berupa Bunga Atau Kupon

Keuntungan yang akan kamu dapatkan jika melakukan investasi lewat Obligasi adalah kupon atau bunga. Kupon ini tentu saja punya nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito.

Baca juga : fungsi dan jenis-jenis pasar modal

Jika kamu memilih investasi untuk jangka waktu yang lebih panjang pada obligasi maka nilai kupon juga akan semakin tinggi. Tentu saja lewat kupon ini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk besarnya nilai kupon pada pasar obligasi yaitu mulai dari 6% sampai 12%.

4. Lebih Terjamin

Ketika melakukan investasi tentu orang-orang memahami bahwa ada resiko kerugian di dalamnya. Namun ketika memiliki investasi dengan obligasi maka keuntungan lewat kupon ini bisa kamu dapatkan secara berkala dan lebih terjamin.

Pendapatan lewat kupon ini merupakan pendapatan tetap yang berbentuk cash flow. Inilah yang dimaksud kamu bisa mendapatkan pendapatan lebih terjamin.

Selanjutnya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya lewat selisih harga beli dan juga kaget dua atau disebut istilahnya dengan capital gain. Nilai capital gain ini bisa tergantung pada kemampuan investor ketika melihat peluang pada pasar.

Investasi Obligasi Lewat digibank by DBS

Kamu yang ingin melakukan investasi dengan jenis obligasi akan lebih mudah lewat digibank by DBS.

  • Layanan 24 jam

Kamu tidak perlu mengantri ke kantor cabang DBS karena bisa melakukan pendaftaran atau jual beli obligasi lewat aplikasi digibank by DBS. Kamu bisa melakukannya kapan saja, di mana saja tanpa harus mengantri.

  • Pendapatan tetap

Untuk jenis obligasi ini kamu akan mendapatkan pendapatan tetap dan secara berkala. Pendapatan bisa diperoleh dari pembayaran kupon atau imbal hasil. Untuk kupon ini tentu nilainya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito.

  • Jumlah investasi mulai 1 juta

Untuk kamu yang baru mulai belajar investasi dan memilih instrumen obligasi adalah hal yang paling tepat. Karena kamu bisa melakukan investasi hanya dengan biaya minimal 1 juta saja, sementara untuk maksimalnya adalah 3 milyar. Untuk kupon atau imbal hasil bisa kamu dapatkan setiap enam bulan.

  • Investasi rendah resiko

Mungkin kamu berpikir bahwa deposito adalah pilihan investasi yang terbaik karena minim resiko. Namun obligasi ternyata punya catatan investasi yang lebih rendah resikonya dengan keuntungan lebih tinggi dari deposito.

Baca juga : pengertian dan kelebihan trading forex

Mungkin kamu berpikir bahwa deposito adalah pilihan investasi yang terbaik karena minim resiko. Namun melakukan investasi dengan obligasi mendapat jaminan pemerintah dengan pengembalian 100% nilai pokok di saat jatuh tempo.

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa keuntungan obligasi yang bisa kamu dapatkan jika memilih instrumen investasi jenis ini. Bagi kamu yang ingin melakukan pembelian obligasi lebih mudah secara online, maka bisa langsung lewat aplikasi digibank by DBS. Jangan sampai lupa untuk download digibank terlebih dahulu atau follow digibank di instagram.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.