Memahami Pengertian dan Fungsi Saham Menurut Para Ahli

2 min read

Pengertian dan fungsi saham

Pengertian dan fungsi saham – Saham ialah salah satu instrumen keuangan yang banyak dipilih untuk dijadikan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu fungsi saham sendiri adalah memberi keuntungan jangka pendek, melalui selisih harga jual yang lebih tinggi dari harga beli.

Baca juga : pengertian dan fungsi hukum menurut para ahli

Selain itu, saham juga menjadi bukti kepemilikan atas sebagian aset perusahaan yang telah Anda beli sahamnya. Secara sederhana itulah pengertian saham, akan tetapi untuk lebih jelasnya mari simak definisi menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa definisi saham menurut para ahli, yang akan lebih memudahkan Anda dalam memahami salah satu bentuk investasi populer ini.

1. Sapto Raharjo

Menurut beliau, saham merupakan surat berharga yang isinya adalah bukti kepemilikan dari sebuah instansi atau pun perusahaan maupun perorangan.

2. Nofie Iman

Saham merupakan surat berharga yang pemanfaatannya memberi nilai risiko tinggi, akan tetapi di sisi lain fungsi saham itu sendiri memberi keuntungan yang juga tinggi.

3. Swadidji Widoatmodjo

Swadidji Widoatmodjo berpendapat jika saham merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh pemilik dari sebuah perusahaan perseroan terbatas atau pun emiten.

Dengan memahami bentuk juga pengertian dari saham, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa mengerti fungsi dari saham itu sendiri dalam dunia investasi. Hal itu dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum menentukan akan berinvestasi dalam bentuk instrumen finansial apa, dan jangka waktu berapa lama.

Fungsi Saham

Fungsi saham yang utama adalah sebagai instrumen investasi baik dalam periode waktu jangka pendek maupun jangka panjang. Periode waktu tersebut, yang menentukan bagaimana keuntungan akan dihasilkan.

Bagi investor yang memilih berinvestasi jangka pendek, maka keuntungan hanya bergantung pada capital gain atau selisih harga jual dan harga beli saham yang dimiliki.

Sementara bagi investor yang memilih untuk berinvestasi jangka panjang, dapat dipastikan akan lebih rajin menabung dan membeli saham guna memperoleh hasil maksimal dari fungsi saham sebagai penghasil keuntungan.

Selain keuntungan dari selisih harga saham yang disetorkan, mereka juga memperoleh keuntungan berupa dividen yang dibagikan secara tunai oleh emiten. Dividen sendiri adalah nilai keuntungan yang bisa didapat para investor ketika mereka membeli saham dari sebuah emiten atau perseroan terbatas dengan performa pendapatan yang baik dan menguntungkan.

Risiko Saham Dalam Investasi

Investasi saham cukup populer dan diminati karena potensi peluang profit yang cukup tinggi. Namun, sebuah investasi apapun bentuknya, tidak akan lepas dari risiko yang mungkin ditimbulkannya. Berikut ini beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi ketika berinvestasi dengan instrumen keuangan ini.

  • Risiko likuidasi ketika emiten atau perusahaan mengalami kebangkrutan, sehingga tidak ada sisa aktiva yang dapat diklaim oleh para pemilik saham
  • Dividen tidak dibagikan pada pemegang saham, melainkan untuk operasional maupun ekspansi bisnis yang dijalankan
  • Harga beli saham jauh lebih tinggi daripada harga jualnya, sehingga dalam kondisi ini investor bisa dikatakan kehilangan modal awalnya
  • Delisting atau penghapusan saham oleh bursa saham karena alasan atau faktor tertentu, yang membuat saham tersebut tidak lagi dapat diperjual belikan sehingga menyebabkan kerugian

Memanfaatkan saham sebagai investasi memang potensial. Sebab, sesuai dengan fungsi saham yakni menjadi instrumen investasi yang menguntungkan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, jika Anda terjun ke dunia investasi lebih baik jika memahami risiko yang ada serta memiliki modal, pengetahuan juga kemampuan yang mumpuni. Sehingga lebih mudah untuk mencapai sukses di bisnis ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai pengertian dan fungsi saham menurut para ahli yang perlu anda ketahui, semoga penjelasan tadi dapat berguna dan menambah wawasan anda. Cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *