Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tips Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk

2 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk

Terkadang file yang tersimpan di hardisk, flashdisk atau penyimpanan lain tanpa sengaja terhapus secara permanen padahal tidak ada niatan untuk menghapusnya. Kejadian seperti ini bisa saja terjadi, namun sebagian orang tidak memahami cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk tersebut.

Baca juga : peluang kerja teknik komputer dan jaringan

Namun, tak perlu khawatir karena ada software yang bisa membantu mengatasi masalah ini. Untuk mengembalikan file tersebut ada satu software yang bisa membantu, yaitu Recuva.

Dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, software bernama Recuva sangat direkomendasikan dalam mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus pada laptop atau komputer windows Anda.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk dengan Recuva

Berikut dibawah ini beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dalam mengakses kembali file yang hilang, diantaranya yaitu:

1. Menginstal Recuva

Langkah awal yang menjadi cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk adalah dengan menginstal Recuva. Software ini dapat ditemukan di internet dan dapat diunduh secara gratis. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini melalui website resmi Recuva.

Setelah itu install dan tunggu hingga proses instalasi berhasil dilakukan pada computer atau laptop Anda. Selanjutnya, jalankan software Recuva yang telah selesai di install. Pada bagian ini akan muncul halaman wizard Recuva, lalu klik next untuk melanjutkan proses.

2. Memilih Jenis File yang Tersedia

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk dengan Recuva selanjutnya adalah dengan memilih jenis file. Recuva telah menyediakan banyak pilihan file yang bisa dikembalikan (recovery). Pada tahap ini pilih opsi All file, atau bisa juga langsung memilih salah satu jenis file yang akan dikembalikan.

Baca juga : kode remot tv panasonic terbaru

Jika memilih all file maka waktu yang diperlukan untuk scanning akan lebih lama. Namun kelebihannya, Recuva dapat menampilkan semua list file terhapus yang mungkin terlupakan. Setelah memilih jenis file klik next untuk melanjutkan proses.

3. Memilih Lokasi File

Setelah memilih jenis file, selanjutnya akan diarahkan untuk memilih lokasi file. Recuva akan menampilkan form yang berisi pilihan lokasi. Ada 5 pilihan yang Recuva berikan yaitu, dari My Documents, Media Card Atau iPod, Recycle Bin, Im Not Sure, dan In Specific Location.

Pilihan ‘Im Not Sure’ digunakan untuk memeriksa semua lokasi di computer jika pengguna lupa dimana penyimpanan awala file yang terhapus tersebut.

Sedangkan ‘in specific location’ untuk file yang tersimpan di tempat seperti hardisk atau flashdisk. Karena file yang terhapus dari hardisk maka pilih ‘In Specific Location’ lalu klik next.

4. Menjalankan Program Recuva

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk dengan Recuva sangatlah mudah. Setelah jenis file dan lokasinya dipilih maka Recuva akan melakukan scanning untuk menemukan file yang terhapus.

Untuk mendapatkan hasil scan yang lebih mendalam dapat memilih ‘Enable Deep Scan’. Namun dengan memilih opsi ini maka waktu untuk melakukan scan juga akan lebih lama.

Tunggu hingga proses scanning selesai, waktu scanning berbeda-beda tergantung pada besarnya file dan kapasitas drive. Semakin besar file maka akan membutuhkan waktu yang lama. Pada proses ini pengguna harus sabar menunggu hingga recuva menampilkan hasil file yang dapat dikembalikan.

5. Mengembalikan File

Pilih semua file yang akan dikembalikan kemudian klik recover. Ketika proses selesai maka pengguna akan diarahkan untuk memilih lokasi penyimpanan file yang telah dikembalikan tersebut.

Baca juga : cara reset wifi ZTE F609 melalui halaman admin

Langkah selanjutnya hanya tinggal menunggu Recuva menyelesaikan proses recover. Untuk memeriksa keberhasilan recover yang dilakukan, periksa tempat penyimpanan yang tadi di pilih dan periksa apakan file berhasil dikembalikan.

Penutup

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk dengan Recuva ini mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Dengan tingkat keberhasilan itu, Recuva dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan file yang telah terhapus dari hardisk maupun penyimpanan lain.

Langkah untuk melakukannya juga mudah, hanya perlu mengikuti instruksi yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.