Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Metode Cara Mengatasi Google Terhenti di HP Samsung

2 min read

Cara Mengatasi Google Terhenti di HP Samsung

Seperti yang kita tau, kebanyakan ponsel Android saat ini memiliki aplikasi Google yang berfungsi untuk mencari berbagai informasi. Namun seringkali aplikasi ini tiba-tiba berhenti tanpa sebab di ponsel Android, termasuk Samsung. Lantas, bagaimana cara mengatasi google terhenti? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : cara mematikan gangguan notifikasi tri

Tentu, permasalahan ini cukup menggangu pengguna ketika mengakses informasi melalui aplikasi google. Umumnya, google tiba-tiba berhenti disebabkan banyak faktor, mulai dari penggunaan RAM yang hampir habis, penyimpanan yang hampir penuh, aplikasi korup dan sebagainya.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba aplikasi browser lain yang lebih ringan ketika digunakan daripada google chrome seperti opera mini, uc browser dan mozilla firefox yang tersedia secara gratis di google playstore.

Cara Mengatasi Google Terhenti di Hp Samsung

Berikut dibawah ini beberapa metode dan tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam memperbaiki google yang tiba-tiba berhenti secara tiba-tiba, diantaranya yaitu:

1. Reset Smartphone Anda

Metode yang pertama yaitu melakukan reset pabrik perangkat Android Anda, namun Anda perlu membackup atau memindahkan berbagai data penting didalamnya ke perangkat lain seperti komputer atau laptop menggunakan kabel data.

Reset smartphone ini terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan google sering berhenti. Namun jika Anda ragu, maka Anda bisa mengikuti metode selanjutnya.

Langkah Cara Mereset Smartphone ke Setelan Pabrik (Factory Reset)

  • Akses menu settings atau pengaturan.
  • Kemudian, pilih opsi menu cadangkan dan setel ulang.
  • Klik pilihan kembalikan pengaturan HP ke pabrik atau factory reset.
  • Klik tombol OK jika ada konfirmasi tambahan.
  • Perangkat akan memulai reset, silahkan tunggu hingga proses selesai. Mungkin akan memakan waktu beberapa menit (7-15 menit).

2. Reset Ulang Preferences Aplikasi

Metode selanjutnya yaitu mereset ulang pengaturan dan preferensi aplikasi yang pernah digunakan (terinstall) ke setelan awal. Tindakan ini akan menyetel ulang semua konfigurasi aplikasi, seperti aplikasi yang dinonaktifkan, perubahan aplikasi default, perubahan izin (permission) dan sebagainya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan smartphone bagi pelajar

Tak perlu khawatir, metode ini tidak menghapus seluruh data aplikasi yang tersimpan. Jadi tetap aman dan bisa Anda coba dalam mengatasi google terhenti, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah Cara Reset Ulang Preferensi Aplikasi

  • Pertama, akses pengaturan atau setelan di perangkat Android Anda.
  • Setelah itu pilih opsi aplikasi atau aplikasi & pemberitahuan.
  • Jika Android 10, klik terlebih dahulu pilihan lihat semua aplikasi. (Skip jika Anda pengguna Android dibawah versi 10).
  • Kemudian terdapat titik tiga di pojok kanan, klik dan pilih atur ulang pref aplikasi.
  • Lanjutkan dengan mengklik lagi tulisan Atur Ulang Aplikasi.
  • Proses reset konfigurasi akan dimulai, tunggu beberapa saat hingga selesai.

3. Matikan Update Google Play

Umumnya, layanan google play yang ada di perangkat Android kita akan melakukan update secara berkala ke seluruh aplikasi terinstall. Nah hal ini, bisa saja memakan sumber daya ram ponsel Anda yang perlu dimatikan agar tidak melakukan update secara otomatis.

Langkah Tutorial mematikan Update Google Play

  • Buka playstore di smartphone Android Anda.
  • Klik logo akun google di bagian kanan atas.
  • Kemudian, akan muncul berbagai menu, klik setelan atau pengaturan.
  • Pilih preferensi jaringan dan klik bagian update otomatis aplikasi.
  • Lalu pilih opsi jangan update otomatis aplikasi.
  • Klik selesai atau oke untuk menyimpan konfigurasi tersebut.
  • Restart ulang (reboot) ponsel Anda agar lebih optimal.

4. Bersihkan Cache Aplikasi Google Play Service

Sampah atau cache yang dibiarkan terus menerus bisa menjadi penghambat kinerja perangkat Anda ketika mengakses Google. Menghapus cache google playstore dan chrome dapat menjadi solusi untuk mengatasi persoalan ini, ikuti tutorial dibawah ini.

Langkah Membersihkan Cache Google Play Service

  • Buka bagian pengaturan atau setelan di HP Samsung Anda.
  • Akses opsi aplikasi atau aplikasi & pemberitahuan.
  • Buka aplikasi yang terinstall dan pilih google play service.
  • Klik hapus cache untuk melanjutkan. Selesai.

5. Perbarui Aplikasi WebView System

Tips yang terakhir yaitu melakukan pembaruan pada aplikasi webview system pada perangkat Android Samsung Anda. Caranya yaitu tinggal membuka google playstore dan cari aplikasi webview sistem android, kemudian klik tombol update jika ada.

Baca juga : tips cara menulis press release dengan benar

Apabila tidak tersedia tombol update, maka Anda bisa melakukan uninstall dan install kembali aplikasi sistem tersebut. Tenang, langkah ini aman untuk dipraktekkan, semoga berhasil.

Penutup

Akhir kata, demikianlah informasi sederhana yang dapat saya tulis mengenai tips cara mengatasi google terhenti pada Hp Samsung dan tipe lainnya.

Saya harap penjelasan singkat ini dapat Anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi semua pembaca. Cukup sekian dan seperti biasa Terimakasih, sampai bertemu lagi di artikel yang lain.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.