Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Cara Mengatasi Hp Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

2 min read

Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

Pasti Anda telah mengetahui apa itu samsung yang merupakan merek smarphone asal korea dengan berbagai versi dan spesifikasi keren. Nah pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai cara mengatasi hp samsung j2 prime sering kembali sendiri atau tidak merespon perintah dengan normal.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan OS android

J2 Prime sendiri termasuk model lama yang dirilis pada bulan november tahun 2016 lalu, sekitar 4 tahun yang lalu. Dibanding dengan berbagai ponsel versi terbaru, jelas samsung J2 prime kalah telak dari sisi ram, prosesor, penyimpanan dan lainnya.

Smartphone ponsel tipe ini seringkali dikeluhkan oleh banyak orang karena memiliki berbagai kekurangan seperti lemot, sering hang, mudah panas dan sebagainya. Tak perlu khawatir terkait hal tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini untuk memperbaiki j2 prime sering kembali sendiri.

Penyebab Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

Berbagai error yang terdapat di smartphone samsung j2 prime ini tentu sangat menggangu Anda untuk aktivitas sehari-hari yang menggunakan ponsel tersebut. Umumnya, ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi, salah satunya yaitu penyimpanan penuh dan ram yang kecil.

Akan tetapi, untuk masalah seperti sering kembali sendiri umumnya ada kerusakan pada internal sistem Androidnya, sehingga Anda bisa melakukan reset ke setelan pabrik awal (hard reset).

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan error sering kembali sendiri ke home pada samsung J2 prime keluaran tahun 2016, diantaranya yaitu:

1. RAM Penuh

Penyebab utama dari berbagai masalah di samsung tipe j2 prime ini yaitu terletak pada RAM-nya yang memiliki ukuran tidak terlalu besar untuk penggunaan aplikasi masa kini.

Baca juga : cara menghilangkan notifikasi tri yang menggangu

Selain itu, besar kecilnya penyimpanan internal juga mempengaruhi kinerja smartphone. J2 prime sendiri mempunyai ukuran penyimpanan yang terbilang kecil, sehingga Anda perlu menggunakan penyimpanan tambahan berupa SD-Card yang memiliki harga terjangkau.

Penggunaan penyimpanan eksternal dapat mempermudah Anda dalam menyimpan berbagai file, baik itu document, gambar, video atau aplikasi lainnya. Jadi, untuk hasil yang optimal, gunakan penyimpanan tambahan dan jangan gunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti bermain game.

2. Versi Android Ketinggalan Jaman

Veri Android yang lama bisa menyebabkan berbagai masalah ketika menggunakan aplikasi terbaru, ketinggalan versi atau jarang diperbarui melalui setelan bisa menghambat kinerja ponsel tersebut yang kemungkinan dapat lebih lambat dan sering kembali ke layar utama (hang).

Lantas bagaimana solusinya?, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pembaruan update secara berkala pada setelan atau pengaturan. Umumnya akan ada notifikasi jika tersedia update sistem versi Android tersebut.

3. Terkena Virus/Malware

Penggunaan yang asal-asalan bisa mengundang berbagai malware atau virus untuk menyerang sistem Android di ponsel Anda, sehingga Anda tidak boleh sembarangan ketika menggunakannya, seperti mendownload film ilegal, mengakses situs terlarang, menginstall aplikasi sembarangan dan sebagainya.

Untuk solusi ini, Anda bisa melakukan hard reset atau kembali ke setelan awal pabrik. Tentu, Anda perlu mencadangkan semua data didalamnya terlebih dahulu agar tidak hilang begitu saja. Ikuti beberapa langkah dibawah ini jika masih belum mengetahuinya.

Cara Mengatasi Hp Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

Berikut ini dibawah ini beberapa metode simple yang dapat Anda terapkan dalam memperbaiki samsung J2 prime android, diantaranya yaitu:

1. Hapus Cache Seluruh Aplikasi yang Terinstal

Metode pertama yaitu melakukan penghapusan kotoran atau file yang tidak digunakan (cache) pada aplikasi yang terinstal. Cara ini cukup efektif dalam memperbaiki sering keluar sendiri ketika menjalankan berbagai aplikasi.

Cara Menghapus Cache Aplikasi

  • Buka setelan atau pengaturan di ponsel Anda.
  • Scroll sedikit ke bawah dan klik pengaturan lainnya.
  • Pilih opsi kelola aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul semua.
  • Setelah muncul, klik aplikasi yang dirasa memakan banyak tempat
  • Klik hapus cache untuk melanjutkan.
  • Selesai, ulangi tindakan ini di beberapa aplikasi yang lain.

2. Hapus Data Aplikasi Terinstal yang Jarang Digunakan

Aplikasi yang terinstall dan jarang digunakan juga bisa menjadi penyebab error sering kembali ke home, sehingga Anda perlu menghapus data beberapa aplikasi yang memakan banyak tempat. Dan bila perlu, Anda bisa menguninstalnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan CMS wordpress

Caranya seperti tadi, buka pengaturan dan akses opsi kelola aplikasi. Setelah muncul semua klik aplikasi yang cukup berat dan memakan kinerja ponsel seperti facebook, line ataupun wechat. Klik hapus data dan klik oke untuk melanjutkan. Untuk menguninstalnya, Anda bisa mengklik pilihan copot aplikasi.

3. Update Ulang Seluruh Aplikasi

Cara mengatasi samsung j2 sering kembali sendiri yang terakhir yaitu melakukan pembaruan pada semua aplikasi yang terinstall di google play store.

Mungkin Anda telah mengetahui cara ini, buka playstore dan pilih kelola aplikasi. Kemudian klik update satu persatu atau klik update semua aplikasi jika ingin memperbaruinya secara otomatis.

Informasi Tambahan

Jika Anda kesusahan dalam mempraktekkan langkah diatas, maka saran saya yaitu Anda bisa langsung membawanya ke tempat service smartphone dan menjelaskan semua keluhan yang terjadi di ponsel samsung j2 prime tersebut.

Tentu, teknisi ponsel yang ada di tempat terdekat Anda lebih memahami hal ini. Mungkin akan segera diperbaiki dan memakan waktu sekitar 1-2 hari dengan biaya antara 80 sampai 150, semoga berhasil.

Penutup

Akhir kata, demikianlah ulasan singkat yang dapat saya bagikan kepada Anda mengenai tutorial cara memperbaiki smartphone samsung j2 prime sering keluar sendiri dengan mudah.

Apabila ada pertanyaan terkait hal ini, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bagian bawah artikel ini. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan teknologi lainnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.