Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Singkat Cara Membuat Bingkai di Coreldraw X7

2 min read

Cara Membuat Bingkai di Coreldraw X7

Saat ingin membuat undangan ataupun sertifikat, Anda tentu memerlukan cara membuat bingkai di Coreldraw X7. Nantinya, proses pembuatan bingkai tersebut dengan memanfaatkan simbol pada font. Tidak heran jika fungsi simbol tersebut sangat berguna sekali.

Baca juga : pengertian mvp startup dan cara menentukannya

Keberadaannya dapat membantu setiap pengguna termasuk yang masih pemula atau tidak pandai dalam menggambar dan menciptakan ilustrasi menarik. Tentu saja akan memudahkan siapa saja saat ingin membuat bingkai sendiri dengan memanfaatkan simbol atau bentuk yang memang sudah tersedia.

Cara Membuat Bingkai di Coreldraw X7

Pada dasarnya, untuk membuat bingkai tersebut terbilang tidak terlalu susah. Hanya saja, Anda memerlukan ketelitian lebih lanjut agar hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal nantinya. Pastikan tidak ada cara atau langkah yang terlewat saat ingin membuatnya. Di bawah ini beberapa cara membuatnya:

1. Unduh Software Coreldraw X7

Sebelum membuat bingkai, pastikan Anda memiliki software Coreldraw X7 terlebih dahulu. Jika belum memilikinya maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh software tersebut. Kemudian, tunggu sampai proses pengunduhan selesai dilakukan.

Apabila berhasil di unduh, maka tentu saja Anda sudah memiliki software Coreldraw X7. Dengan begitu, sebagai pengguna sudah bisa menjalankan software tersebut dan mulai untuk membuat bingkai. Oleh karena itu, langsung saja buka software yang sudah diunduh tersebut.

2. Pilih Menu File

Jika software sudah terbuka, maka Anda bisa memilih menu file yang ada di bagian kiri atas. Apabila sudah terpilih maka pilih lagi menu new dan lanjutkan dengan memilih menu ukuran kertas yang diinginkan. Nantinya kertas tersebut akan digunakan untuk membuat bingkai.

Pada dasarnya, bingkai tersebut memiliki ukuran yang sangat beragam. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menentukan kemudian memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan desain bingkai tersebut. Jika perlu, cari saja referensi ukuran lewat Google.

3. Pilih Menu Window

Selanjutnya, Anda bisa memilih menu window. Menu tersebut berada di sebelah menu help. Setelah itu, pilih menu dockers, klik menu text, dan pilih menu insert character. Agar bisa lanjut ke langkah yang selanjutnya. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai salah dalam memilih menu tersebut.

Baca juga : cara install netcut di windows 10

Apabila sudah berhasil mengikuti langkah-langkah tersebut, maka nantinya Anda akan mendapatkan tampilan insert character. Terdapat juga tampilan nama font yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Pilih saja simbol font yang bentuknya disukai untuk membuat bingkai nantinya.

4. Tekan dan Drag

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih simbol atau karakter font yang diinginkan. Kemudian tekan tahan, dan tarik simbol tersebut menuju ke lembar kerja yang sudah tersedia sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa memilih gambarnya sampai muncul seperti bingkai kecil dengan 6 kotak kecil juga.

Pada tahap ini, Anda bisa pilih kotak kecil tersebut sembari menekan + pada keyboard. Selanjutnya, tekan tombol Ctrl dan tarik kotak menuju arah yang diinginkan agar dapat menggandakan objek lalu klik kanan. Pastikan untuk melakukan langkah ini sampai berhasil membuat bingkai.

5. Buat Variasi Ukuran

Apabila sudah selesai dalam melakukan langkah yang sudah disebutkan di atas, maka Anda juga bisa berkreasi dengan menggandakan kotak yang sudah ada tersebut. Dengan begitu, nantinya dapat diperoleh dua variasi ukuran agar lebih menarik hasil bingkai yang dibuat.

Anda juga bisa menyusun tiga kotak tersebut atau sesuai dengan keinginan agar mendapatkan banyak variasi. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan seleksi pada objek tersebut kemudian menggandakannya dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

6. Klik Ctrl + R

Apabila dirasa sudah cukup dalam menggandakan kotak yang diinginkan, maka selanjutnya Anda bisa klik Ctrl + R. Klik rumus tersebut sebanyak yang diinginkan. Akan tetapi, pastikan untuk menyesuaikannya dengan ukuran lembaran kertas yang sudah dipilih sebelumnya.

Baca juga : cara membuat virus trojan sederhana

Anda juga bisa memanfaatkan simbol atau karakter supaya dapat memenuhi lembar kerja. Memang akan lebih baik apabila bingkai tersebut memenuhi seluruh tepi dari lembar kerja yang tersedia. Caranya yakni dengan hanya menggandakan pada bagian bawah, kiri, maupun kanan saja.

7. Ubah Warna Bingkai

Apabila Anda ingin mengubah warna bingkai maka hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memilih menu window, kemudian pilih dockers dan klik object properties. Jika sudah melaksanakan langkah-langkah tersebut secara berurutan maka perangkat akan menampilkan pilihan warna.

Dari situ, Anda bisa mulai menentukan warna apa yang cocok untuk mewarnai bingkai yang diinginkan. Pastikan warna bingkai yang dipilih lebih cerah dibandingkan dengan warna kertas. Agar nantinya, keberadaan bingkai tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas. Kemudian simpan desain tersebut.

Penutup

Itulah beberapa cara membuat bingkai di Coreldraw X7 yang bisa Anda terapkan. Tentu saja, cara ini terbilang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, pastikan menerapkan setiap caranya dengan teliti. Agar nantinya bisa membuat bingkai sendiri dengan hasil yang tidak kalah menarik.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.