Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Install Netcut di Windows 10 beserta Fungsinya

2 min read

Cara Install Netcut di Windows 10

Saat ini ada banyak orang yang mencari cara install Netcut. Singkatnya, netcut merupakan salah satu software yang sudah sering dipakai untuk memutus koneksi jaringan atau internet pada Wifi. Umumnya, cara ini dilakukan pada pengguna warnet agar tidak ada lagi yang memakai internet tanpa izin.

Baca juga : rekomendasi aplikasi pembuat webtoon

Adapun dengan memakai cara tersebut setiap pengguna jaringan internet Anda yang memakainya maka akan secara otomatis terputus. Hal tersebut akan menyebabkan koneksi jaringan yang digunakan oleh orang lain menjadi lag dan terputus sehingga mereka tidak bisa menggunakannya lagi.

Cara Install Netcut di Windows 10

Pada dasarnya, untuk menginstall software Netcut sangatlah mudah dilakukan. Dengan begitu, tentu sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin memutuskan jaringan internet. Di bawah ini beberapa cara install software tersebut yang bisa Anda lakukan pada Windows 10:

1. Install Software Netcut

Sebelum menggunakan software tersebut, pastikan terlebih dahulu untuk menginstallnya. Anda bisa masuk ke link berikut ini untuk mengunduh softwarenya https://arcai.com/netcut/. Jika sudah masuk ke laman tersebut, maka pilih menu download Netcut sesuai dengan tanda panah.

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk proses penginstallan tersebut tentu memerlukan waktu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menunggu terlebih dahulu hingga proses install file Netcut sudah selesai dilakukan. Dengan begitu, dapat menuju proses selanjutnya.

2. Install WinPcap

Apabila software Netcut sudah berhasil diinstall, maka pada menu setup Anda akan diminta untuk menginstall software di folder C atau E. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga memilih menu next agar dapat tersimpan secara default. Pengguna juga bisa merubah folder jika diinginkan.

Kemudian klik install seterusnya sampai proses ekstrak selesai dilakukan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menginstall WinPcap. Kemudian pilih menu next. Jika sudah masuk ke License Agreement, maka klik I agree atau continue. Tunggu sampai WinPcap selesai terinstall dan pilih menu finish.

Fungsi Software Netcut

Setelah berhasil menginstall software Netcut, maka Anda bisa mulai menggunakannya untuk mengelola perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Selain itu, tentu masih ada banyak fungsi lainnya yang ditawarkan oleh software tersebut. di bawah ini beberapa fungsinya yang bisa diketahui:

1. Memantau Perangkat yang Terhubung di Jaringan WiFi

Software yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk memantau perangkat yang terhubung ke jaringan. Hal ini berarti, saat menggunakan software Netcut tersebut pengguna akan lebih mudah dalam memonitor langsung jaringan komputer yang mereka miliki.

Baca juga : rekomendasi aplikasi penambah subscriber youtube

Software Netcut dapat memungkinkan Anda untuk melihat perangkat secara langsung yang saat itu sudah terhubung ke jaringan. Nantinya, dengan adanya informasi tersebut pengguna dapat memakainya untuk mengetahui apakah terdapat seorang penyusup pada jaringan.

2. Mengontrol Bandwidth Internet

Pada dasarnya software Netcut tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk memantau perangkat mana saja yang sudah terhubung ke jaringan. Akan tetapi, software tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol penggunaan bandwidth pada internet dalam sebuah jaringan.

Dengan begitu, Anda sebagai pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut apabila menemukan perangkat yang memang terlalu banyak menghabiskan bandwidth. Kemudian, pengguna juga bisa mengatur untuk memperlambat aksesnya ke perangkat lain yang diinginkan.

3. Mengelola Akses Jaringan

Perlu Anda ketahui bahwa saat menggunakan software Netcut pada dasarnya tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk membatasi penggunaan bandwidth saja. Akan tetapi, masih ada banyak juga kegunaan software tersebut yang bisa diperoleh.

Apabila Anda menginginkannya, maka bisa juga menggunakan software tersebut untuk mengelola akses jaringan yang diinginkan. Hal ini berarti, sebagai pengguna dapat memakainya untuk mematikan koneksi internet sepenuhnya yang tidak diinginkan.

4. Mengetahui Alamat MAC

Tidak hanya sampai disitu saja, software yang satu ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menentukan alamat MAC dari semua perangkat yang ada di jaringan sekalipun. Oleh karena itu, tentu akan ada banyak manfaat saat menggunakan Netcut tersebut.

Selain itu, software ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengetahui alamat MAC saja. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkannya sekaligus untuk melakukan kloning alamat MAC dari perangkat yang sudah terhubung sesuai dengan keinginan.

5. Dapat Melindungi Perangkat dari Pengguna Netcut Lain

Merupakan fungsi terakhir yang bisa Anda dapatkan dari software Netcut. Software yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk melindungi komputer yang dimiliki dari serangan cyber. Tentu saja, saat menggunakannya akan sangat bermanfaat.

Baca juga : cara mengganti mac address komputer

Pasalnya, Anda dapat melindungi komputer dari serangan yang memakai teknik spoofing ARP sekalipun. Cara kerjanya sendiri yakni dengan mencegah spoof ARP serta meningkatkan pemetaan ARP. Terdapat pula fitur yang sudah disediakan untuk melindungi PC yakni MY PC.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cara install Netcut serta berbagai fungsinya yang bisa Anda ketahui. Saat ini sendiri tidak perlu ragu untuk menginstall aplikasi tersebut. Terlebih ada banyak fungsi yang bisa didapatkan hanya dengan satu software saja.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.