Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tips Cara Menggunakan Add Ons Chrome untuk Membuka Situs Diblokir

2 min read

Cara Menggunakan Add Ons Chrome untuk Membuka Situs Diblokir

Pada dasarnya, terdapat berbagai cara yang bisa digunakan untuk membuka sebuah situs yang sudah diblokir. Mulai dari memanfaatkan add ons Chrome untuk membuka situs diblokir. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan Secure DNS, website Proxy, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga : cara mengakses situs yang diblokir dengan proxysite

Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu atau semua cara tersebut. Terlebih, efektivitas serta kesuksesan dalam menerapkan cara tersebut umumnya akan tergantung dengan browser dan ISP yang digunakan. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena cara ini dapat dilakukan tanpa biaya sekalipun.

Add Ons Chrome untuk Membuka Situs Diblokir

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk dapat membuka website yang sudah diblokir. Caranya adalah dengan memanfaatkan browser Chrome. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka browser Google Chrome terlebih dahulu.

Jika sudah, maka Anda bisa memilih ikon tiga garis horizontal yang tersedia di bagian kanan layar. Jika sudah, maka pastikan untuk memilih add ons. Selanjutnya, pada kolom search pastikan untuk mengetik Browsec kemudian langsung tekan enter. Tunggu sampai hasil pencarian muncul

Kemudian pastikan untuk menemukan opsi Browsec. Pilih menu install agar add ons dapat terpasang pada browser tersebut. Tunggu sampai Browsec dapat terpasang di Chrome. Jika sudah, maka klik ikon Browsec untuk dapat mengaktifkannya kemudian pilih server. Kini website yang diblokir dapat dibuka.

Metode Lain untuk Membuka Situs Diblokir

Berikut dibawah ini beberapa metode sederhana yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam mengakses situs yang diblokir, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Secure DNS

Untuk bisa membuka sebuah situs yang diblokir memakai Secure DNS, maka buka browser Chrome terlebih dahulu. Jika sudah, maka langsung saja buka situs yang sudah diblokir tersebut. Selanjutnya, pilih ikon titik tiga vertikal pada sebelah kanan layar. Setelah itu, pilih menu pengaturan atau settings.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit foto untuk android

Anda bisa memilih menu privacy and security, kemudian pilih menu use secure DNS. Selanjutnya, klik ikon bulat abu menjadi biru agar Secure DNS dapat aktif. Lalu pilih menu choose another provider.

Anda bisa memilih Cloudflare (1.1.1.1). Kemudian, pastikan untuk kembali ke situs yang sudah diblokir. Dengan begitu, Anda sudah memilih Cloudfare sebagai DNS yang dapat digunakan. Selanjutnya, cobalah untuk membuka situs lainnya atau refresh sampai situs tersebut dapat berhasil dibuka. Jika berhasil maka situs tersebut dapat dibuka dengan mudah.

2. Menggunakan Website Proxy

Dapat dikatakan bahwa memakai website proxy merupakan cara yang paling klasik. Tidak heran jika terkadang kecepatannya lambat atau bahkan gagal tersambung. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka browser pada perangkat Anda.

Setelah itu, buka situs Croxy Proxy. Anda juga bisa mengaksesnya pada halaman berikut https://www.croxyproxy.com/. Kemudian, tunggu sampai halaman utama terbuka sampai Anda menemukan kolom URL. Setelah itu, buka situs yang sudah diblokir. Pastikan untuk copy link situs tersebut. Lalu lakukan paste link dari website ke kolom URL yang sudah disediakan oleh Croxy Proxy.

Jika sudah, maka pilih menu Go agar link dapat diproses. Kemudian, tunggu sampai proses tersebut selesai dilakukan. Waktu menunggu mungkin sedikit lama sekitar satu menit. Apabila sudah selesai, maka Anda bisa langsung mengakses situs yang sudah terblokir lewat link proxy tersebut.

3. Menggunakan VPN

VPN yang satu ini dapat diakses lewat ekstensi browser. Tidak perlu khawatir karena VPN yang digunakan yang satu ini gratis tanpa perlu mengeluarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Anda bisa memakai VPN dengan AnonymoX pada Google Chrome untuk membuka situs yang sudah diblokir.

Caranya dengan membuka Chrome lalu pilih menu titik tiga vertikal. Selanjutnya, pilih menu more tools lalu pilih extensions. Pada menu tersebut pilih lagi menu get more extensions. Tunggu sampai diarahkan ke situs Chrome Web Store. Lalu pada kolom pencarian ketik Anonymox lalu tekan enter.

Apabila hasil pencarian sudah didapat, maka pilih add to Chrome untuk dapat menginstal ekstensinya. Selanjutnya, notifikasi akan muncul dan pilih menu add extension. Nantinya Anonymox dapat terpasan dan pilih ikon Anonymox agar dapat aktif. Pilih lokasi server selanjutnya situs yang diblokir dapat dibuka.

4. Menggunakan Browser Tor

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan browser Tor. Untuk langkah-langkah yang perlu diterapkan sendiri pada dasarnya sangatlah mudah. Pertama, pastikan untuk mengunduh browser Tor terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

Baca juga : rekomendasi backlink PBN dofollow gratis terbaru

Anda bisa mengunduh browser tersebut pada laman berikut https://www.torproject.org/download/. Selanjutnya, pastikan untuk menunggu sampai proses pengunduhan tersebut berhasil dilakukan. Jika sudah, maka langsung saja install browser tersebut.

Kemudian pada halaman network settings pastikan untuk memilih connect. Setelah itu, tunggu sampai Anda dapat terkoneksi dengan jaringan yang ada pada browser Tor. Apabila sudah selesai, maka langsung saja buka browser tersebut. Kemudian buka Tor lalu akses situs yang sudah terblokir.

Penutup

Itulah beberapa cara memakai add ons Chrome untuk membuka situs diblokir yang bisa Anda lakukan. Terdapat pula beberapa cara lainnya yang bisa diterapkan juga. Pastikan untuk memilih salah satu cara tersebut sampai situs yang diinginkan dapat dibuka dengan bebas.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.