Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Webtoon Terbaik

2 min read

Aplikasi pembuat webtoon terbaik

Aplikasi pembuat webtoon bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin menciptakan karya komik yang diinginkan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka siapa saja akan jauh lebih mudah dalam membuat komik dengan memanfaatkan tools yang sudah disediakan oleh aplikasi.

Baca juga : memahami perbedaan unix dan linux

Terlebih saat ini sudah ada banyak komikus yang memanfaatkan aplikasi di zaman digital yang serba canggih seperti saat ini. Dengan begitu, saat ingin membuat webtoon pun tetap bisa dilakukan meski hanya dengan memanfaatkan smartphone saja. Beberapa aplikasi juga bisa dipakai di laptop ataupun komputer.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Webtoon

Saat ingin membuat webtoon ataupun komik, memang diperlukan keahlian khusus serta peralatan yang mendukung. Seseorang juga perlu memiliki kemampuan dalam menggambar yang mumpuni. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti di bawah ini:

1. Clip Studio Paint Pro

Merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan karena sudah menyediakan banyak pilihan ilustrasi. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang sebelumnya memiliki nama Manga Studio yang satu ini juga sudah didukung dengan adanya toolset, fitur terbaru, serta file compatibility yang jauh lebih besar.

Aplikasi Clip Studio Paint Pro yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan alat menggambar. Mulai dari shading tools, airbrushes, markers, paints, hingga pencil. Berbagai tools tersebut dapat Anda gunakan secara bebas agar dapat mengekspresikan kreativitas sebagus mungkin.

2. Paint Tool SAI

Merupakan aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para komikus Line Webtoon. Paint Tool SAI sendiri sering digunakan bagi mereka yang umumnya memiliki style smooth serta sedikit mengandung watercolor. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menggambar komik digital.

Bahkan dapat dikatakan bahwa Paint Tool SAI memiliki hasil akhir yang lebih mantap pada style ilustrasinya jika dibandingkan dengan Clip Studio Paint Pro. Hanya saja, pada Clip Studio Paint Pro menyediakan fasilitas yang jauh lebih lengkap untuk membuat sebuah komik yang diinginkan.

3. ComiPo!

Aplikasi yang satu ini juga tidak kalah direkomendasikan. ComiPo! Merupakan salah satu program yang dahulunya memiliki nama Manga Maker. Sangat cocok dijadikan sebagai alternatif bagi siapa saja yang ingin menuangkan ide kreatif dalam membuat webtoon maupun komik yang diinginkan.

Baca juga : tutorial adobe illustrator dasar untuk pemula

ComiPo! Sendiri sangat cocok digunakan oleh orang awam atau pemula sekalipun. Dengan begitu, aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan bagi mereka yang masih belum memiliki pengalaman banyak dalam membuat komik. Nantinya, aplikasi tersebut dapat digunakan dengan memakai sistem drag & drop.

4. Adobe Photoshop

Siapa yang belum mengenal aplikasi yang satu ini? Adobe Photoshop kini tidak hanya digunakan untuk mengedit foto atau membuat desain saja. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat webtoon. Bahkan sudah ada banyak komikus serta ilustrator luar negeri yang menggunakan aplikasi ini.

Rekomendasi aplikasi pembuat webtoon terbaik

Adobe Photoshop memang sangat cocok digunakan untuk menggambar karya digital. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat komik di Line Webtoon. Terlebih soft file dari karya yang sudah dibuat juga dapat dijual di marketplace nantinya.

5. Medibang Paint

Aplikasi ini menyediakan versi lengkap. Hal ini berarti, Anda bisa menggunakannya baik itu di smartphone maupun di laptop atau PC. Terlebih, siapa saja dapat menggunakan aplikasi tersebut secara gratis sehingga tidak perlu khawatir mengenai biaya penggunaannya.

Saat menggunakan aplikasi Medibang Paint, hasilnya juga akan sangat memuaskan. Bahkan sudah ada banyak komikus yang juga menggunakan aplikasi tanpa biaya yang satu ini untuk membuat webtoon. Dengan begitu, tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi Medibang Paint satu ini.

6. Ibis Paint

Aplikasi Ibis Paint bisa Anda jadikan sebagai aplikasi pendukung untuk membuat komik webtoon. Terlebih, aplikasi ini juga dapat digunakan hanya mengandalkan smartphone saja. Perlu diketahui bahwa, Ibis Paint memang dikhususkan untuk para pengguna smartphone.

Meski  hanya dapat digunakan pada perangkat Android ataupun iPhone saja, akan tetapi tentu saja aplikasi Ibis Paint sudah menyediakan berbagai fitur menarik yang pastinya tidak kalah bagus dengan berbagai aplikasi lainnya yang dapat digunakan di laptop ataupun komputer.

7. Krita

Krita merupakan salah satu aplikasi menggambar digital yang cocok digunakan untuk membuat webtoon. Aplikasi ini sendiri tersedia secara gratis sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk menggambar digital art sesuai dengan keinginan tanpa perlu membayar biaya apapun.

Baca juga : perbedaan bitmap dan vektor pada gambar

Aplikasi ini juga dapat digunakan pada laptop ataupun PC. Tidak hanya itu saja, Krita juga dapat dimanfaatkan untuk membuat animasi. Tentu saja hal tersebut tidak lain karena fitur yang disediakan sangat beragam. Dapat dikatakan fitur yang dimiliki cukup bersain dengan Clip Studio Paint Pro.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi pembuat webtoon yang bisa diketahui. Beberapa aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat ilustrasi dengan sangat profesional. Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin belajar membuat webtoon sesuai dengan keinginan. Jadi, aplikasi apa yang akan Anda jadikan pilihan?

Akhir kata, cukup sekian pembahasan simple yang dapat saya bagikan kepada Anda mengenai beberapa rekomendasi aplikasi pembuat webtoon yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan gratis. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.